Saat melakukan sesuatu dan diatas batas yang sebenarnya masih bisa untuk diatasi. Tidak jarang selalu ada saja perasaan ingin menyerah. Terkadang beribu alasan diutarakan dengan dalih bukan ini tapi itu.

Lalu, bagaimana dengan nasib bisnis Anda? Anda menyerah berarti Anda kalah dan gagal menjadi pribadi tangguh. Apa sih yang bisa Anda lakukan supaya bisnis tidak gagal? Saya akan memberikan tentang itu dari salah satu artikel yang saya baca. Artikel ini memang cukup panjang, tetapi tidak sepanjang perjalanan Anda dalam bisnis.

1. Selama hayat di kandung badan, masih ada harapan

Harapan itu milik semua orang, jadi kenapa Anda takut berharap? Selama masih ada kesempatan yang dibuka Anda perlu jemput. Untuk apa Anda berdiam diri tanpa memanfaatkan kesempatan yang Ada. Jadi intinya, kesempatan itu selalu terbuka selama kita masih hidup.

2. Anda harus banyak mencoba jika gagal.

Gagal sih sudah wajar, justru Anda banyak belajar dari kegagalan. Jika Anda gagal coba untuk lower expectations, turunkan tujuan dan target bisnis. Mau sekeras apa pun Anda berusaha hasilnya sama saja jika masih dalam area yang sama.

Anda bisa mengembangkan promosi melalui iklan. Namun, iklan juga tidak selalu menjanjikan. Jadi ketika Anda gagal maka Anda harus terus coba dan coba lagi. Tidak selamanya bisnis berhasil dengan mulus, jadi buang jauh anggapan berhasil. Anda justru akan menyerah pada keadaan.

3. Jangan rendah diri

Ingat ya rendah hati harus, tapi rendah diri jangan! Saat Anda tidak bisa melakukan sesuatu, Anda hanya belum tahu caranya. Anda sebaiknya terus pelajari dan tidak menyerah. Sulit itu keadaan yang Anda hadapi, tapi Anda harus selalu menambah ilmu. Kuncinya mudah hanya mau terus mencoba, belajar, dan mengembangkan diri.

4. Bersabarlah

Apa pun hasil yang Anda inginkan selalu membutuhkan proses. Anda hanya harus bisa menjaga kesabaran lebih lama dalam berbisnis. Kebanyakan pengusaha menikmati hasil bisnis setelah bertahun – tahun lamanya. Saya sarankan Anda untuk membaca artikel. Sabar itu selalu baik, Kata Motivasi: Sabar, dan Teruslah Bersabar Agar Allah terus bersamamu.

5. Fake it

Pura – pura sukses itu akan membuat berat Anda sendiri. Anda seharusnya memiliki mental seorang pembisnis sukses. Anda perlu memiliki kemampuan berpikir besar, berani, dan strategis.

Saya disini juga akan membagikan 3 tahapan meraih sukses dalam artikel ini. Anda dapat temui artikel Be do Have – Bukti Niat Mulia, Jadilah Orang Sukses Sekarang Juga, dan Jangan bertindak!.

6. Jangan membandingkan diri dengan orang lain.

Anda perlu selalu ingat setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Jadi untuk apa Anda masih saja membandingkan dengan orang lain. Banyak pertanyaan yang menjamur, dimulai dari kesuksesan yang dimiliki teman yang justru biasa saja dari Anda.

Sebaiknya Anda mencari ilmu dari mereka. Pengalaman orang lain itu paling enak dijadikan pelajaran. Pastinya Anda tidak perlu merasakannya lebih dulu. Jadi jangan musuhi justru dekati dan serap ilmunya. Yang penting itu Anda fokus saja pada diri sendiri dan bisnis Anda.

7. Anda Jatuh Maka Bangkit Lagi

Seperti yang saya katakana gagal bukan berarti akhir dari segalanya. Itu justru langkah awal Anda untuk memulai. Banyak orang yang menentang Bisnis Anti Gagal, karena sulit membedakan jatuh dan gagal. Saat Anda mengalami kejatuhan besar itu justru artinya Anda mulai berkembang.

Siapa sih yang tidak merasa sakit hati saat jatuh mendadak? Bukan Anda saja yang mengalami, kebanyakan pebisnis juga mengalami. Pilihan tetap ada di Anda memilih bangkit atau jatuh dan menghilang. Bangkit itu justru lebih mudah tentu dengan ilmu, pengalaman dan mental yang lebih baik. Anda juga dapat mengakses artikel Bangkit dari keterpurukan, Cara membangkitkan gairah kembali dan Cara mempertahankan motivasi diri.

8. Memiliki kemampuan mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhan bisnis

Jangan pernah katakan saya tidak bisa atau saya bingung. Buang jauh – jauh deh pikiran seperti itu. PR Anda adalah membangun kemampuan diri Anda. Saya akan berikan artikel untuk meningkatkan kemampuan Anda, seperti 7 Tips Mengasah Kreativitas, Cara memecahkan Masalah, Bisnis Anti Gagal, Cara mengatasi Masalah, dan Sukses Wirausaha: Cara Mendapatkan Modal.

Artikel ini sengaja saya buat panjang untuk kali ini. Saya selalu mempunyai harapan untuk Anda para pembaca. Semoga gambaran dari artikel ini membuat pribadi Anda semakin tangguh. Jangan menyerah ya! Niat, action dan action. Salam sukses!

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Success Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Related Articles :

Facebook Comments
Show Buttons
Hide Buttons