5 STRATEGI MARKETING TRANSPORTASI ONLINE

Siapa sih yang tidak kenal dengan perusahaan berbasis layanan aplikasi ini? Sebuah transportasi online yang sudah menjadi kebutuhan pokok di kota metropolitan dan beberapa kota besar lainya. Benar, ojek online adalah jasa transportasi yang sedang booming sekarang ini.

Walaupun beberapa waktu belakangan, transportasi berbasis online ini menerima tantangan besar berupa pro kontra yang terjadi saat pemerintah setempat mencabut izin operasi layanan. Namun, semua halangan tersebut justru membuat transportasi online semakin sukses bahkan bisa menjadi kebutuhan pokok di kota-kota besar, seperti Jakarta.

Related Article : The Ultimate Marketing Guide 2017

Ada dua hal yang perlu disorot di sini. Pertama, kesalahan perusahaan berbasis angkutan umum yang akhirnya membuat pasar beralih pada jasa transportasi online. Kalau dilihat lebih dalam, maka akar permasalahannya ada pada Strategi Marketing lama yang terus dipertahankan.

Padahal 55% pengusaha gagal disebabkan oleh pebisnis yang ngotot pada Strategi lama yang tidak mendatangkan hasil bagi perusahaan. Hal inilah yang terjadi pada beberapa penyedia jasa layanan angkutan umum atau industri taksi yang tergeser keberadaannya karena transportasi online.

Harus diakui bahwa kita sudah memasuki era ekonomi global seperti saat ini, siapapun bisa masuk dengan berbagai model bisnis yang dijalankan oleh setiap orang. Khususnya bisnis yang berbasis pada internet dan teknologi yang mulai berdatangan. Akhirnya dari kondisi tersebut membuat konsumen semakin terbiasa dengan ide-ide bisnis brilian yang dilakukan oleh beberapa orang dan hal itulah yang mereka tunggu.

Namun, dampak dari keberlangsungan era ekonomi baru ini adalah semua industri harus terus menerus melakukan inovasi dan meninggalkan model bisnis lamanya, sehingga nantinya bisnis bisa bertahan dan terus dinantikan oleh banyak orang.

Hal inilah yang pernah dikatakan oleh Richard Branson, seorang miliarder asal London, “The moment somebody creates something that’s better value for the customer, you just have to accept it.”

Karena hal itu, selalu berinovasilah dan jangan pernah berhenti untuk terus memperbaharui Strategi Marketing Bisnis Anda agar sesuai dengan perkembangan pasar.

Aspek kedua adalah kelebihan yang bisa kita pelajari dari layanan transportasi online seperti Gojek, Grab dan Uber atau bisnis-bisnis online lainya adalah bagaimana model bisnis yang dijalankan bisa diterima masyarakat dan menyesuaikan zaman. Dalam hal ini adalah perusahaan penyedia jasa layanan tersebut, semuanya serba terhubung dengan internet.

Related Article : Alasan Produk Baru Gagal Di Pasar

So, Strategi Marketing apa yang mereka gunakan sehingga bisnis online yang mereka jalankan bisa berhasil? Bagi saya mereka telah menjalankan 5 Strategi jitu dalam menjalankan sebuah bisnis. yakni:

1. Mengutamakan Pelanggan

Pelaku bisnis saat ini telah berhasil menebak kemauan pasar dan mau mengerti bahwa pelanggan tidak hanya terbatas pada pembeli. Dulu, pelaku bisnis hanya

bersikap baik terhadap pembeli dan apabila mereka tidak membeli terkesan acuh dan tidak ramah. Nah, sekarang semuanya telah berubah.

Pelaku bisnis, khususnya transportasi online mengartikan pelanggan adalah seorang rekan, tim bahkan raja. Karena hal itu, pelaku bisnis harus benar-benar fokus pada customer dan masyarakat umum pengguna jasa. Mereka pun harus menyadari bahwa pasar menginginkan mereka menjadi prioritas dan skala kebutuhan perusahaan.

Setidaknya, hal inilah yang dilakukan oleh penyedia jasa transportasi online seperti Gojek, Grab dan Uber dalam melihat kondisi pasar saat ini. Selama ini, mungkin banyak pelanggan menghabiskan waktu untuk menunggu angkutan datang, atau mereka naik angkutan umum dengan pengemudi yang kurang ramah, ugal-ugalan dan customer tidak merasa nyaman sama sekali. Benar, banyak customer dikecewakan.

2. Harga yang Pasti

Apabila Anda melihat kemajuan para pelaku bisnis dunia maya lebih dikarenakan berhasil memberikan informasi secara jelas, pasti dan pelanggan sudah mengetahui harga sejak awal. Sehingga, tidak lagi mereka merasa gelisah dengan harga yang diberikan karena sudah jelas.

Nah, tentu dari hal ini sudah kita ketahui bahwa masyarakat di era digital sudah melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melakukan sebuah transaksi. Sehingga hal utama yang diperlukan adalah kevalidan harga sebuah produk dan tentu tanpa adanya cacat sesuai yang mereka minta.

3. Fokus pada Perbaikan

Keberhasilan transportasi online dalam merebut pasar merupakan hal yang patut kita apresiasi. Walaupun dibeberapa kota, layanan berbasis online tersebut ditentang tetapi transportasi online telah merambat kesemua sektor. Bahkan beberapa perusahan seperti Gojek tidak hanya menyediakan layanan jasa mengantar. Namun, sudah memberikan solusi bagi warga Jakarta dan beberapa kota lainnya.

Bayangkan, sebanyak 10 juta orang telah mengunduh dan menikmati layanan yang mereka berikan. Bisa dikatakan, pengusaha startup yang didirikan oleh Nadiem Makarim ini adalah startup terbesar di Indonesia. Bahkan dalam proses perbaikan tersebut, Gojek telah menyediakan 15 jasa layanan, dari Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Send, Go-Mart, Go-Box, Go-Massage, Go-Clean, Go-Glam, Go-Tix, Go-Busway, Go-Pay, Go-Med, Go-Auto dan yang terbaru adalah Go-Pulsa.

Nah, akibat perbaikan yang dilakukan terus menerus ini. Perusahaan-perusahaan berbasis online telah berhasil meningkatkan daya saing mereka dan meninggalkan pola-pola bisnis konvensional yang usang ditelan zaman.

Related Article : Pentingnya Membangun Sistem Marketing Dalam Bisnis

4. Peka dengan Kebutuhan Pasar

Peka terhadap kebutuhan pasar dan situasi yang berjalan saat ini adalah hal yang sangat diperlukan dalam membangun bisnis. Dalam hal ini, Business Owner mempunyai peran penting dalam menentukan arah perusahaan. Sehingga ia harus membuktikan bahwa mampu membawa perusahaan bergerak ke arah yang lebih signifikan.

Anda pun bisa melihat bisnis aplikasi seperti Gojek, Grab dan Uber adalah bisnis yang telah teruji membuka lapangan kerja, menyerap pekerja baru dan menjadi solusi pintar terhadap kondisi saat ini.

5. Mengejar Kesempurnaan

Ingat, bahwa sebuah perusahaan tidak boleh terlalu kaku terhadap suatu pendekatan bisnis, “sekali merdeka tetap merdeka.” Tidak bisa seperti itu. Karena di era sekarang, pasar terus berubah dan bisnis yang berbasis online sudah sangat gencar untuk berkembang. Nah, apabila kita lamban dalam mengejar kesempurnaan, maka kita akan tertinggal.

Pembaharuan dan penyempurnaan sebuah bisnis harus dilakukan setiap waktu, sehingga Anda bisa menciptakan sebuah trend dan pola baru dalam konsumsi masyarakat. Transportasi online bisa dikatakan sukses memperkenalkan model bisnis baru dengan mengkombinasikan teknologi dan model bisnis yang inovatif.

Bagi pelanggan yang menggunakan layanan transportasi berbasis aplikasi online, berarti telah mempertimbangkan kemudahan dibanding menggunakan angkutan umum atau ojek pangkalan yang terkadang membuat pelanggan menunggu bahkan kecewa dengan pelayanan.

Sedangkan untuk beberapa industri, memasuki era global dengan teknologi yang semakin canggih serta layanan internet yang begitu mudah, maka harus bisa mengubah pola pikir dan Strategi Marketing lama yang mereka jalankan. Hal tersebut menjadi pilihan yang tepat dibandingkan dengan bertahan dengan pola atau cara-cara yang lama.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>