5 Hal Penting Saat Menjalankan Bisnis dengan Teman

Apa saja yang Anda lakukan bersama teman atau sahabat tentunya akan semakin menyenangkan. Apa Anda merasakan hal yang sama? Apalagi Anda dan sahabat Anda bisa bekerja sama dalam sebuah bisnis.

Tahukah Anda apa yang akan terjadi? Sang teman atau sahabat ada justru bisa menjadi boomerang untuk bisnis Anda. Apalagi sampai membuat kalian saling benci. Persahabatan Anda justru akan rusak dibuatnya. Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi, namun saat Anda memang harus melakukan interaksi dalam bisnis Anda perlu memperhatikan beberapa poin.

Jadilah pribadi jujur

Kejujuran itu sangat tinggi nilainya, apalagi dalam dunia bisnis ini dijadikan landasan utama. Saya harap Anda tidak bertindak curang dengan tidak jujur atau berbohong agar keuntungan di tangan Anda. Tentu saja dampaknya sangat besar, Anda akan kehilangan rasa percaya dari mereka. Sebaiknya, katakan saja yang ada lebih tidak atau kurang pun tidak.

Bisnis dengan teman butuh komunikasi lebih

Apakah Anda tahu bahwa masalah komunikasi ini menjadi akar masalah peperangan Anda? Apalagi kondisinya komunikasi tidak bagus atau kurang lancar tentu jelas masalah sering terjadi. Sebaiknya Anda selalu saling mengobrolkan segala sesuatunya apalagi soal masalah. Setidaknya Anda bisa meminta bantuan masalah kalian sebagai penengah agar masalah ada ujungnya.

Sabar dalam menghadapi masalah

Siapa bilang sabar itu sulit dilakukan? Seandainya sulit, Anda harus selalu berusaha menjadi orang yang sabar. Anda perlu mengubah sikap pribadi negatif Anda, apalagi gampang marah dan emosi. Apakah Anda tahu bahwa persahabatan lebih tinggi dari keuntungan finansial. Tapi tunggu, sabar bukan berarti Anda selalu diam tetapi Anda juga tetap bertindak.

Tetap menjaga rendah hati

Orang kaya, sederhana atau miskin semuanya sama di mata Tuhan. Jika Anda mendapat kelebihan harta atau kedudukan bukan berarti Anda tinggi hati. Sebaiknya Anda selalu bersikap rendah hati. Seperti padi yang semakin banyak isinya pohonnya semakin merunduk. Anda perlu ingat rendah hati bukanlah rendah diri ya!

Jadilah pribadi teliti

Anda pasti tidak ingin rugi bukan? Nah, itu artinya Anda perlu teliti apalagi di bisnis. Anda memegang jual beli produk pastinya teliti itu keutamaan. Anda harus teliti memeriksa semuanya jadi tidak ada masalah nantinya. Anda tidak perlu ragu menetapkan standar ketelitian produk.

Apakah Anda sebagai penjual? Itu berarti Anda perlu memberi informasi secara jujur, teliti dan lengkap. Mungkin tidak jarang diantara Anda yang juga menjadi pembeli. Saat Anda menjadi seorang pembeli, Anda perlu cerdas dalam memilih dan memeriksa produk secara teliti.

Itulah beberapa dari bisnis yang perlu Anda perhatikan. Salam sukses!

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>