Tips Memahami Perkembangan Bisnis 2016

Pada saat menjelang akhir tahun biasanya akan selalu ada banyak prediksi dari para pakar ekonomi yang akan bermunculan di media. Prediksi tersebut bisa menjadi salah satu referensi untuk para pelaku usaha dan mereka yang terlibat di dalam perkembangan ekonomi makro untuk mengambil langkah yang strategis pada bisnis 2016 nanti. Ekonomi makro merupakan gambaran ekonomi yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi oleh banyak orang. Contohnya, pergerakan nilai tukar mata uang, kenaikan harga dan tingkat pengangguran serta jumlah total ekspor negara. Berikut beberapa cara dalam memahami perkembangan bisnis pada tahun 2016, antara lain :

Pengaruh Pemilu

Beberapa dari pakar ekonomi merasa cukup khawatir dengan kondisi ekonomi Indonesia gara-gara diadakannya pemilu. Pasar yang baru akan bereaksi setelah presiden tersebut diumumkan dan akan tergantung oleh bagaimana pandangan dunia ekonomi terhadap presiden yang terpilih ini. Kondisi politik di Indonesia yang cenderung tidak stabil serta cukup riskan dapat membuat banyak pihak khawatir, jika kelabilan politik tersebut bisa berimbas pada harga-harga dan kebijakan ekonomi negara.

Ketahanan Ekonomi

Ekonomi di Indonesia memiliki ketahanan yang terbaik di Asia Tenggara, bahkan saat Indonesia masuk di dalam 20 negara yang menjadi pertimbangan untuk menentukan pergerakan ekonomi dunia. Tetapi sayangnya kondisi inflasi tidak juga membaik. Harga produk impor masih tetap tinggi dan bahkan cenderung menjadi naik serta harga beras juga masih tinggi. Bukan tidak mungkin apabila kemampuan bertahan ekonomi Indonesia pada bisnis 2016 ini akan menjadi jebol juga, apabila inflasi tidak segera diatasi.

Perkembangan Ekonomi Global

Pada bisnis 2016 ini muncul prediksi dunia bahwa kelabilan ekonomi di dunia akan beranjak stabil. Hal ini merujuk pada beberapa kebijakan di negara-negara besar seperti Amerika dan China yang akan dapat dilihat hasilnya pada pertengahan tahun. Apabila ekonomi di dunia bisa lebih stabil, maka ekonomi di Indonesia juga akan kena imbas positifnya. Harga rupiah dapat lebih stabil dan tidak menjadi naik terus, yang artinya nilai impor tidak menjadi terlalu tinggi.

Perkembangan Kondisi Inflasi

Berbicara soal ekonomi pastinya juga akan membahas soal harga-harga. Apabila harga terus naik atau inflasi terus berjalan, akan menyebabkan daya beli konsumen jadi menurun. Sehingga akan menyebabkan perkembangan bisnis di Indonesia juga menjadi terhambat.

Itulah beberapa tips dalam memahami perkembangan bisnis 2016 di Indonesia. Sekarang Anda sudah mengerti seperti apa kondisi ekonomi di Indonesia saat ini,  semoga pemerintah Indonesia saat ini dapat terus bekerja dan memperbaiki ekonomi Indonesia pada tahun 2015. Sehingga pada tahun 2016 nanti ekonomi di Indonesia dapat menjadi lebih stabil.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>