.st0{fill:#FFFFFF;}

10 Bisnis Modal Kecil Tanpa Berhutang 

 June 11, 2021

By  admin

Modal sering menjadi kendala utama bagi para calon entrepreneur saat hendak membuka sebuah usaha. Bahkan banyak yang terpaksa harus berhutang untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Tapi sayang tidak semuanya sesuai harapan, ada yang usahanya merugi dan meninggalkan hutang yang menggunung. Inilah alasan kenapa sebenarnya meminjam modal usaha baik di bank maupun ke perorangan menjadi opsi terakhir.

Merintis sebuah bisnis pasti membutuhkan pengorbanan salah satunya adalah harus siap jika modal hilang saat bisnis tidak berkembang dan merugi.  Untuk menekan resiko gagal usaha yang mengakibatkan hutang yang tidak berkesudahan, sebaiknya gunakan aset pribadi untuk memulai sebuah usaha. Anda juga bisa memilih usaha modal kecil tanpa berhutang. Jika sangat mendesak Anda bisa menjual beberapa aset seperti motor, handphone atau meminjam dana tabungan agar lebih aman.

Bisnis Modal Kecil Tanpa Berhutang

Dalam berbisnis, hal yang perlu Anda tekankan di sini adalah “jangan gegabah”. Artinya tidak mempunyai perencanaan namun hanya mengandalkan modal bisnis yang besar dengan meminjam sana-sini. Anda bisa melakukan perencanaan secara matang atau bisa juga memulai dari bisnis modal kecil terlebih dahulu. Dan yang terpenting hindarilah berhutang yang tujuannya belum jelas kegunaannya. Dengan tidak berhutang, sekalipun bisnis merugi Anda tidak akan terlalu kecewa karena tidak meninggalkan tunggakkan. 

Lalu, apa saja bisnis modal kecil yang bisa Anda coba? Kami akan membagikan 2 kategori bisnis, diantaranya bisnis berbentuk jasa dan berbentuk barang. Pilih usaha yang sesuai dengan passion Anda dan tentu saja menghasilkan keuntungan tanpa harus berhutang :

Usaha Modal Kecil Dalam Bentuk Jasa

Beberapa pilihan usaha modal kecil dalam bentuk jasa yang dapat dipilih, berikut ini :

1. Bimbingan Belajar atau Training Center

Bisnis modal kecil yang kita bahas pertama datang dari dunia pendidikan yang saat ini sudah berkembang begitu pesat. Bagi orangtua jika tidak memberikan bimbingan belajar di luar waktu sekolah bisa membuat anak ketinggalan. Apalagi jika dibandingkan teman-temannya yang mengikuti les bimbel. Inilah alasan kenapa jasa bimbel belakangan ini sangat dibutuhkan.

Bagi Anda yang memiliki passion mengajar, jangan sia-siakan kesempatan ini. Apalagi jasa bimbel termasuk ke dalam bisnis modal kecil yang tak memerlukan tambahan modal, apalagi harus berhutang. Anda bisa memulai dengan mata pelajaran yang mudah seperti mengajari anak membaca atau menghitung, hingga keterampilan yang menunjang karir seperti cara mengoperasikan software di komputer, belajar design, belajar digital marketing, dan materi lainnya.

2. Wedding Organizer

Usaha modal kecil tanpa berhutang berikutnya ialah jasa wedding organizer. Bagi Anda yang memiliki bakat atau passion di bidang ini, tidak ada salahnya membuka jasa WO. Untuk membuka jasa WO tidak memerlukan modal cukup besar karena Anda bisa bekerjasama dengan pihak lain. Jasa WO sangat dibutuhkan, karena setiap orang menginginkan pesta pernikahan yang unik dan memorable, mengingat pernikahan adalah hal yang sakral bagi setiap orang di seumur hidupnya. Untuk mengawali bisnis modal kecil satu ini, pastikan Anda memiliki kemampuan project management yang mumpuni.

3. Jasa Social Media Management

Bisnis di bidang jasa memang tidak memerlukan modal yang besar. Salah satu yang bisa Anda geluti adalah jasa social media management. Jasa Social Media Management sendiri adalah layanan untuk mengelola dan melakukan maintenance di sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter. Untuk memulai jasa social media management pastikan Anda memiliki kemampuan design, digital marketing & copywriting. Jika Anda kesulitan dengan skill tersebut, Anda bisa membuat tim untuk menjalankan usaha modal kecil di bidang social media.

4. Jasa Pembuatan Website

Mengingat pentingnya website bagi perusahaan di era digital, tentu diperlukan jasa pembuatan website yang handal. Jika Anda tertarik atau memiliki skill dalam pembuatan website, tidak ada salahnya mencoba jasa pembuatan website sebagai salah satu bisnis modal kecil yang bisa Anda jalankan. Untuk memulai usaha jasa pembuatan website pastikan Anda memiliki kemampuan programming dan design.

5. Jasa Photo & Video

Bagi Anda yang menyukai dunia fotografi dan editing video, maka jasa photo & video dapat dijadikan sebagai  pilihan usaha modal kecil. Karena tidak sedikit  orang yang ingin mengabadikan momen namun tidak dapat melakukannya dengan profesional. Jadi Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis ini.

Jangan ragu memulai bisnis fotografi karena kebanyakan orang pasti mempunyai momen istimewa untuk diabadikan melalui karya fotografi maupun videografi. Seperti foto pernikahan, khitanan, acara keluarga, kelahiran anak dan lainnya. Jasa photo & video mungkin lebih membutuhkan modal dibanding jenis usaha modal kecil lainnya, tetapi modal yang Anda keluarkan hanya 1 kali saja, selebihnya Anda hanya butuh perawatan dan improvisasi.

6. Bisnis Pemasaran Properti

Bisnis Property Marketing adalah sejenis bisnis modal kecil yang memiliki potensi keuntungan besar. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, bisnis pemasaran properti menjadi lebih mudah bahkan bisa dijalankan tanpa modal sekalipun. Anda hanya perlu memasarkan properti yang dijual melalui media sosial dengan foto dan deskripsi yang menarik untuk mendapatkan pembeli. 

Anda bisa memulai usaha modal kecil satu ini dengan mengajukan diri ke developer property sebagai agen pemasaran. 

7. Website Feedback

Usaha modal kecil selanjutnya adalah menjadi website feedback. Jika Anda memahami bagaimana website bekerja dan cara untuk mengorganisir nya dengan baik, maka kini saatnya mendulang penghasilan melalui bisnis website feedback. Dengan bisnis ini Anda menawarkan kepada pelanggan bagaimana cara meraup banyak viewers atau clickers.

8. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis adalah layanan yang kini banyak diminati para pelaku usaha dalam menyediakan keperluan pemasaran aset brand untuk tiap-tiap bisnis. Jasa ini bisa dimulai dari pembuatan desain logo, company profile, desain kartu nama hingga desain lainnya terkait kepentingan usaha atau bisnis pelanggan. Jika Anda memiliki bakat dalam bidang desain grafis, mencoba membuka usaha modal kecil ini bisa menjadi pilihan ideal. 

Usaha Modal Kecil Dalam Bentuk Barang

Selain menggeluti bisnis modal kecil dalam bentuk jasa, berikut beberapa model bisnis dalam bentuk barang yang bisa Anda coba :

9. Dropship

Bisnis dropship adalah usaha modal kecil yang paling mudah dijalankan oleh siapapun. Bahkan bagi Anda yang tidak memiliki bakat di bidang apapun bisa menggeluti bisnis ini. Asalkan Anda benar-benar konsisten menjalani bisnis dropship.

Keuntungan bisnis dropship adalah ada banyak pilihan produk yang dapat ditawarkan. Anda bisa memilih mana produk yang sedang trend saat ini dan paling dibutuhkan konsumen. Cukup dengan mengupload foto produk dari supplier, kemudian mempromosikannya lewat media sosial. Selanjutnya Anda tinggal menunggu transfer dari pembeli. Untuk pengiriman produk sendiri akan dilakukan oleh supplier dengan nama Anda sebagai pemilik toko.

Keunggulan bisnis modal kecil ini cukup fleksibel dan dapat dilakukan oleh siapapun. Baik oleh ibu rumah tangga, mahasiswa, hingga karyawan sekalipun. Karena untuk menjalankan bisnis ini Anda tidak harus terikat waktu.

10. Reseller Produk Kecantikan

Selain dropship, Anda juga bisa mencoba bisnis reseller sebagai usaha modal kecil. Hanya saja, untuk dropship Anda sama sekali tidak memerlukan modal awal untuk stok barang. Berbeda dengan reseller yang membutuhkan modal awal untuk menyetok barang. Baru kemudian Anda bisa mempromosikan produk yang sudah Anda beli dari supplier ke pembeli. Proses pengiriman produk reseller juga harus dilakukan oleh Anda sendiri.

Namun tak perlu khawatir, karena modal yang dibutuhkan juga tidak besar. Anda bisa mencari produk kecantikan yang sedang trend karena produk kecantikan termasuk salah satu produk terlaris saat ini. Jadi jangan ragu untuk memulai bisnis reseller produk kecantikan demi meraup keuntungan sebagai bisnis modal kecil.

admin


Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts