Mengelola keuangan di dalam suatu usaha merupakan salah satu hal yang sering menjadi masalah. Banyak usaha kecil yag terpaksa gulung tikar karena mengalami kesalahan didalam mengelola Laporan  Keuangan. Pengelolaan keuangan usaha harus dilakukan dengan cara yang profesional yaitu dengan memperhatikan kaidah pengelolaan keuangan di dalam bisnis.

Banyak pengusaha yang menemukan beberapa kesalahan pada saat mereka mengelola keuangan usaha. Walaupun sulit, tetapi mengelola keuangan merupakan suatu hal yang sangat penting demi keberhasilan suatu usaha. Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum pengusaha ketika melakukan pengelolaan uang, antara lain :

Tidak mengembangkan Rencana Keuangan yang Jelas

Mengembangkan rencana keuangan di dalam menjalankan usaha akan sangat membantu para pengusaha dalam menjaga keuangan dengan benar. Selain itu, pastikan bahwa uang pada usaha Anda digunakan untuk hal yang penting dari bisnis demi meningkatkan keuntungan investasi. Mengembangkan rencana Laporan Keuangan dengan jelas juga dapat membantu Anda dalam menghindari terjadinya resiko kerugian. Sebuah rencana keuangan yang sederhana, termasuk pembuatan arus kas yang jelas dan juga rinci dapat membantu Anda untuk selalu mengetahui posisi dari bisnis yang dijalankan.

Tidak memahami Arus Kas

Sebuah arus kas yang baik akan membuat bisnis Anda menjadi lebih berkembang. Tetapi, banyak para pengusaha yang belum tentu memahami betapa pentingnya tindakan tersebut. Apabila arus kas buruk di dalam sebuah usaha, maka akan membuat bisnis yang Anda jalankan benar-benar lumpuh. Karena berarti Anda sudah tidak mempunyai simpanan uang lain untuk mengembangkan bisnis tersebut. Jadi pastikan Anda sudah meletakkan prosedur yang ketat dan sediakan juga tempat untuk mengelola keuangan arus kas tersebut.

Tidak menggunakan Bantuan Akuntan Profesional karena Biaya

Banyak juga dari pengusaha yang menolak untuk menggunakan bantuan jasa seorang akuntan yang berkualitas dengan alasan biaya mahal. Padahal dengan tindakan tersebut tidak dapat membuktikan bahwa pengusaha mampu menghemat biaya didalam usaha mereka. Seorang ahli keuangan pasti dapat melihat bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan arus kas dan profit dari suatu bisnis serta bagaimana cara menghemat waktu. Perencanaan dan menyusun Laporan Keuangan memang suatu hal yang sulit dikerjakan dan membutuhkan banyak waktu, oleh karena itu menggunakan jasa profesional akan sangat membantu.

Kurangnya Pengetahuan di Bidang Akutansi

Banyak orang yang memulai usahanya masih belum tahu mengenai catatan keuangan dasar, contohnya seperti omset laba kotor dan bersih, neraca keuangan dan arus kas laba rugi. Walaupun anda telah memutuskan untuk menggunakan jas akuntan yang profesional, sebaiknya harus tetap memahami beberapa istilah mengenai kunci keuangan. Pengetahuan penting tersebut juga sangat diperlukan oleh setiap pengusaha terutama oleh para pemula untuk membantu mengelola bisnis dan rencana di masa depan.

Tidak Sadar akan Pentingnya Pengelolaan Uang di Awal Usaha

Biasanya banyak para perusahaan yang hanya menggunakan manajemen keuangan saat terjadi dampak yang buruk pada bisnis mereka. Padahal hal itu jelas sudah sangat terlambat. Dengan mengelola uang dari awal berdirinya suatu usaha serta adanya bantuan dari seorang profesional keuangan, maka Anda dapar menghentikan masalah yang dapat mengancam bisnis tersebut. Salah satunya adalah masalah tentang arus kas serta keputusan dalam investasi yang buruk sebelum menjadi masalah utama untuk bisnis yang Anda jalankan.

Mencampur Keuangan Bisnis dan Pribadi

Kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh pemula usaha yang berbisnis sebagai pedagang yaitu mencampur antara keuangan bisnis dengan keuangan pribadi mereka. Oleh karena itu sebaiknya sangat penting untuk Anda dalam memisahkan antara uang bisnis dan uang pribadi. Karena catatan laporan keuangan dari rekening bisnis akan mencatat semua transaksi yang terjadi pada bisnis yang sedang Anda jalankan. Dengan begitu Anda dapat mengetahui secara pasti berapa keuntungan atau kerugian yang telah diperoleh.

Itulah beberapa kesalahan umum pebisnis dalam membuat laporan keuangan. Semoga artikel tentang informasi tersebut dapat membantu Anda para pengusaha terutama pemula usaha dalam menyusun keuangan, supaya lebih berhati-hati dan teliti sebelum terkena dampak kerugian.

Facebook Comments
Show Buttons
Hide Buttons