Tidak hanya cinta yang buta, bisnis juga bisa dikatakan demikian. Pasalnya, sebuah bisnis dapat dilakukan oleh siapapun, berapapun umur mereka. Baik anak muda hingga orangtua bebas melakukan bisnis, asalkan mereka mempunyai ide yang laku di pasaran dan strategi untuk menghadapi persaingan. Tidak heran bila banyak pengusaha muda yang terkenal sukses di kalangan masyarakat dewasa ini. Mulai dari pecel  Lele Lela, Maichi, dan SS yang dibangun oleh anak muda dapat menyaingi kehadiran KFC, McD, maupun Bebek H. Slamet.

Pengusaha muda memang identik dengan semangat dan idenya yang luar biasa. Pada kesempatakan ini Anda akan diajak untuk mengenal siapa saja orang yang berhasil membuat bisnis sukses hingga hari ini. Banyak di antara mereka yang merintis usahanya ketika masih di bangku perkuliahan.

1) Hafiza Elfira

Menempuh pendidikan di Universitas Indonesia, Depok merupakan tantangan sendiri bagi mahasiswi berusia 22 tahun. Tidak hanya pintar dalam bidang akademis, Hafiza memiliki otak bisnis ketika masih kuliah. Berawal dari sebuah social entrepreneur di bawah Nalacity Foundation, wanita ini gemar memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu penderita kusta. Namun,dalam waktu yang cukup panjang dia berhasil membuat bisnis manik-manik yang laris di pasaran. Hasilnya ratusan juta rupiah bisa dia ambil selama kuliah.

2) Yasa Singgih

Anda tidak akan percaya dengan hasil yang diraihnya pada umur yang masih muda, yaitu sekitar 20 tahun pada 23 April 2016 nanti. Ya, meski masih memiliki umur yang relatif muda Yasa telah berhasil menjalani banyak sekali bisnis, antara lain konsultan, properti, dan fashion dengan brand Men’s Republic. Pria lulusan Bina Nusantara ini sudah terbiasa berbisnis sejak usia 15 tahun, ketika ayahnya diklaim memiliiki penyakit jantung. Never too young to become a billionaire! Menjadi jargon yang selalu memotivasinya untuk maju dan mengembangkan bisnis.

3) Nicholas Kurniawan

Kaskus memiliki jaringan yang kuat sehingga mudah dalam pemasaran, hal tersebut sangat dirasakan oleh Nicholas. Berawal dari ekonomi keluarga yang terpuruk dan terbelit banyak hutang, dia akhirnya mencari cara untuk menekuni bisnis. Terbukti ada bisnis MLM, makanan, dan mainan pernah dia coba sebelum beranjak ke Kaskus. Hingga pada suatu saat dia menceburkan dirinya untuk berjualan di Kaskus sebagai Eksportir ikan hias. Tidak tanggung-tanggung omset yang dapat dia peroleh berkisar ratusan juta rupiah dalam satu bulannya.

4) Hamzah Izzulhaq

Bisnis tidak hanya lahir dari apa yang sedang booming di masyarakat, tetapi juga  karena adanya peluang. Hal ini disadari secara langsung oleh Hamzah. Sejak SMA dia memiliki jiwa bisnis yang cukup kuat. Pada saat kelas 2 SMA merupakan titik balik dia berbisnis, dengan cara membuka bisnis Franchise. Meskipun dengan modal awal ayahnya senilai 70 juta, tetapi dia berhasil membuktikan keberhasilan bisnis bimbel di Jakarta. Hingga hari ini, dia masih duduk sebagai direktur utama CV Hasama Indonesia.

5) Victor Giovan Raihan

Lahir dari keluarga kepolisian, pria sulung dari dua bersaudara ini tidak berminat untuk mengikuti jejak ayahnya. Sebaliknya, dia memilih jalur bisnis dan menekuninya hingga sekarang. Pilihannya ternyata tepat. Terbukti bahwa dia bisa kebanjiran pesanan dari hasil campuran teh dan fermentasi susu yang dia buat sendiri. Tidak hanya itu, dia memiliki usaha inti yaitu bakso, yang omsetnya sangat besar. Hingga saat ini sudah ada 10 outlet yang dia kelola, dan 17 dikelola oleh mitra kerjanya.

6) Theresia Deka Putri

Kopi merupakan rempah-rempah yang diminati hampir semua kalangan masyarakat Indonesia. Hal inilah yang menjadi semangat Theresia dalam memulai bisnisnya. Dia mengembangkan bisnis kopi luwak sebagai pilihan bisnis ketika usianya belum genap 20 tahun. Hasilnya dia telah memiliki omset jutaan rupiah dengan hanya mempekerjakan sekitar 15 orang di tokonya. Rahasia bisnisnya terletak pada resep biji kopi luwak yang dia peroleh dan ramu sendiri.

7) Riezka Rahmatiana

Bisnis yang sukses sebanding dengan usaha kerasa yang dilakukan oleh seseorang. Hal tersebut juga yang disampaikan dara muda yang akrab dipanggil Riezka. Meskipun jatuh bangun dengan beberapa usaha makanan, network marketing, dan lainnya, tetapi dia tidak mudah menyerah. Terbukti bahwa dia berhasil membuat bisnis es pisang ijo asli Makassar. Hingga tahun 2009 dia berhasil membuat 3 cabang dan membuka sistem franchise agar dapat menguntungkan masyarakat dan dirinya.

8) Rangga

Jika Anda pernah meilhat rumah makan dengan sebutan “Pecel Lele Lela”, berarti satu lagi keuntungan Rangga yang bisa ditemukan. Berawal dari hobi makan lele saat lkuliah, Rangga memutuskan untuk menjadikan lele sebagai hidangan utama dalam sebuah menu rumah makan. Namun, perjuangannya membutuhkan kerja keras di mana dia harus mengalami penolakan untuk bekerja sama dengan orang lain hingga tempat yang tidak strategis untuk berjualan makanan di tenda jalan. Hingga saat ini usahanya sudah meroket di berbagai cabang dan omset yang banyak.

9) Nurul Walidah Oktaviani

Kehadiran GoJek membuat inspirasai bagi banyak orang. Terbukti, mahasiswi asal ITB ini berhasil meraup omset hinga puluhan juta rupiah dari bisnis ojek yang digelutinya. Jika GoJek dibuat untuk kalangan umum, maka ojek yang dibuatnya berguna untuk mengantarkan para mahasiswi. Pasalnya, dia menilai bahwa banyak mahasiswi yang pulang malam, sementara jalan untuk pulang cukup jauh, dan bisa berakibat tindakan kejahatan. Untuk supir ojek, dia juga menggunakan wanita, agar tidak timbul kejahatan lainnya.

10) Yoyok

Satu lagi pebisnis muda yang sukses di dunia kuliner adalah Yoyok. Mungkin Anda lebih mengenal kuliner yang dia tawarkan daripada namanya sendiri. Pria ini berhasil meraup keuntungan dari bisnis kuliner SS. Perjalanan karirnya tidak begitu mudah, banyak tantangan yang harus dilewati. Terlebih lagi sebuah kuliner memiliki tantangan lebih besar karena cepat basi dibanding toko onilne. Namun, sifat optimis memberikan dia pengalamn yang berhaga hingga sukses sampai sekarang.

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Business Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Related Articles :

Facebook Comments
Show Buttons
Hide Buttons