"If you can't, then you MUST, If you MUST, You CAN !"

(Anthony Robbins)

Selama saya menjadi seorang pelatih bisnis, uang adalah faktor penting yang memungkinkan bisnis bergerak maju. Bahkan, banyak teman-teman yang merasa, uang adalah satu-satunya faktor penghambat, untuk membangun sebuah bisnis.

Sayangnya, uang bukan satu-satunya yang bisa membuat Anda sukses berbisnis. Ada 7 hal yang menurut saya lebih besar dan lebih hebat lagi dari uang. Ini adalah list hal-hal yang penting, jangan biarkan berlalu tanpa dikapitalisasi.

1. Waktu lebih Mahal dari Uang

Jika Anda kehilangan uang, pasti Anda punya cara untuk menggantikannya. Waktu begitu hilang, langsung hilang selamanya. Dengan waktu Anda bisa menciptakan nilai (manfaat), nilai yang diakumulasi untuk jangka waktu yang lama, tidak ternilai harganya. Waktu yang diinvestasikan dengan baik, bisa membawa keajaiban.

2. Berani Kemarahan akan Kemiskinan

Anthony Robbins, Seorang penulis buku, motivator kelas dunia dan juga seorang Peak Performance Coach. Mengalami kemarahan luar biasa akan “nasib” yang menimpanya, ia diusir dari rumah, putus sekolah, dan menjadi tukang bersih WC sambil menyelesaikan sekolah menengah atas. Lahir tahun 1960, tahun 1980-an hidup tanpa rumah.

Bagaimana bisa ? Ia tidak menjadi kaya karena tekad, tapi karena kemarahan dan kebencian akan hidup yang tidak layak. Kemarahan seperti ini, mengubah nasib. Banyak orang yang menerima ketidaklayakan hidup tanpa berbuat sesuatu. Ayo, marahlah !

3. No Excuse Attitude

Tahun 1999, pertama kali saya mengenal coaching, saya mengalami peristiwa yang memalukan. Ketika berbicara di muka umum untuk pertama kalinya, saya hampir kehilangan kesadaran, alias pingsan, karena gugup. Satu sikap yang membantu saat itu “no excuse”, saya lakukan lagi, terus menerus sampai mahir. Perilaku ini tidak bisa dibayar dengan uang.

4. Berani karena benar

Sebuah impian, tanpa keberanian, adalah khayalan. Keberanian tanpa impian yang jelas, hidup membabi buta. Impian dan keberanian harus berjalan bersamaan. Keberanian yang bisa dibayar dengan uang, tidak otentik.

5. Iman dan Keyakinan

Iman mengalahkan rasa takut. Iman melahirkan impian yang besar. Iman yang kecil melahirkan impian kecil. Iman yang besar bisa menggeser gunung. Miliki iman, keyakinan dan kekuatan tak terlihat menjadi milik Anda.

6. Berani berpikir terbalik

Manusia diberi alat hebat, namanya otak. Kemampuan otak Anda bisa membawa manusia pergi ke bulan. Menciptakan komputer, teknologi, alat bantu untuk mempermudah kehidupan. Berani berpikir, adalah modal, tidak perlu uang, hanya sedikit disiplin dalam menggunakan pertanyaan yang kritis. Cobalah berpikir terbalik untuk memancing kreatifitas.

7. Heart and Spirit

WR. Supratman, “…bangunlah jiwanya, bangunlah badannya, untuk Indonesia Raya…” Jiwa, heart and spirit, adalah api ¬†yang membuat impian bisa melahirkan perjuangan. Temui jiwa yang utuh, bangkitkan energi positif yang mampu membangun Indonesia. Uang tanpa jiwa yang kuat dan sehat akan habis, jiwa yang sehat tanpa uang akan tetap membakar semangat untuk menciptakan kemakmuran.

Cara Anda mengelola waktu, kemarahan Anda akan kemiskinan, hidup tanpa alasan, berani, dan kualitas hati dan pikiran yang mantap, menciptakan kepribadian patriot, pejuang dan pahlawan yang terhormat.

Tanpa semua hal diatas, berapapun uang yang Anda miliki, akan habis. Pastikan Anda tahu, ada modal lain, selain uang. Karena kekayaan mental, lebih mahal dari uang. Kurang uang, terjadi karena hilangnya jiwa patriot dalam diri seseorang.

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Success Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Related Articles :

Facebook Comments
Show Buttons
Hide Buttons