Untuk mendapatkan perusahaan Leadership Training yang berkualitas dan kredibel, maka perusahaan pengguna bisa mendapatkannya melalui berbagai macam cara seperti menghubungi asosiasi training, mencari pada situs online serta majalah bisnis dan referensi dari perusahaan lain. Perusahaan yang telah mendapatkan calon leadership training dari berbagai sumber di atas, maka sebaiknya mengadakan tender untuk memilih yang terbaik. Di dalam memilih harus memperhatikan kompetensi mereka yang meliputi beberapa hal sebagai berikut :

HARGA

Faktor harga memang sangat penting untuk dipertimbangkan, tetapi tidak berarti perusahaan harus memilih leadership training yang paling murah. Karena belum tentu harga yang murah, mempunyai kualitas yang baik dan optimal.

JANGKA WAKTU PEMBAYARAN

Tidak semua leadership training harus dibayar di muka. Apabila jumlah karyawan yang ikut serta tidak terlalu banyak seharusnya jangka waktu dalam pembayaran bisa lebih fleksibel, tetapi apabila jumlah yang ikut serta cukup banyak memang harus ada pembayaran di muka karena resikonya sangat besar. Jangka waktu pembayaran ini akan sangat berpengaruh dalam presentasi management fee yang dibayarkan ke leadership training. Untuk perusahaan yang melakukan pembayaran di muka, biasanya akan mendapatkan management fee yang lebih kecil.

KAPASITAS PELAYANAN

Kapasitas pelayanan merupakan.salah satu faktor yang menentukan harga. Semakin tinggi pelayanan yang diminta oleh perusahaan, maka semakin tinggi pula harga leadership training tersebut. Contohnya perusahaan meminta vendor training menyediakan berbagai macam materi yang lengkap untuk diajarkan kepada karyawan perusahaan tersebut, maka harga yang diberikan juga akan semakin tinggi.

VARIASI PRODUK

Ada juga suatu leadership training yang menawarkan 1 materi saja untuk diajarkan, tetapi ada juga yang menawarkan sampai 5 materi training. Variasi produk itulah yang akan menentukan kualitas dari leadership training.

Setiap perusahaan pasti akan memberikan sebuah training untuk karyawannya, supaya tujuan dari perusahaan tersebut dapat tercapai. Oleh karena itu perusahan akan mencari sebuah leadership training yang mempunyai kualitas yang baik.

KLIEN DAN MITRANYA

Klien adalah perusahaan yang menggunakan jasa vendor training tadi, apakah perusahaan yang berkelas atau perusahaan yang tidak dikenal. Apabila klien dari vendor adalah perusahaan yang berkelas kemungkinan vendor tersebut juga mempunyai kualitas bagus. Sedang yang dimaksud dengan Mitra adalah seorang pengelola vendor, apakah mempunyai kompetensi di bidang training atau hanya sekedar mempunyai uang banyak tetapi tidak memahami tentang leadership training.

MEMPELAJARI DETAIL MATERI

Sebelum Anda memilih leadership training, lebih baik pelajari berapa topik training yang akan diberikan, sasaran training yang akan diraih serta desain dan metode training yang dikembangkan, yang tercantum pada brosur. Setelah itu silahkan Anda menghubungi vendor training yang dimaksud untuk mengadakan diskusi dan pendalaman melalui beberapa pertanyaan untuk mendapatkan gambaran besarnya. Selain itu, bandingkan juga dengan modul yang sama yang disediakan oleh vendor training lainnya.

MENGENALI SEGMEN PESERTA

Karyawan mana yang akan Anda ikutkan training dan cocokkan dengan vendor trainingnya. Karena ada beberapa jenis vendor training yang berkompeten dan berpengalaman di bidang manufaktur, tetapi ada yang tepat untuk bidang jasa. Ada yang cocok untuk level seorang pimpinan, ada juga yang hanya cocok untuk segmen non pimpinan atau karyawan.

MENCARI INFORMASI MENGENAI SPESIALISASI DARI VENDOR TRAINING

Biasanya suatu vendor training sudah pasti memiliki keunggulan tertentu yang tidak dimiliki oleh vendor lain. Oleh karena itu pilih saja yang menjadi unggulan vendor tersebut. Apabila di lain waktu Anda ada kebutuhan tentang modul yang lain, maka tinggal mencari vendor lain yang memiliki keunggulan untuk memberikan pembahasan tentang modul tersebut.

Selama ini training sering dianggap sebagai suatu biaya untuk perusahaan dan persepsi itu akan semakin benar apabila Anda memilih vendor leadership training yang salah. Oleh karena itu sebelum memilih, Anda harus teliti lebih dalam mengenai vendor mana yang pantas untuk diinvestasikan. Hal tersebut sama seperti halnya ketika memilih sekolah untuk anak, Anda akan memberikan usaha lebih untuk memilih sekolah mana yang tepat untuknya. Usaha yang sama patut Anda berikan untuk perusahaan, sehingga tujuan untuk konsep karyawan adalah sebuah aset perusahaan akan tercapai.

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Success Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Related Articles :

Facebook Comments
Show Buttons
Hide Buttons