Pelatihan kepemimpinan dalam sebuah perusahaan atau yang lebih banyak dikenal dengan istilah training leadership ini menjadi tonggak penting kepemimpinan perusahaan. Setiap perusahaan pasti selalu membutuhkan pergantian kepemimpinan  yang memiliki kompetensi lebih baik atau paling tidak sama dengan pemimpin sebelumnya. Untuk itulah diadakan pelatihan dengan materi leadership yang kuat agar calon pemimpin ini bisa terarah dengan baik.

Kepemimpinan menjadi salah satu seni yang cukup sulit dilakukan bagi sebagian orang. Mereka harus menyempurnakan diri sebagai seseorang yang bijaksana, tegas, berani mengambil keputusan, bisa mengayomi anak buahnya dan lain sebagainya. Belajar dari pengalaman saja tidak cukup, para pemimpin ini wajib mendapatkan materi leadership yang sesuai dengan karakteristik anggota yang dipimpinnya.

Pada dasarnya setiap training leadership pasti memiliki patokan dasar materi atau materi utama yang dikhususkan untuk membentuk jiwa kepemimpinan pesertanya. Berikut ini terdapat 4 materi pokok yang pasti akan diajarkan dalam training leadership.

1. Pembentukan karakter pemimpin terbaik

Setiap pemimpin wajib memiliki bekal karakter pemimpin yang hebat dan mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Pemimpin ini wajib memiliki karakter tegas, wibawa, disegani, mampu memotivasi, mengayomi anak buahnya, cepat dan tepat dalam mengambil keputusan serta bisa memberikan arahan yang jelas kepada bawahannya.

Materi pembentukan dan pengembangan karakter untuk mencetak seorang pemimpin yang berwibawa, tegas, disegani, namun tetap bisa memotivasi dan mengayomi semua anak buahnya.

 

2. Pembentukan dan penerapan visi dan misi perusahaan

Aspek kepemimpinan sangatlah luas, mulai dari pembentukan karakter hingga visi misi kepemimpinan perusahaan itu sendiri.

 

Pada materi leadership akan diajarkan mengenai bagaimana caranya membentuk visi misi yang jelas dan mengimplementasikannya pada perusahaan.

Setiap visi yang dibentuk akan menentukan sejauh mana jarak pandang perusahaan terhadap masa depannya. Sedangkan misi  yang dibentuk merupakan ketrampilan masa kini sehingga pemimpin bisnis akan mengetahui apa yang harus dilakukannya berdasarkan skala prioritas.

 

3. Kepemimpinan kreatif

Setiap pemimpin diwajibkan memiliki kreatifitas dan kemampuan khusus yang bisa membawa perusahaannya ke arah yang lebih baik. Sisi kreatif pemimpin inilah yang sangat dibutuhkan saat perusahaan mengalami sebuah masalah. Terkadang pemecahan masalah ini tidak bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan sistem yang tengah berjalan. Namun pemimpin harus melakukan pendekatan yang kreatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Misalnya sebuah masalah yang menimpa karyawan terbaik Anda, maka hal yang harus dilakukan untuk menjaga agar karyawan tersebut tidak keluar adalah dengan melakukan keputusan kreatif. Keputusan ini haruslah menguntungkan perusahaan dan menguntungkan pula bagi karyawan tersebut. Contohnya dengan memberikan kebijakan khusus bagi karyawan itu tanpa harus membuat karyawan lain bergejolak.

4. Kode etik kepemimpinan

Ada kalanya kepemimpinan membutuhkan kode etik tertentu agar tidak ditinggalkan oleh bawahannya. Kode etik ini biasanya berupa prinsip moral dan hukum agar bisa menegakkan tugas kepemimpinan dengan baik. Pada materi leadership akan diajarkan secara lengkap mengenai kode etik ini. Pentingnya kode etik kepemimpinan saat ini telah disadari oleh sebagian besar perusahaan. Hal ini karena kadangkala peraturan yang disusun dalam Standard Operational Procedure (SOP) tidak selamanya relevan dengan keadaan tertentu.

Kode etik kepemimpinan inilah yang akan membawa calon pemimpin ini mampu mengatasi masalah dalam perusahaan dengan baik. Apalagi yang berkaitan dengan hubungan antar karyawan. Sehingga seorang pemimpin akan bisa mengambil keputusan dengan tepat dan cepat.

Penentuan materi leadership biasanya dilakukan langsung oleh organisasi profesional yang mengadakan training kepemimpinan ini. Pasikan Anda menggunakan pelatih bisnis profesional agar bisa memberikan hasil terbaik. Pilihlah yang memiliki kualitas dan jam terbang yang mumpuni agar bisa memperoleh bibit pemimpin terbaik untuk perusahaan Anda.

Demikianlah berbagai materi leadership yang sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin sebagai bekal untuk menjalankan kepemimpinan organisasi bisnis dengan baik. Selain materi di atas masih banyak lagi materi tambahan yang menunjang peningkatan karakter dan kemampuan pemimpin. Jadikanlah pelatihan bisnis di perusahaan Anda sebagai salah satu sarana investasi kinerja Sumber Daya Manusia perusahaan.

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Success Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Related Articles :

Facebook Comments
Show Buttons
Hide Buttons