Pekerjaan yang sedang Anda hadapi bukan tujuan akhir dari hidup. Akan tetapi Anda bekerja karena ingin mengembangkan diri ke arah yang lebih baik lagi. Ada beberapa alasan untuk tetap mengembangkan diri, baik terhadap perusahaan maupun untuk diri sendiri. Bagi perusahaan, pengembangan diri adalah cara yang paling tepat untuk membuat karyawan bekerja sesuai etos kerja mereka. Sedangkan bagi Anda, pengembangan diri baik untuk pengembangan karir atau untuk pekerjaan yang lebih baik selanjutnya.

Setiap pengembangan diri diharapkan membawa perubahan yang positif bagi perusahaan. Sembari menunggu diklat atau training yang diberikan oleh perusahaan, Anda bisa melakukan beberapa hal secara pribadi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tercipta perubahan positif dalam pekerjaan yang sedang ditekuni.

Ubah nasib Anda

Akal budi yang dimiliki manusia berfungsi untuk mengubah nasib mereka ke arah yang lebih baik. Sayangnya banyak orang yang mudah menyerah sebelum bertanding. Hasilnya tentu akan berbeda dari orang yang mencoba secara tekun untuk merubah nasib. Jangan menunggu keajaiban datang, tetapi secara jauh buatlah keajaiban itu.

Sebagai contoh, ada sebuah bank yang menawarkan fasilitas yang unik dan menarik bagi nasabahnya. Mereka menerapkan sistem pendekatan dengan cara menanyakan artis favorit nasabah. Setelah mereka mengetahui, maka giliran selanjutnya bank tersebut akan menyediakan fasilitas bertemu dengan artis. Tidak hanya itu, segala transaksi mereka dalam satu kali dilayani oleh sang artis.

Nothing impossible

Selalu mengatakan bahwa semuanya itu mungkin akan membuat perubahan positif dalam pekerjaan Anda. Tetaplah optimis dengan segala tantangan dan jangan lupa untuk memiliki usaha yang realistis. Jika tidak bisa dilakukan sendiri, cobalah untuk mendiskusikannya bersama teman atau atasan. Sehingga kekurangan yang Anda miliki dapat dicukupkan oleh orang lain dan pekerjaan terasa lebih baik.

Do the best

Langkah berikutnya adalah melakukan yang terbaik. Anggap saja tidak ada kesempatan kedua dalam pekerjaan yang diberikan untuk Anda. Selain itu, anggap juga bahwa tugas yang diberikan merupakan salah satu kepercayaan agar karir Anda lebih baik. Cara terbaik adalah dengan tidak menunda-nunda pekerjaan. Jika tidak diminta untuk cepat selesai, maka kerjakan dengan hati-hati. Minimal teman sebelah meja Anda akan melihat bahwa hal tersebut memotivasi dirinya untuk bekerja lebih baik lagi.

Jangan sepelekan orang lain

Kelemahan manusia adalah menyepelekan orang lain. Mereka tidak berpikir bahwa kegiatan tersebut pada dasarnya merusak diri sendiri dan pandangan orang lain secara luas. Bisa saja Anda mengalami penurunan kinerja karena melihat rekan yang kurang maksimal dalam pekerjaan. Cara terbaik adalah sama-sama memotivasi sehingga lingkungan kantor jadi lebih baik dan nyaman.

Jangan terpaku dengan background pendidikan

Setiap orang pada dasarnya diberikan kemampuan yang sama, hanya saja mungkin karena pilihan atau kemampuan ekonomi maka latar belakang pendidikan menjadi berbeda. Oleh karena itu sangat tidak dianjurkan bila Anda melihat beban kerja orang dari tingkat pendidikan. Seorang atasan bisa saja dari tamatan SD tetapi dia memiliki kualitas dan pekerja keras.

Selain itu biasanya ada perbedaan antara orang eksak dan non eksak yang sebenarnya menghambat kinerja Anda. Sebab, sebuah pekerjaan nantinya akan menuntut kerja sama dari berbagai orang di dalamnya. Meskipun Anda latar belakang matematika, bisa saja juga akan diperbantukan untuk mengerjakan laporan keuangan, misalnya. Sebaliknya, tetap melakukan tugas dengan tekun sembari mempelajari hal yang belum diketahui serta selalu terbuka.

Perlihatkan kemampuan Anda

Jika Anda adalah orang yang tidak menunda pekerjaan, maka tunjukkan. Jangan hanya berdiam diri atau banyak omong yang mengakibatkan orang jadi tidak percaya. Lapangan pekerjaan membutuhkan tindakan nyata, bukan sekedar kata-kata. Percayalah ketika Anda memperlihatkan siapa diri Anda hal tersebut menjadi motivasi bagi banyak orang di kantor.

Cara di atas merupakan segelintir tindakan yang dapat dilakukan oleh setiap karyawan. Bagikan hal yang positif terhadap pekerjaan di kantor. Sebab, lingkungan yang baik lebih menguntungkan di bandingkan dengan tingkatan gaji yang tinggi. Pada dasarnya persaingan di dunia kerja cukup berat di mana akan banyak saling menjatuhkan. Namun, tetaplah mencoba untuk membawa perubahan positif dalam lingkungan pekerjaan.

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Success Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Related Articles :

Facebook Comments
Show Buttons
Hide Buttons