4 CARA TERBAIK MELAKUKAN RISET PASAR BISNIS ANDA

Siapa bilang sih kalau bicara soal pemasaran bakal kehabisan bahan? Banyak loh bahan yang bisa Anda jadikan perhatian dan jadi bahan perbincangan Anda. Namun, Anda harus berpikir keras untuk merencanakan sesuatu yang membuat bisnis Anda maju.

Seberapa penting sih harus melakukan riset pasar sebelum melakukan pemasaran? Tentunya Anda tidak ingin pemasaran yang Anda lakukan sia-sia. Nah, Anda harus tahu cara produk Anda bisa masuk kepasaran. Otomatis Anda harus membuat produk yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat.

Memaksakan produk Anda di pasaran akan merugikan perusahaan Anda sendiri. Apalagi kalau produk yang dibuat tidak sesuai kebutuhan. Siapa yang mau membeli produk Anda? Hasil riset pasar yang Anda dapatkan itu yang akan menjadi strategi pemasaran di usaha Anda. Kalau sudah begitu Anda bisa membangun brand Anda.

Sekarang Anda tahu kalau riset pasar menjadi otak utama bagi bisnis Anda. Tentu karena langkah yang diambil akan menuntun masa depan bisnis atau usaha Anda. Anda dapat mengatur dan merencanakan perkembangan pasar sesuai dengan permintaan yang selalu berubah.

Bisnis Anda bisa cepat tutup kalau Anda berdiam diri. Apalagi kalau Anda merasa tahu perkembangan keinginan pasar. Apapun itu tetap saja riset pasar perlu dilakukan. Saya akan bagikan cara untuk Anda melakukan riset pasar.

Lakukan survey pasar

Tahu kondisi pasar itu penting! Caranya mudah bisa dengan survey melalui angket, kuisioner atau wawancara langsung. Dari kegiatan survei itu Anda bisa tahu minat dan kebutuhan pelanggan atau konsumen saat ini. Tentunya semakin berkembang zaman kebutuhan juga akan ikut berubah.

Amati perkembangan pasar

Riset juga bisa Anda lakukan dengan proses mengamati kondisi pasar. Perkembangan pasar setiap waktunya pasti akan berubah bersama trend yang muncul. Hasil riset pasar ini bisa Anda gunakan untuk bahan pertimbangan sebelum mengeluarkan produk.

Perhatikan tingkat persaingan pasar

Pesaing dalam bisnis pastinya ada. Anda disini harus tahu perkembangan dari pesaingan agar Anda bisa mengimbangi. Setelah bisa mengimbangi Anda harus memikirkan cara supaya lebih unggul dari pesaing. Anda tentunya tidak ingin produk usaha atau bisnis Anda kalah ramai di pasar.

Lakukan uji coba pasar

Anda juga harus menguji produk Anda sendiri sebelum benar- benar dikeluarkan di pasaran. Uji cobanya bisa dengan memberikan sample produk ke warung – warung terdekat. Apa respon pasar yang akan Anda dapat dengan produk buatan Anda itu? Kalau belum sempurna, berarti waktunya Anda memperbaikinya dulu.

Sebaiknya Anda melakukan riset pasar sebelum memutuskan untuk terjun langsung ke pasar. Pastinya Anda bisa tepat sasaran dan hasil yang didapat akan maksimal. Semoga informasi yang diberikan mampu membantu Anda memaasarkan produk bisnis Anda. Selamat mencoba dan salam sukses.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>