.st0{fill:#FFFFFF;}

10 Manfaat Sedekah Untuk Kesuksesan Anda dalam Berbisnis 

 Mei 12, 2021

By  admin

Dalam ajaran agama, sedekah menjadi salah satu ibadah dengan ganjaran pahala besar. Sedekah dapat membantu orang-orang yang membutuhkan sekaligus mengikis sifat kikir bagi orang yang memberi. Namun dibalik pahala yang dijanjikan, sedekah juga memiliki kekuatan yang sangat besar bagi bisnis. Itulah kenapa setiap pebisnis veteran selalu berlomba-lomba untuk berbagi dan mengejar keajaiban sedekah.

Cerita Dibalik Keajaiban Sedekah

Tidak sedikit cerita dibalik keajaiban sedekah yang diutarakan oleh pengusaha-pengusaha sukses. Bahkan orang paling kaya di dunia secara konsisten terus berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. Saya sendiri sudah merasakan kekuatan sedekah dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari. 

Pada saat itu saya dari Bogor dan ingin menuju ke Cengkareng. Di terminal Bogor, kondisinya sudah sangat sepi. Tidak ada bus yang bisa mengantarkan saya ke Bogor atau minimal bisa saya tumpangi untuk sampai ke Jakarta. Padahal, saya harus bisa sampai di tujuan tepat waktu.

Dalam kondisi seperti itu, saya memutuskan menghubungi mentor saya untuk meminta bantuan. Saya bertanya apakah mentor saya memiliki kenalan yang bisa membantu saya. Sayangnya, pada saat itu tidak ada kenalan yang bisa membantu. Pada saat itulah saya mendapatkan nasehat yang diluar dugaan.

Mentor saya menyarankan saya untuk bersedekah dan memberikan sebagian uang saya kepada anak terlantar atau siapapun orang yang membutuhkan yang ada di sana. Saya merasa nasehat tersebut tidak masuk akal. Meski demikian, pada akhirnya saya menuruti nasehat yang diberikan oleh mentor saya tersebut dan menyedekahkan uang Rp 100.000.

Setelah bersedekah, saya duduk di terminal Bogor. Saya menunggu dalam diam. Setelah kurang lebih 1 jam duduk berdiam diri, ada seorang anak yang mendekati saya dan bertanya kemana saya ingin menuju. Pada saat itulah, anak tersebut menunjukkan kepada saya bahwa ada orang yang membawa mobil dan ingin menuju ke Pasar Senen namun tidak tahu jalan mana yang harus dilewati.

Saya langsung menyambut kesempatan tersebut. Hingga akhirnya, saya bisa sampai di Pasar Senen dan meminta kantor untuk menjemput di sana.

Kunci Sukses yang Dibutuhkan Oleh Pengusaha

Kisah menarik yang saya alami membuat saya tertarik untuk belajar lebih jauh tentang keajaiban sedekah. Saya bertanya kepada mentor saya terkait hal tersebut dan dijawab bahwa dalam bisnis sedikitnya ada 3 kunci sukses yang dibutuhkan oleh pengusaha. Ketiga kunci tersebut adalah ketenangan, dukungan dan keajaiban.

Beliau mengatakan bahwa sedekah memberi para pengusaha ketiga kunci yang dibutuhkan. Lewat sedekah, Anda bisa mendapatkan ketenangan batin karena sudah membantu orang yang membutuhkan. Saat memberi, secara otomatis Anda juga akan mendapatkan dukungan dari orang yang Anda bantu. Namun yang jauh lebih penting lagi, sedekah mendekatkan Anda dengan keajaiban.

Selama memegang ketiga kunci tersebut, sukses menjadi seorang pengusaha bukanlah hal yang mustahil. Perjalanan Anda dalam membangun bisnis juga akan lebih dimudahkan.

Manfaat Sedekah Untuk Kesuksesan Bisnis

Kebiasaan bersedekah yang dilakukan oleh orang-orang kaya di seluruh dunia bukan dilakukan tanpa alasan. Orang-orang sukses dan kaya sangat memahami kekuatan sedekah dalam bisnis. Selalu ada balasan yang menyenangkan untuk mereka yang mau berbagi. Saat berbagi, 10 manfaat sedekah berikut ini juga pasti akan Anda dapatkan.

1. Sedekah Memberi Ketenangan Batin

Ada hal menarik yang muncul saat bersedekah. Saat Anda berbagi dengan orang lain, ada perasaan bahagia dan tenang. Ketenangan batin seperti ini sulit didapatkan. Di sisi lain, ketenangan adalah hal pertama yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha untuk sukses dalam bisnisnya.

2. Sedekah Sebagai Sarana Melepaskan Diri dari Kemelekatan

Bisnis pada dasarnya adalah tentang jual beli. Jika ingin mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan, Anda harus bersedia membayarnya dengan harga yang sepadan. Anda tidak mungkin bisa mendapatkan banyak keuntungan jika tidak berani mengeluarkan uang, waktu atau tenaga untuk berinvestasi.

Sedekah mengajarkan Anda untuk melepaskan diri dari kemelekatan. Anda tidak lagi terlalu terikat pada masa lalu dan kepemilikan akan sesuatu. Saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mengalami kerugian atau ada karyawan yang keluar, Anda bisa menerimanya dengan lapang dada. Di samping itu, saat Anda ingin mendapatkan uang, Anda juga harus bisa melepaskan uang yang Anda genggam demi mendapatkan yang baru.

3. Sedekah Memberi Energi Positif

Saat bersedekah, ada energi positif yang masuk ke dalam diri Anda. Itulah yang membuat Anda merasa tenang dan senang saat berbagi dengan orang lain. Energi positif seperti ini sangat dibutuhkan dalam bisnis. Dengan energi positif inilah, Anda bisa menjalankan bisnis dengan penuh semangat.

4. Melatih Keyakinan

Sedekah melatih keyakinan atas apa yang Anda lakukan. Saat berbagi dengan orang lain, pada saat itu keyakinan Anda dilatih. Apakah uang yang Anda sedekahkan kelak akan memberi hal positif bagi Anda? Hal ini juga bisa melatih keberanian untuk berinvestasi sekaligus menjadi salah satu kekuatan sedekah dalam bisnis yang cukup digemari oleh para pelaku usaha.

5. Mendapatkan Imbalan yang Lebih Berharga dari Uang

Ada banyak hal yang jauh lebih berharga dari uang. Salah satunya adalah kesehatan. Untuk mendapatkannya, salah satu caranya adalah dengan menjaga kesehatan pikiran. Sedekah membantu Anda mendapatkan ketenangan yang dibutuhkan.

Selain memberi ketenangan, sedekah juga bisa memberikan hal lain yang tidak kalah berharga. Misalnya saja seperti dukungan dari orang-orang yang telah Anda bantu. 

6. Melatih Keikhlasan

Dalam berbisnis, ada banyak hal yang sering menguras pikiran, tenaga, waktu bahkan emosi. Semua itu akan semakin sulit dihadapi jika seorang pelaku usaha tidak memiliki keikhlasan saat menjalankan usahanya. 

Sedekah membantu Anda untuk melatih keikhlasan. Bahkan saat Anda mengalami kerugian, Anda bisa ikhlas menerima hal tersebut dan tidak terlalu hanyut dalam kekecewaan. 

7. Sedekah Membantu Pengusaha Mendapatkan Dukungan

Bisnis membutuhkan dukungan dari pemerintah, karyawan dan pelanggan. Saat bersedekah kepada karyawan, Anda akan mendapatkan dukungan dari mereka. Begitu juga saat Anda bersedekah kepada pelanggan, baik dalam bentuk promo diskon atau lainnya. 

8. Mengajarkan Diri Sendiri Agar Tidak Pelit

Anda memang perlu mengelola keuangan dengan cermat dalam bisnis. Meski demikian, ada perbedaan tipis antara cermat mengelola keuangan dengan pelit. Dengan bersedekah, pada dasarnya Anda sedang dilatih agar bisa membedakan hal tersebut. 

9. Sering Mendapat Kejutan Menyenangkan

Mungkin ini adalah salah satu 10 manfaat sedekah yang banyak disukai oleh para pelaku usaha. Jika Anda sering memberi kejutan kepada orang lain dengan bersedekah, Anda juga akan sering mendapatkan kejutan menyenangkan. 

10. Sedekah Membuat Anda Tetap Kaya

Tidak ada orang yang jatuh miskin karena bersedekah. Semakin banyak Anda bersedekah, semakin banyak yang akan Anda dapatkan. Mental kaya inilah pelajaran yang sangat berharga dari sedekah. Bahkan meski dalam kondisi sulit, kebiasaan Anda untuk berbagi membuat Anda lebih kaya dari orang yang pelit.

Kesimpulan

Kekuatan sedekah dalam bisnis begitu nyata, terlebih jika Anda melakukannya dengan ikhlas, konsisten dan terukur. Dengan rajin berbagi, bisnis akan semakin sukses. Ketenangan, dukungan dan keajaiban yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis akan Anda dapatkan. Keuntungan juga akan terus mengalir tanpa henti, apapun bentuknya. 

admin


Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Manajemen Piutang: Pengertian Manajemen Piutang, Tujuan & Fungsinya
Ciptakan Annual Meeting yang Berkesan
20 Pertanyaan Performance Appraisal Tahunan
Kenali Cara Menjadi Data Analyst & Tugas Data Analyst