Ketika seseorang sedang melaksanakan tugas yang berkaitan dengan keahlian atau bidang berbeda yang telah dimilikinya, biasanya seseorang pasti akan mengikuti suatu pelatihan atau traning. Tujuannya agar mendapatkan dan bahkan mengasah kemampuan mereka.

Dengan mengikuti pelatihan atau training tersebut ada baiknya Anda membuat modul training leadership. Efektif untuk dirinya sendiri atau oleh intansi dan tempat dimana dia bekerja. Hal tersebut biasanya berkaitan dengan promosi yang dilakukan dari tempat bekerja untuk mendapatkan jabatan yang lebih baik atau biasa disebut dengan rencana kenaikan pangkat seseorang ke jenjang atau tingkat yang lebih tinggi.

Supaya modul traning leadership yang dilaksanakan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tanpa ada kendala, maka ada baiknya dari pihak karyawan atau perusahaan tersebut melakukan segala persiapan yang cukup matang, sehingga apapun yang akan menjadi tujuan dalam training tersebut dapat tercapai dengan baik dan maksimal. Selain untuk mengasah kemampuan dan juga mendapatkan ilmu yang baru, traning juga dibutuhkan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab serta bahkan menambah motivasi tersendiri bagi karyawan terhadap tugas baru yang akan mereka dapat.

Hal itu pun berguna untuk mengembangkan potensi, baik pada kemampuan dan juga kepribadian dari karyawan tersebut, seperti misalnya : sebelum mengikuti traning mereka menjadi karyawan yang cenderung lebih menutup diri bahkan membatasi pergaulan yang bisa saja menghambat pada karirnya. Tetapi setelah mengikuti pelatihan mereka menjadi pribadi yang mempunyai rasa percaya diri yang cukup tinggi, sehingga mereka pandai dalam berinteraksi dengan banyak orang. Dengan demikian secara tidak langsung, maka mereka telah dapat membuka diri untuk pergaulan yang cukup luas, serta membuka networking yang baik kepada semua rekan kerja ataupun bisnis.

“Setiap perusahaan pasti membutuhkan training leadership untuk karyawannya. Setelah mengikuti sebuah training, karyawan juga diharuskan untuk mengetahui cara memaksimalkan manfaat dari modul training leadership tersebut. Supaya dapat lebih memahami tentang arti pentingnya mengikuti training.”

Seharusnya sebagai karyawan Anda dapat memaksimalkan kesempatan tersebut dan tidak boleh menyia-nyiakannya. Apabila perusahaan tempat Anda bekerja telah mengikut sertakan Anda di dalam training, itu berarti perusahaan telah memberikan apresiasi lebih terhadap apa yang telah Anda kerjakan. Lebih tepatnya hal tersebut sebagai bentuk penghargaan atau perhatian perusahaan terhadap prestasi dan juga kemampuan yang Anda miliki, walaupun mungkin Anda sendiri tidak menyadarinya.  Berikut adalah beberapa hal dalam cara memaksimalkan manfaat dari modul training, antara lain :

1. Dapat mempelajari Aspek Kepemimpinan

Peserta dapat belajar segala aspek mengenai kepemimpinan dari modul training leadership yang telah mereka ikuti, diantaranya adalah dapat menjadi lebih konsisten terhadap visi dan misi perusahaan, mengetahui cara memanfaatkan potensi yang ada untuk mencapai tujuan secara maksimal. Selain itu peserta dapat mengetahui ilmu management waktu dan juga sumber daya manusia. Sehingga akan menciptakan seorang pemimpin yang kreatif.

2. Dapat mengerti Kode Etik

Menjadi seorang pemimpin yang baik berarti harus memahami dan juga mengerti kode etik kepemimpinan. Kode etik kepemimpinan ini merupakan suatu prinsip moral dan hukum yang harus dipatuhi oleh semua pemimpin, supaya selama menjalankan tugasnya pemimpin tersebut tidak dapat menyimpang dari peraturan perusahaan, norma yang berlaku di masyarakat, SOP serta hukum yang berlaku sampai mengerti tentang budaya organisasi.

3. Dapat memberikan Laporan tentang Manfaat Training

Karyawan yang mengikuti training juga dapat  membuat rangkuman atau resume untuk setiap materi dan pelajaran yang telah diterima melalui modul training leadership selama traning berlangsung, sehingga bisa dijadikan dalam bentuk laporan yang dapat disampaikan kepada perusahaan tentang manfaat apa saja yang telah karyawan tersebut dapatkan dan kerjakan selama mengikuti training.

4. Dapat Mengembangkan Perusahaan

Setelah mengikuti training, Anda harus menerapkan dan memanfaatkan ilmu yang di dapat untuk mengembangkan perusahaan tempat Anda bekerja, sehingga perusahaan tersebut dapat lebih berkembang pesat. Mempelajari setiap materi yang akan dan yang telah disampaikan oleh pengajar, sehingga Anda akan lebih mudah mencerna dan juga bisa lebih memahami setiap materi yang dibahas.

Itulah beberapa cara memaksimalkan manfaat dari modul training leadership. Setelah mengikuti training, maka Anda mempunyai kewajiban untuk membagikannya kepada setiap karyawan di perusahaan tempat Anda bekerja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Saya akan mengadakan Full Year Planning setiap tahun bersama klien Top Coach Indonesia, dengan demikian mereka dapat mempersiapkan leader baru yang handal untuk pengembangan bisnis secara maksimal di tahun berikutnya. Jika Anda tertarik untuk membangun leader yang lebih efektif, silakan hubungi kami. Atau Anda bisa klik link ini Workshop Full Year Plan 2016

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Success Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Related Articles :

Facebook Comments
Show Buttons
Hide Buttons