4 HAL YANG WAJIB ANDA KETAHUI DARI PELANGGAN

Bisnis pastinya akan selalu berhubungan dengan pelanggan. Apa yang bisa Anda lakukan kalau tidak ada pelanggan? Bisnis Anda bisa – bisa menutup mata alias gagal. Apakah Anda ingin seperti itu? Saya rasa Anda membangun bisnis pastinya ingin mendapat keuntungan.

Berarti Anda harus mencari sebanyak – banyaknya pelanggan. Siapa yang bilang mencari pelanggan itu susah? Penduduk Indonesia saja ada jutaan penduduk, so buat apa Anda menyerah. Anda hanya perlu tahu rahasia dari pelanggan yang wajib Anda ketahui.

Pertanyaan kebutuhan sebagai sebuah solusi

Cara membuat hati pelanggan Anda tertarik dengan produk itu dengan pertanyaan. Apa si pelanggan tidak bosan dengan yang Anda bicarakan? Nah, daripada banyak bicara lebih baik Anda bertanya. Pertanyaannya pastinya untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan pelanggan.

Pelanggan pastinya akan membeli apa yang sedang dibutuhkan. Coba saja posisikan diri Anda sebagai pelanggan. Apakah Anda akan membeli sesuatu yang akhirnya tidak digunakan? Daripada mubazir otomatis si pelanggan tidak akan membeli. Nah, supaya usaha Anda tidak sia – sia lebih baik ditanyakan dulu.

Pertanyaan tentang masalah yang dihadapi

Hidup pasti penuh masalah. Coba saya tanya, apa Anda tidak pernah ada masalah dalam hidup? Bisnis saja selalu ada masalah, pastinya setiap orang juga punya masalah. Anda bisa menanyakan masalah yang dialami ke calon target yang pasti. Kalau masalah yang dihadapi pelanggan semakin banyak, peluang Anda akan semakin banyak juga untuk menggali informasi lain.

Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat produk yang menjawab sesuai masalah yang sering terjadi. Pastinya bukan hanya satu pelanggan saja. Anda harus melihat masalah yang sering terjadi dari kebanyakan pelanggan Anda.

Pertanyaan tentang situasi

Pelanggan pasti akan memikirkan pengeluaran sebelum membeli produk baru. Apalagi kalau target Anda sudah berkeluarga. Pastinya pengeluaran perlu dikeluarkan untuk anak dan kehidupan sehari – hari. Nah, itu yang membuat Anda harus menanyakan ke pelanggan soal tempat tinggal, jumlah anak, hobby, pekerjaan dan siapa yang mengambil keputusan untuk mengeluarkan uang.

Kalau situasi memungkinkan pastinya akan baik untuk proses penjualan produk. So, situasi sang target penjualan perlu dipertimbangkan. Keberhasilan Anda dalam penjualan bisa mencapai 80% jadinya.

Pertanyaan tentang akibat dari masalah tersebut

Setelah Anda menemukan masalah yang sering dialami pelanggan, apa yang Anda rencanakan? Sebelum ada rencana baru, buat pertanyaan Anda semakin tajam lagi supaya lebih memperjelas. Apa yang akan diterima pelanggan kalau masalah yang dihadapi sengaja dibiarkan begitu saja?

Kalau masalah yang dihadapi sangat besar dan tidak bisa diatasi sendiri, itu peluang bagi Anda. Solusi untuk mengatasi masalah itu harus bisa Anda produksi. Sudah pasti pelanggan akan membeli produk Anda walau harganya mahal.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

 

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

  • […] 4 Hal yang Wajib Anda Ketahui dari Pelanggan […]

  • […] Related Article : 4 Hal yang Wajib Anda Ketahui dari Pelanggan […]

  • >