Di dunia ini manusia diciptakan sebagai pemimpin, baik memimpin diri sendiri atau suatu kelompok. Suatu kelompok pasti memiliki tujuan tertentu dan berbagai misi untuk mencapainya. Sehingga dibutuhkan seorang pemimpin supaya dapat mengarahkan kelompok untuk meraih visi yang sudah ditentukan. Tentu setiap anggota harus bersedia untuk dipimpin dan itu akan memudahkan dalam mencapai tujuan.

Begitu juga dalam bisnis. Bisnis yang berjalan pasti memiliki tujuan untuk menjadi perusahaan atau usaha yang sukses. Guna mendapatkan kesuksesan tentu dibutuhkan tim yang kuat dan solid serta pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik akan terlihat dari keputusan dan perilakunya terhadap anak buah. Oleh karena itu dibutuhkan Leadership yang kuat.

Sebagai pemimpin, pasti kita dituntut untuk mejadi Leadership yang dapat memberikan contoh. Hal ini dilakukan supaya para anggota bisa mencontohnya. Misal tentang ketepatan waktu dan disiplin, tentu Anda harus melakukannya terlebih dahulu. Baru Anda bisa menuntut para anggota untuk melakukannya.

Seorang pemimpin juga memiliki kewajiban untuk selalu mengembangkan leadership dirinya. Agar terus memberikan kepemimpinan yang baik kepada anggota. Tak hanya itu, pemimpin juga harus menjamin kesejahteraan para anggota. Anda tidak bisa memperlakukan karyawan dengan semena-mena apalagi seperti para pekerja rodi dalam masa penjajahan. Kesehatan, penampilan, dan performa kerja karyawan perlu diperhatikan dengan baik. Karena itu semua mendukung hasil kerja yang berkualitas baik.

“Hal yang paling penting dari kepemimpinan adalah daya dominasi Anda, bagaimana bisa mempengaruhi orang lain untuk mencapai kepentingan atau tujuan dari kelompok”

Setiap pemimpin tentu memiliki cara kepemimpinan yang berbeda-beda. Hal ini berbeda bergantung karakter dari pemimpin yang bersangkutan. Ada yang keras ataupun lemah lembut. Biasanya tergantung dengan cara pendidikan orang tua di rumah. Namun ada juga karena faktor pembentukan di sekolah tempat dia menimba ilmu. Berbagai faktor lingkungan bisa jadi membentuk kepemimpinan seseorang.

Jika Anda bingung mau menganut leadership seperti apa, hentikan itu sekarang juga. Berjalanlah sesuai dengan karakter dan sifat Anda. Karena meniru orang lain hanya akan memperburuk diri dan tidak nyaman dalam bertingkah laku. Hal yang paling penting dari kepemimpinan adalah daya dominasi Anda, bagaimana bisa mempengaruhi orang lain untuk mencapai kepentingan atau tujuan dari kelompok.

Kepemimpinan itu bukan soal cara menaklukan orang tetapi bagaimana Anda bisa membawa kelompok menjadi yang lebih baik dan mampu mencapai visi. Seperti pebisnis, tentu ingin menjadi pengusaha sukses dan kaya. Anda bisa mencapai itu semua dengan mengarahkan karyawan bekerja dengan menghasilkan produk baik dan  loyal kepada tim.

Cara memberi arahan itulah yang akan menjadi cermin kepemimpinan Anda. Kepemimpinan yang baik tentu akan menghasilkan produk dan pelayanan yang baik. Arahkan dan buat mereka benar-benar paham tentang cara kerja, etos kerja, dan visi Anda. Dalam membuat bisnis Anda jangan sampai lupa untuk membuat visi dan memaparkannya kepada karyawan.

Bisnis dengan visi akan memudahkan dalam menentukan berbagai kegiatan yang harus dilakukan. Menyampaikan tujuan pun menjadi hal penting supaya karyawan bekerja dengan menggunakan “jiwa”. Pekerjaan yang dihasilkan tentu memiliki kualitas bagus kemudian Anda tidak perlu khawatir soal kepergian pelanggan. Oleh karena itu, kepemimpinan yang baik sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Kepemimpinan yang baik dalam bisnis dapat terwujud dengan 3 tindakan di bawah ini. Berikut ulasannya ;

1. Cepat tanggap

Sebagai pengusaha tentu Anda akan dihadapkan oleh berbagai situasi. Tak jarang terdapat situasi yang akan membutuhkan keputusan yang cepat. Anda harus melatih kemampuan ini dengan baik. Dengan memberikan keputusan dengan cepat maka Anda juga akan mudah melihat dan membaca pergerakan, baik itu dari pelanggan, kompetitor, dan mitra bisnis. Usaha Anda tentu akan berkembang dengan kejelian Anda dalam melihat dan mengambilnya dimana itu membutuhkan keputusan yang tepat.

2. Copykan kemampuan Anda

Untuk mensukseskan suatu bisnis, tentu dibutuhkan pencerdasan karyawan. Agar mereka selalu memberikan hasil dan pelayanan yang baik. Meningkatkan kualitas juga bisa Anda lakukan dengan mengcopykan kemampuan kepada karyawan. Pemberian ini juga tidak berarti semua kemampuan Anda, lihatlah dari sudut karyawan. Kemampuan yang akan mendukung mereka maka tularkanlah. Seperti bagaimana menjadi disiplin atau cara berinteraksi dengan pelanggan.

3. Selalu belajar

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang selalu mengembangkan kemampuannya dan mau mengakui kesalahannya. Kedua hal itu sangatlah penting karena memberikan pengaruh yang besar terhadap orang yang Anda pimpin. Meskipun sekolah sudah selesai bukan berarti Anda harus meninggalkan proses belajar. Tetaplah belajar sebab hal itu akan membantu Anda dalam mengembangkan diri menjadi semakin baik dan berisi.

Tentu orang tidak akan menyukai pemimpin yang selalu merasa dirinya sempurna. Padahal hakikatnya manusia tidaklah ada yang sempurna. Kesempurnaan semata-mata hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa. Selalu rendah hati dan menghargai hak serta pendapat orang lain. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan simpati dari karyawan.

Perhatikan dengan baik segala tingkah laku Anda. Karena Leadership Anda pasti disoroti oleh karyawan atau anggota. Semoga bermanfaat.

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Success Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Related Articles :

Facebook Comments
Show Buttons
Hide Buttons