Suatu kegiatan untuk menganalisis laporan keuangan yang dimiliki oleh suatu badan usaha disebut dengan analisis kinerja keuangan. Hal itu dianggap sebagai kegiatan yang penting karena menyangkut keberlangsungan dan juga pengambilan keputusan pada sebuah badan usaha dalam mengembangkan usahanya. Selain itu, kegiatan analisis tersebut dapat memberikan berbagai informasi yang penting tentang keadaan kesehatan keuangan pada perusahaan. Untuk Anda yang memiliki sebuah usaha yang sedang berkembang ataupun usaha yang telah berkembang sebaiknya telah melakukan analisis keuangan usaha dengan baik.

Hal tersebut akan sangat banyak manfaat diantaranya yaitu untuk memberikan informasi mengenai suatu data aset pada perusahaan, nilai jual aset suatu perusahaan, kebutuhan dan juga neraca keseimbangan. Melalui informasi tersebut maka perusahaan akan dengan mudah untuk mengambil kebijakan yang mendukung kemajuan usaha mereka. Oleh karena itu, analisis kinerja keuangan sangatlah penting untuk dilakukan pada usaha kecil dan menengah, supaya dapat mengembangkan usaha mereka. Berikut beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan analisis keuangan usaha, antara lain :

Menyusun Laporan Keuangan

Suatu analisis kinerja keuangan dapat diperoleh dari analisis laporan keuangan pada perusahaan. Oleh sebab itu, sebuah analisis keuangan akan mendapatkan hasil yang maksimal apabila laporan keuangan perusahaan tercatat dengan baik. Sebuah perusahaan yang ingin melakukan analisis keuangan sebaiknya dapat menyusun sebuah laporan keuangan mereka terlebih dahulu, supaya saat dilakukan analisis Anda tidak repot untuk mencari data keuangan perusahaan.

Data Pokok dalam Perusahaan

Sebelum menganalisis keuangan, seharusnya perusahaan memiliki data pokok untuk dijadikan bahan analisis. Bahan ini disebut sebagai data analisis yang dapat diperoleh dari laporan keuangan yang telah disusun. Data analisis dapat berupa informasi mengenai neraca keseimbangan yang merupakan suatu laporan untuk memberikan informasi mengenai keadaan perusahaan, aset dan ekuitas kepemilikan perusahaan dengan kewajiban yang sebaiknya dipenuhi oleh perusahaan tersebut. Serta mengenai neraca keuntungan dan kerugian yang merupakan suatu informasi tentang sumber utama pengeluaran dan pendapatan pada perusahaan. Melalui beberapa informasi ini maka dapat diketahui seberapa besar keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Ahli Keuangan pada Bidangnya

Selain untuk melengkapi berbagai informasi dan data yang telah dibutuhkan. Anda juga harus mempekerjakan seorang ahli keuangan yang mengetahui seluk beluk pada perusahaan. Ahli keuangan ini nantinya akan berfungsi untuk membantu Anda dalam melakukan analisis keuangan, selain itu mereka juga akan memberikan saran dan pandangan untuk kemajuan bisnis di masa depan.

Cara Menganalisa Keuangan

Setelah mendapatkan beberapa data analisis serta mengumpulkan laporan keuangan perusahaan, maka Anda dapat melakukan analisis kinerja keuangan perusahaan dengan cara sebagai berikut ini :

  • Cross section techniques – merupakan suatu pendekatan analisis keuangan dengan membandingkan rasio antara perusahaan satu dengan perusahaan yang sejenis lainnya. Secara acak Anda akan mengambil sebuah perusahaan yang sejenis pada suatu periode tertentu dan membandingkannya dengan rasio perusahaan yang Anda miliki.
  • Time series techniques – teknik analisis keuangan ini menyangkut pada suatu periode waktu analisis yaitu dengan cara membandingkan rasio keuangan suatu perusahaan dalam satu periode ke periode berikutnya.

Di dalam analisis kinerja keuangan memiliki beberapa kriteria yang dapat menjadi subjek dalam analisis yaitu kemampuan perusahaan dalam membayar hutang perusahaan, kemampuan untuk terbebas dari suatu modal pinjaman, kemampuan perusahaan di dalam efektivitasnya menggunakan sumber modal serta kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dan kemampuan perusahaan untuk tumbuh dan juga berkembang. Itulah beberapa cara dalam melaksanakan analisis keuangan di suatu perusahaan.

Suatu perusahaan supaya dapat berdiri dengan kokoh, maka harus mempunyai perencanaan keuangan yang baik. Sehingga modal yang telah tersedia dapat dipergunakan untuk mengembangkan perusahaan. Untuk menghindari suatu penyimpangan keuangan, maka diperlukan adanya analisis keuangan yang bertujuan untuk menata dan membuat laporan keuangan dengan baik. Demikian artikel tentang analisis keuangan pada perusahaan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda yang yang ingin membangun usaha ataupun yang telah mempunyai usaha, supaya dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Success Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Related Articles :

Facebook Comments
Show Buttons
Hide Buttons