Asik pastinya kalau bisa meningkatkan produktivitas yang mampu mengembangkan diri. Asalkan Anda bisa jeli dengan software dan aplikasi yang mampu membantu pekerjaan bisnis Anda jauh lebih mudah. Sofware memang banyak tapi sayangnya waktu yang dimiliki kurang banyak untuk mempelajari semuanya. Saya punya beberapa software yang bisa jadi referensi Anda untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

  1. Asana

Software yang satu ini melakukan manajemen proyek berbasis awan. Anda akan terbantu untuk melakukan restrukturisasi tugas atau sub-tugas dalam suatu project dan departemen yang lebih besar. Software ini bisa menentukan tugas berulang yang harus dikerjakan tim atau pribadi. So , pekerjaan Anda akan lebih dimudahkan.

  1. Google Docs

Masih banyak yang belum tahu gunanya aplikasi Google Docs (docs.google.com) ini. Padahal aplikasi ini bisa membantu Anda melakukan share dokumen, spreadsheet, dan materi presentasi lebih cepat. Apalagi bisa di update kapan saja selama koneksi internet ada.

  1. Freelance Marketplace

Kalau untuk developer website atau penulis content Anda bisa mencari freelance saja.  Ada banyak freelance di marketplace yang bisa digunakan untuk melakukan project Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan dengan budget sendiri.

  1. Servis Outsourcing

Kalau Anda membutuhkan freelancer dengan keahlian tertentu, lebih baik cari outsourcing saja. Keahlian pastinya bisa Anda dapatkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

  1. Google Webmaster Tools

Kalau Google Webmaster Tools masih banyak yang belum tahu. Padahal aplikasi ini gratis dan penting. Bisnis Anda akan mudah dicari melalui mesin pencarian google kalau menggunakan aplikasi ini.

  1. Google Adwords Keywords Planner

Tahu tidak aplikasi ini bisa melakukan riset soal kompetitor bisnis Anda. Aplikasi ini membantu Anda untuk tahu kata kunci apa yang sering dicari. So, Anda bisa tahu peluang yang ada.

  1. WordPress

Aplikasi ini bisa di instal loh di website Anda sendiri. Anda juga bisa menyesuaikan kebutuhan dan optimize secara berkelanjutan. Jadi Anda tidak membuutuhkan jasa website developer untuk optimalisasi web.

  1. Amazon’s Self-Publishing Tools

Membuat semua orang tahu keahlian dan bisnis Anda bisa melalui buku. Anda tidak perlu khawatir untuk penerbitannya nanti. Mau tahu kenapa? Karena sekarang Anda dapat melakukan penerbitan sendiri dengan Amazon’s Self Publishing atau aplikasi lain yang sejenis.

  1. Hit Tail

Kadang waktu Anda bisa habis karena mengisi blog Anda dengan tulisan. Hit Tail bisa membantu Anda menganalisa data untuk mencari isi bahan tulisan yang direkomendasikan long-tail keywords.

  1. Copyscape

Apa Anda lebih memilih jasa penulis isi web? Kalau iya berarti Anda harus memastikan orisinalitasnya. Darimana Anda bisa tau orisinil atau tidak? Anda bisa mengecek menggunakan copyspace.com. Caranya mudah tinggal copy artikel lalu paste. Anda tinggal tunggu deh hasil yang akan keluar seperti apa.

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Success Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Related Articles :

Facebook Comments
Show Buttons
Hide Buttons