Suatu organisasi akan berjalan dengan baik dan terus berkembang apabila mereka memiliki visi misi yang jelas. Demikian pula halnya dengan organisasi bisnis. Visi misi menjadi hal penting yang akan menjadi tolak ukur perkembangan dan pencapaian yang akan diperoleh oleh perusahaan tersebut. Meski demikian masih banyak perusahaan yang belum mengimplementasikan pentingnya visi misi dalam budaya perusahaan mereka.

Inilah yang disebut dengan visi misi culture. Sebuah budaya yang mengakar di dalam perusahaan dan berlandaskan atas visi serta misi yang telah dirumuskan sebelumnya. Sehingga setiap keputusan, tindakan dan pertimbangan penting yang dibuat dalam perusahaan tersebut mengedepankan pada konsep misi yang telah dirumuskan sebelumnya. Hal ini sangatlah penting agar peranan dari setiap elemen perusahaan terlihat sangat jelas dan memiliki arah fokus yang tepat pula. Secara tidak langsung, mengikuti pola visi dan misi ini akan membawa Anda dan perusahaan mencapai tujuan yang diinginkan.

Pada dasarnya visi merupakan hal yang diinginkan pada masa depan. Banyak orang yang memberikan istilah “what do they want to have”. Visi ini bisa pula menggambarkan aspirasi perusahaan di masa depan dengan menentukan hal-hal yang harus dilakukan untuk mencapainya. Ada pula pendapat yang mengatakan bahwa visi yang efektif adalah visi yang dapat membangkitkan aspirasi dari anggota organisasi atau perusahaan tersebut.

Sedangkan visi merupakan bentuk yang didambakan pada masa yang akan datang. Atau istilah lain adalah “What do they want to be”. Sebagai sebuah pernyataan tegas visi dilakukan melalui pilihan bentuk atau garis besar mengenai hal-hal yang akan diambil agar bisa bisa mendapatkan hal yang telah dirumuskan dalam visi. Sehingga keduanya sangat berkaitan namun tidak membentuk dimensi ukur kuantitatif seperti presentase, besaran hasil, waktu dan lain sebagainya. Konsep ini hanyalah terlihat dalam bentuk nyata atau riil.

Selanjutnya visi dan misi inilah yang akan membentuk perusahaan menjadi sebuah organisasi terbaik untuk memperoleh apa yang telah menjadi tujuan utama bisnis Anda. Besarnya peranan visi dan misi ini sehingga sangat penting untuk membentuk visi misi culture pada tim bisnis Anda.

Berikut ini berbagai pentingnya peranan visi misi culture dalam membangun tim bisnis yang brilian :

1. Membentuk tim yang visioner

Tim bisnis yang brilian harus bisa menjabarkan visi dan misi dengan tepat dan mengimplementasikan pada setiap keputusan perusahaan. Tim yang memiliki visi misi culture inilah yang akan lebih visioner terhadap masa depan perusahaan. Mereka akan lebih fokus menjabarkan visi dan misi menjadi sebuah aspirasi dan inspirasi yang sangat mendukung positif terhadap jalannya perusahaan.

2. Tim bisnis akan membentuk aspirasi yang cerdas

Aspirasi pada dasarnya bisa diberikan oleh siapapun. Namun ada kalanya aspirasi itu tidak bisa memajukan perusahaan. Karyawan atau tim bisnis yang dibentuk berdasarkan visi misi culture inilah yang akan membentuk aspirasi cerdas sesuai dengan visi misi dan masa depan perusahaan.

3. Pola kerja menjadi lebih terarah dan lebih jelas

Mereka yang memahami dengan baik tujuan dan visi misi dari perusahaannya dipastikan akan mengerti mengenai hal yang baik dan tidak baik bagi perusahaannya itu. Sehingga mereka bisa bekerja lebih terarah dan lebih jelas, selanjutnya akan menghasilkan keputusan yang tepat dalam sebuah bisnis tersebut.

4. Menjadikan tim lebih kreatif pada bidang yang seharusnya

Kreativitas memegang peranan penting untuk menjaga perusahaan agar berada pada jalur yang aman dan bisa bersaing dengan perusahaan lain. Tanpa adanya kreativitas maka perusahaan Anda akan mudah tenggelam terbawa arus zaman yang terus berkembang. Sementara tim bisnis yang memiliki visi misi culture akan lebih kreatif untuk menghasilkan hal-hal baru yang dapat mengembangkan perusahaan.

Demikianlah berbagai pentingnya peranan visi misi culture dalam membentuk tim bisnis brilian dalam sebuah perusahaan. Tim bisnis yang brilian sangat berperan penting untuk melejitkan kesuksesan bisnis Anda. Jangan sampai tim bisnis yang Anda bentuk hanyalah menjadikan bomerang bagi bisnis Anda sendiri di waktu yang akan datang karena mereka belum siap untuk mengelola jalannya perusahaan berdasarkan visi dan misi yang jelas.

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Success Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Related Articles :

Facebook Comments
Show Buttons
Hide Buttons