Membuka Lowongan Sales untuk Perkembangan Bisnis

Bisnis yang telah matang direncanakan dan siap untuk menapaki jalur riil pasti membutukan tenaga pemasar. Kemapanan bisnis ditunjukkan dengan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan produk keluaran perusahaan. Bukalah lowongan sales setelah proses produksi hampir rampung digarap. Berikan pelatihan terhadap mereka terkait segala sesuatu yang berkaitan dengan produk.

Related Article : 3 Cara Cepat Menambah Jumlah Pelanggan

Definisi sales ialah seseorang yang bertugas untuk menawarkan produk kepada calon pembeli di dalam rantai penjualan. Materi mengenai produk saat proses pelatihan wajib dikuasai sebelum berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Perkembangan bisnis bertumpu pada kinerja sales. Banyak produk yang terjual merupakan tanggungjawab yang diemban.

Bila bisnis tengah lesu, perbanyak promosi secara langsung ke lapangan. Tentukan titik-titik tertentu yang memiliki peluang besar untuk memasarkan produk. Rekrut pekerja pada lowongan sales dalam jumlah banyak. Tekan biaya pembayaran mereka dengan pemberlakuan sistem pekerja lepas. Jadi pendapatan sales bargantung pada jumlah produk yang berhasil terjual oleh masing-masing individu. Sales memiliki peran penting untuk membuat bisnis kian melesat.

1. Tepat sasaran

Ketepatan penentuan lokasi yang hendak dituju merupakan langkah awal sales memulai proses pemasaran produk. Setelah itu, cari waktu yang tepat dimana Anda dapat menawarkan barang kepada masyarakat setempat. Cara yang paling sering dipakai ialah door to door, penawaran beralih dari satu rumah ke rumah yang lain secara bergantian. Diperlukan kesabaran dan tenaga ekstra karena cara ini menguras tenaga serta pikiran.

Anda bisa menemukan banyak orang di satu tempat dalam waktu yang sama. Buatlah even kecil-kecil yang dapat menarik perhatian warga. Misalnya bisnis Anda berhubungan dengan alat dapur, maka demo memasak ialah pilihan yang tepat. Praktekkan tentang cara penggunaan produk dan ajak warga untuk berpartisipasi. Daya beli akan meningkat karena mereka tahu persis manfaat yang produk yang ditawarkan.

Keinginan membeli timbul ketika terdapat rekan yang membeli produk sejenis sebelumnya. Berikan potongan harga bagi warga yang berhasil merekomendasikan produk kepada orang lain. Rantai ini meringankan kerja sales dengan kedatangan pembeli atas informasi yang diberikan antar sesama pelanggan. Bisnis pasti cepat berkembang karena strategi sales yang begitu hebat.

Related Article : Strategi Raih Pelanggan dengan Sales Call

2. Motivator persuasif

Interaksi sales dengan calon konsumen harus menggunakan bahasa persuasif atau ajakan yang berujung pada pembelian produk. Tidak perlu secara gamblang karena akan terkesan memaksa. Pemilihan gaya bahasa yang pas merupakan kuncinya. Kenali secara singkat tentang sifat individu yang dijadikan terget.

manajemen-bisnis

Sesuaikan sikap Anda agar target merasa nyaman dan mendengarkan semua informasi yang dipaparkan. Jawablah pertanyaan secara singkat agar menumbuhkan rasa penasaran dan meningkatkan ketertarikan. Sales yang cerdas dapat menyampaikan spesifikasi produk sedetail mungkin. Waktu yang dibutuhkan tidak lama, jelaskan secara garis besarnya saja.

3. Meningkatkan kepercayaan

Mayoritas alasan masyarakat tidak membeli sebuah produk yang ditawarkan ialah karena masih ragu-ragu terhadap manfaatnya. Sikap ini wajar karena mungkin produsen produk sejenis pernah melakukan penipuan. Artinya, apa yang ditawarkan tidak sesuai dengan fakta. Kerugian ditanggung akibat kesalahan memilih produk.

Testimonial ialah cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terkait dengan produk yang akan dijual. Catat beberapa orang beserta komentar positifnya mengenai hasil atau manfaat yang dirasakan setelah menggunakan produk. Semakin banyak testimoni yang dihadirkan, menandakan kualitas unggul sehingga banyak diminati.

Kerjasama antar sesama sales dapat membuat perkembangan bisnis melesat lebih cepat. Jika sales A belum mampu menembus lokasi B, maka luncurkan sale B ke tempat yang sama. Strategi dan konsep promosi tentu dengan cara lain agar tidak menimbulkan kejenuhan. Bukalah lowongan sales dengan intensitas padat sehingga cadangan pegawai selalu ada. Sewaktu-waktu membutuhkan sales, maka panggilan dapat dilakukan kepada pelamar.

Related Article : Mengapa Kepuasan Pelanggan adalah Strategi Terbaik

Profesi sales dapat dilatih tanpa harus berlatar pendidikan tertentu. Peluang merekrut pegawai dari berbagai jurusan pendidikan membuat lowongan sales cocok bagi siapa saja. Intinya, mereka mau bekerja keras, berlatih dan pantang menyerah. Perbanyak sales agar bisnis mampu melesat dalam jangka waktu singkat.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>