.st0{fill:#FFFFFF;}

10 Cara Mengatasi Kredit Macet 

 Maret 8, 2016

By  Coach Tom

Adanya fasilitas kredit memberikan kemudahan bagi konsumen yang menggunakannya. Secara fisik, mereka dapat menikmati sebuah barang meskipun sebelum lunas. Selain itu pembayarannya dapat dilakukan secara mencicil tidak memberatkan keuangan mereka. Akan tetapi sejumlah oknum memanfaatkan hal tersebut untuk bergaya di publik. Ada juga konsumen yang tidak mampu membayar karena gaji pada bulan itu belum keluar. 

Akhirnya, banyak masalah yang timbul saat kredit harus dibayarkan. Hal ini menyebabkan terhambatnya pembayaran kredit yang dilakukan oleh konsumen kredit.

Dengan terlambatnya pembayaran kredit akan menimbulkan ketidaknyamanan baik dari pihak pemberi kredit maupun konsumen kredit. Oleh karena itu, diperlukan berbagai cara penyelesaian kredit macet untuk menangani masalah tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir ketika memiliki masalah tersebut. Artikel ini akan membahas cara mengatasi kredit macet.

Persyaratan Kembali (Restructuring)

Teknik penyelesaian kredit macet yang pertama dilakukan yaitu komunikasi dengan pihak pemberi kredit. Dengan memiliki komunikasi yang baik, maka akan lebih mudah untuk mencari jalan penyelesaian kredit macet yang Anda alami.

Kredit yang resmi biasanya berhubungan langsung dengan pihak bank sebagai penyedia layanan kredit. Oleh karena itu, segala kondisi yang menyebabkan kredit macet perlu sepengetahuan dari bank yang bersangkutan. 

Anda bisa datang kepada bank untuk meminta persyaratan kembali. Maka, bank akan menaksir beberapa kemungkinan yang sesuai dengan keadaan Anda sehingga dapat menjadi teknik penyelesaian kredit macet untuk Anda dan kredit bisa diatur ulang.

Penjadwalan Kembali (Rescheduling)

Kredit macet pada umumnya terjadi karena ketidakmampuan konsumen untuk membayar dalam tenggang waktu tertentu. Biasanya sudah ada peringatan sebelum kredit macet ini terjadi. Teknik penyelesaian kredit macet selanjutnya yaitu dengan membuat rentan jadwal pembayaran.

Penjadwalan ulang dapat menjadi salah satu penyelesaian kredit macet. Jika sudah sampai peringatan terakhir tetapi sang konsumen masih belum dapat membayar kreditnya, teknik penyelesaian kredit macet yang mungkin dilakukan yaitu dia bisa mengajukan penjadwalan kembali. Hal ini memuat penambahan waktu pembayaran yang mampu dilakukan oleh konsumen.

Menambah fasilitas kredit

Kredit merupakan fasilitas terbaik saat ini. Anda bisa menggunakan barang secara langsung tanpa harus membayar lunas dalam hari itu juga. Namun, jika kredit masih belum mampu untuk dibayar, maka teknik penyelesaian kredit macet yang dapat dilakukan yaitu seorang konsumen bisa berkonsultasi kepada bank dan meminta untuk ditambah fasilitas kredit. Contohnya dengan membagi pembayaran lebih kecil sehingga tidak memberatkan konsumen.

Teknik penyelesaian kredit macet tersebut efektif digunakan untuk menghindari hal tidak terduga saat sudah memulai kredit. Penyelesaian kredit macet tersebut akan lebih baik jika dilakukan sebelum terjadinya keterlambatan pembayaran kredit.

Mengkonversi tunggakan menjadi pokok kredit baru

Kredit yang berkepanjangan berpotensi untuk menimbulkan bunga pembayaran. Hal tersebut yang membuat orang semakin malas dan tidak mampu mengeluarkan uang untuk membayar kreditnya. 

Jika Anda di posisi yang demikian, dan pihak bank bersedia memberikan teknik penyelesaian kredit macet dengan konversi, maka cobalah untuk datang kepada bank dan meminta konversi tunggakan. Hal ini akan membuat Anda bisa membayar kredit dan membayar bunganya di belakang sehingga tidak berat.

Teknik penyelesaian kredit macet ini dapat berjalan efektif karena jumlah bunga akan diubah sesuai dengan jumlah kreditnya. Sehingga dengan penyelesaian kredit macet tersebut selain tidak memberatkan juga akan memberikan kenyamanan Anda dalam membayar kredit. 

Pembebasan bunga kepada debitur

Jika cara yang di atas mewajibkan seseorang membayar bunga kreditnya, maka cara yang ini berbeda. Ada teknik penyelesaian kredit macet yang dapat diberikan untuk orang-orang tertentu. Biasanya bank akan menghapuskan bunga yang dimiliki oleh konsumen. Konsumen hanya diwajibkan untuk membayar sisa pinjaman pokok.

Penyelesaian kredit macet ini memang tidak diberikan secara umum. Akan tetapi, teknik penyelesaian kredit macet ini cukup membantu. Hanya saja hal ini harus melalui proses yang panjang dan memastikan bahwa konsumen yang akan dikenai fasilitas ini memang tidak mampu secara finansial.

Melakukan prinsip peminjaman yang tekun

Pada dasarnya pinjaman ditujukan bukan semakin memberatkan orang yang menggunakan sebuah barang. Oleh karena itu, terdapat hal mendasar dari teknik penyelesaian kredit macet yang Anda perlukan hanyalah melakukan prinsip peminjaman dengan tekun, yaitu membayarkan kredit tepat pada waktunya. Maka hutang yang ada tidak akan menumpuk dan Anda tidak keberatan untuk membayarkan sisanya.

Dengan disiplin membayar pinjaman, Anda tidak akan memerlukan beragam teknik penyelesaian kredit macet. Cukup dengan mengatur keuangan dengan baik untuk memastikan pembayaran berjalan lancar merupakan sebuah penyelesaian kredit macet.

Menjaminkan barang gadai

Jika Anda benar-benar tidak memiliki uang yang tersisa untuk melakukan pembayaran, dan memiliki banyak barang berharga yang bernilai, maka teknik penyelesaian kredit macet yang bisa dilakukan yaitu Anda bisa mengatasinya dengan menggadaikan barang yang memiliki taksiran yang sama. Sebab, ketika barang tersebut digadaikan, Anda tidak perlu repot untuk memikirkan bagaimana cara melunasi. 

Teknik penyelesaian kredit macet ini juga harus disertai dengan perhitungan jika barang tersebut benar-benar harus diserahkan ke pihak pemberi kredit. Sebab, barang gadai yang tidak dapat dilunasi akan tersita secara langsung oleh pegadaian. Anda dapat mempertimbangkan hal ini dengan baik, karena penyelesaian kredit macet ini merupakan hal yang juga berpotensi memberikan kerugian bagi Anda.

Bermain dengan collector

Teknik penyelesaian kredit macet berikutnya yaitu dengan meminta bantuan collector. Saran ini adalah untuk para pelaku usaha yang menjalankan sistem kredit. Maksudnya adalah seorang collector yang mau selalu mengingatkan kondisi konsumen. 

Teknik penyelesaian kredit macet dengan collector tidak perlu menggunakan kekerasan, hanya butuh mengingatkan setiap saat dengan datang ke rumah atau via telepon. Siapa tahu konsumen yang dihadapi sebenarnya lupa kapan harus membayar kreditnya. Sehingga menjadi penyelesaian kredit macet yang efektif untuk Anda.

Memperketat taksiran ulang

Teknik penyelesaian kredit macet selanjutnya yaitu dengan memperketat taksiran ulang. Bagi pelaku usaha juga penting untuk menjalankan teknik penyelesaian kredit macet dengan sistem ini. Hal ini berfungsi agar tidak mempermudah orang yang sulit dalam pelunasan untuk melakukan sejumlah pembayaran. 

Selain itu, taksiran juga dapat difasilitasi dengan mempertanyakan berapa barang yang telah masuk kredit, yang dapat menjadi pertimbangan pelaku usaha. Sehingga Anda dapat menemukan penyelesaian kredit macet untuk bisnis Anda.

Meluangkan sejumlah uang khusus untuk pembayaran kredit

Sebuah kegiatan yang jarang disadari oleh sebagian orang yang mengalami Kredit Macet adalah meluangkan sejumlah uang. Hal ini akan mempermudah setiap debitur dalam melunasi hutangnya setiap bulan. Jadi, teknik penyelesaian kredit macet paling mudah yang dapat Anda lakukan yaitu luangkan uang sesuai gaji yang Anda terima, jika di awal, maka bayarlah di awal, demikian juga ketika menerima gaji di akhir bulan.

Tidak Menambah Kredit Baru di Samping Kredit Lama

Langkah terakhir yang akan memberikan Anda keamanan dan kenyamanan dalam melakukan pembayaran kredit yaitu dengan tidak menambah kredit baru di samping memiliki kredit yang belum lunas. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari tumpukan pembayaran kredit yang dapat berpotensi menyebabkan Anda merasa keberatan dalam membayar dan perasaan tidak tenang. Selain itu, beberapa pihak bank juga tidak membolehkan Anda memiliki kredit lebih dari satu.

Anda dapat memilih teknik penyelesaian kredit macet yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan keuangan Anda. Anda dapat mencoba mulai dari teknik penyelesaian kredit macet paling mudah hingga yang paling sulit Anda lakukan. Dengan memperbanyak teknik penyelesaian kredit macet yang Anda ketahui, maka akan semakin banyak cara yang dapat membantu Anda menyelesaikan kendala pada pembayaran kredit Anda.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

Leave a Reply

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Manajemen Piutang: Pengertian Manajemen Piutang, Tujuan & Fungsinya
Ciptakan Annual Meeting yang Berkesan
20 Pertanyaan Performance Appraisal Tahunan
Kenali Cara Menjadi Data Analyst & Tugas Data Analyst