.st0{fill:#FFFFFF;}

Cara Terbaik Melakukan Riset Pasar Bisnis Anda 

 March 17, 2016

By  Coach Tom

Cara mengembangkan potensi diri sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, Anda harus mengetahui lebih dahulu tentang diri Anda sendiri.

Kenali lebih dalam apa yang Anda sukai, inginkan, dan wujudkan. Sayangnya, tidak semua orang mampu untuk menyatukan ketiga hal tersebut agar menjadi satu tujuan besar, yaitu menjadi diri sendiri yang berkualitas. Alhasil, ada beberapa orang yang bisa langsung mengetahui potensi dirinya.

Namun, banyak pula yang perlu pancingan terlebih dahulu agar potensi dirinya menjadi terlihat. Tidak hanya sampai di situ, pada saat potensi diri sudah terlihat, apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara mengembangkannya?

Nah, bagi Anda yang sampai saat ini masih bingung cara mengembangkan potensi diri, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Mengenali Diri Lebih Dalam

Cara pengembangan diri pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengenal lebih dalam tentang diri sendiri. Selidikilah hal apa saja yang membuat Anda merasa nyaman untuk melakukannya, bahkan tidak pernah merasa bosan.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu melihat apakah Anda termasuk orang yang mampu memecahkan suatu persoalan dengan mudah. Kenali apakah diri Anda mampu menjadi seorang leadership saat berada di sekitar teman-teman.

Dengan mengetahui diri lebih dalam, Anda akan lebih bisa mengasah kemampuan Anda tersebut agar lebih menonjol dan mumpuni. Anda tidak perlu tergoda untuk meniru kemampuan orang lain. Sebab, setiap orang mempunyai kemampuan berbeda. Setelah itu, Anda akan secara bertahap mencoba cara pengembangan diri berikutnya.

Merumuskan Tujuan Hidup

Cara pengembangan diri kedua adalah dengan merumuskan tujuan hidup Anda. Ingat, hidup Anda tidak akan berarti tanpa adanya suatu tujuan. Tujuan hidup juga akan lebih memudahkan Anda dalam mengatur strategi-strategi jitu agar tujuan tersebut dapat terwujud dengan sempurna, bahkan dalam waktu yang tidak lama.

Ibarat sebuah bus, dengan mengetahui tujuan akhir pemberhentian bus, maka Anda akan lebih mudah mencari jalan menuju tempat tersebut. Saat tujuan pertama sudah tercapai, tetapkan tujuan selanjutnya dengan target lebih tinggi.

Begitu seterusnya, hingga hidup Anda setiap saat akan terasa bermakna dan berwarna. Nikmati segala liku-liku perjuangan Anda saat mencapai tujuan tersebut.

Tanggap Dengan Kesempatan

Mungkin beberapa orang mengandalkan faktor keberuntungan untuk mencapai potensi diri dalam diri mereka. Namun, keberuntungan dapat diartikan juga sebagai tanggap yang tepat pada setiap kesempatan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa cara pengembangan diri yang dapat Anda lakukan yaitu, dengan cepat dan tanggap menyikapi kesempatan yang hadir kepada Anda. Dengan memiliki tanggap yang cepat berbagai kesempatan, Anda mungkin saja akan menemukan kesempatan emas sebagai cara pengembangan diri Anda.

Menguatkan Niat

Niat merupakan pondasi untuk terwujudnya tujuan hidup. Semakin kuat niat yang ada dalam dada Anda, semakin kuat juga Anda berjuang untuk mendapatkan cita-cita Anda. Cara pengembangan diri berikutnya yaitu menguatkan niat untuk mencapai tujuan.

Niat yang kuat juga akan mampu mengatasi berbagai rintangan yang pasti akan menghadang saat Anda ingin mewujudkan tujuan hidup. Potensi yang ada dalam diri Anda pun akan cepat terdeteksi saat Anda mempunyai niat yang kuat. 

Oleh karena itu, jangan pernah kendor dalam memantapkan niat. Jangan menetapkan niat setengah-setengah, karena perjuangan yang pernah Anda lakukan akan sia-sia belaka tanpa hasil.

Percaya Diri

Membangun percaya diri memang bukanlah hal yang mudah. Namun dengan memulai bisnis, Anda sudah dapat membangun percaya diri.

Membangun percaya diri juga termasuk dari salah satu cara pengembangan diri yang baik. Langkah untuk memupuk percaya diri dapat dilakukan dengan terus memperkaya informasi mengenai industri yang Anda tekuni.

Meski akan ada waktunya Anda merasa tidak terinformasi dengan baik, tidak merasa banyak support. Akan tetapi, hadapi dan lalui ketakutan itu dan Anda akan sedikit demi sedikit lebih percaya diri kedepannya. Cara pengembangan diri ini cukup efektif jika dilakukan dengan konsisten.

Bersikap Terbuka terhadap Kritikan

Cara pengembangan diri berikutnya yaitu dengan menjadi orang yang berpikiran terbuka. Orang yang ingin maju harus mempunyai sikap terbuka dalam menerima kritikan. Ingat, manusia tidak ada yang sempurna. Kekhilafan sudah menjadi kodratnya manusia.

Oleh karena itu, jangan pernah merasa benar sendiri. Benar bagi diri Anda, bisa jadi salah bagi orang lain. Terimalah semua kritikan yang masuk dalam diri Anda.

Jadikan kritikan tersebut sebagai salah satu cara pengembangan diri dan pelecut bagi Anda untuk instropeksi diri agar menjadi manusia lebih baik lagi. Jangan pula karena kritikan yang masuk, Anda menjadi down dan enggan untuk bangkit. Namun begitu, Anda juga perlu menyeleksi kritikan yang masuk.

Jika memang sangat membangun, jadikan sebagai bahan untuk berbenah diri. Namun, jika kritikan tersebut hanya membuat potensi diri Anda menjadi tertahan, sisihkanlah.

Membuang Pikiran Negatif

Ibarat kendaraan, pikiran merupakan setirnya. Jika Anda selalu berpikiran negatif terhadap diri Anda, nilai itulah yang nantinya benar-benar akan muncul dalam diri Anda. Sebaliknya, jika Anda selalu berpikiran positif terhadap diri Anda, maka aura positif juga akan muncul dari dalam diri Anda.

Oleh karena itu, cara pengembangan diri selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu jangan biarkan pikiran negatif hinggap di benak Anda. Buang jauh-jauh semua pikiran yang hanya akan mengganggu tujuan Anda dalam menggali potensi diri. Jangan percaya jika ada yang mengatakan bahwa Anda tidak mempunyai kelebihan. Setiap manusia pasti mempunyai kelebihan.

Tinggal Anda mampu menemukannya tidak. Dan, yang terpenting, bagaimana pikiran akan mengarahkan Anda dalam menemukan potensi Anda tersebut.

Berada di Lingkungan Positif

Menetapkan pikiran positif tidak akan maksimal jika Anda masih berkumpul dengan lingkungan yang justru akan menjatuhkan pikiran Anda. Begitu juga dalam hal penggalian potensi diri.

Salah dalam memilih lingkungan, maka akan berpengaruh terhadap hasil penggalian potensi diri. Oleh karena itu, cara pengembangan diri yang juga dapat Anda lakukan yaitu cobalah untuk mencari lingkungan yang positif. Pilihlah teman-teman yang dapat mendukung Anda dalam menggali potensi diri, bukan menjatuhkan.

Bahkan, biasanya keberadaan teman-teman yang positif secara tidak langsung juga akan membuat Anda selalu bersemangat dalam mencapai tujuan hidup.

Mencoba Hal Baru dan Selalu Optimis

Cara pengembangan diri yang baik untuk seorang pengusaha yaitu dengan mampu beradaptasi dengan perubahan. Sehingga untuk mengembangkan potensi diri, jangan ragu untuk mencoba hal baru. Sebab, bisa jadi hal baru tersebut justru menjadi potensi Anda yang paling besar. Meskipun risiko yang akan Anda alami juga tidak kecil, namun jangan takut mencoba hal baru.

Dalam mewujudkan perubahan atau saat beradaptasi dengan perubahan, mungkin Anda akan mengalami beberapa hal yang kurang nyaman. Untuk menghadapinya Anda dapat membuat fleksibilitas terhadap rencana bisnis dan berusaha beradaptasi tanpa merasa stress. 

Salah satu cara pengembangan diri yang juga dapat menghindari Anda dari stress yaitu dengan berpikiran optimis. Selalu optimis bahwa setiap hal yang Anda lakukan selalu berhasil perlu selalu ditanamkan dalam hati. Sebab, sikap optimis ini akan menjadi pendorong Anda untuk semangat mewujudkan tujuan hidup apapun yang terjadi.

Memiliki Keinginan Kuat Untuk Belajar

Cara pengembangan diri yang sesuai untuk seorang pengusaha yaitu memiliki keinginan kuat dan kemauan yang keras untuk belajar. Belajar merupakan hal yang akan selalu dilakukan, baik dalam merancang strategi bisnis maupun menanggulangi masalah yang terjadi saat operasional terjadi.

Terus belajar menjadi hal yang penting sebagai salah satu cara pengembangan diri yang efektif. Hal ini tidak hanya baik untuk diri seorang pengusaha, tetapi juga untuk keberlangsungan dan perkembangan bisnis.

Dalam mencari pembelajaran sebagai cara pengembangan diri, Anda dapat belajar dari masalah yang ditemukan saat menjalankan bisnis, berkonsultasi dengan teman-teman sesama pengusaha, atau bahkan memiliki Coach bisnis yang siap mendampingi Anda. Dengan begitu, proses pengembangan diri dan bisnis Anda akan berjalan dengan baik dan efektif.

Memiliki Disiplin Diri yang Kuat

Membangun disiplin diri merupakan salah satu cara pengembangan diri yang tepat. Banyak sekali orang yang masih kesulitan dengan disiplin, akibatnya tidak sedikit pengusaha yang kehilangan kesuksesan bisnisnya karena kurang disiplin.

Disiplin dapat dibentuk dengan membangun kebiasaan baru yang baik dan sesuai dengan cara pengembangan diri. Kebiasaan dapat dilakukan dengan mencoba menjalankan kegiatan produktif secara teratur. Anda dapat mengatur waktu kapan harus fokus dengan suatu kegiatan, juga berikan istirahat dengan porsi yang wajar untuk kembali fokuskan diri dengan kegiatan produktif tersebut.

Konsisten

Apapun cara pengembangan diri yang dilakukan, hal yang juga akan mendukung proses pengembangan potensi diri yaitu dengan menjalankan berbagai cara mengembangkan potensi diri secara konsisten.

Konsisten dalam hal ini berarti Anda juga harus sabar dalam menunggu hasil dari cara pengembangan diri yang telah dilakukan. Jika sudah melakukan cara pengembangan diri dengan benar dan dilakukan secara konsisten, maka hasil baik akan menghampiri Anda.

Itulah beberapa cara mengembangkan potensi diri. Jangan sekali-kali Anda berpikiran tidak mempunyai potensi. Setiap manusia diciptakan dengan segala kelebihannya. Ini artinya, Anda pasti mempunyai potensi diri, yang bisa jadi lebih baik dari yang lain.

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

Leave a Reply

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Ketahui Perbedaan Tugas & Kerja Sales dan Marketing
Perbedaan CEO dan Founder, Tugas Serta Pengaruh Dalam Operasional Perusahaan
Cara Mengembangkan Channel Youtube Dengan Memahami Youtube Marketing
Kenali Tugas Manajer Pemasaran & Tanggung Jawab Dalam Perusahaan