Bagaimana Bisnis Online bisa jadi Peluang Wirausaha

Proses pendidikan di Indonesia kini sudah lumayan baik. Hal ini terlihat dari banyak upaya dari masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Keinginan ini pun dijawab pemerintah dengan adanya berbagai beasiswa guna meringankan beban biaya kuliah. Biaya ini diberikan sampai dengan mereka lulus sarjana.

Namun pendidikan yang tinggi ini terjadi belum tentu menjadi gerbang kesuksesan bagi tiap orang. Pasalnya untuk mencari pekerjaan di zaman sekarang ini sangatlah sulit. Akhirnya banyak dari mereka yang malah menjadi pengangguran. Dalam setahun saja sebuah Perguruan Tinggi dapat melakukan wisuda sampai dengan 4 kali dengan total wisudawan per periode 2000 lebih. Angka yang fantastis bukan, hal ini tentu membahagiakan karena pendidikan telah selesai lalu bagaimana nasib mereka ke depan?

Sampai dengan saat ini nyatanya pemerintah belum menyediakan lapangan pekerjaan yang mampu menyerap seluruh sarjana. Persoalan pengangguran ini pun lahir bukan tanpa solusi. Hanya ketidak telitian merekalah penyebabnya. Sebenarnya banyak peluang wirausaha bagi seluruh sarjana. Mereka hanya terlalu terbelenggu dengan status pekerja yang terlalu banyak diagung-agungkan orang. Anda bisa menjadi bos kenapa harus masih mengejar-ngejar status karyawan?

Anda bisa menjadi bos di kerajaan bisnis sendiri. Kebanyakan orang pasti enggan memasuki dunia bisnis karena takut rugi. Kalau tidak mau rugi berusahalah dengan keras dan berdoa bukan hanya takut dan takut tanpa upaya. Daripada Anda terus membuang waktu untuk melamar kerja dan hanya bersantai di rumah malah menjadi beban orang tua lebih baik mulailah langkah awal berbisnis.

Bisnispun kini ikut berkembang sejalan dengan teknologi yang semakin canggih. Kini bukan hanya bisnis offline, bisnis online sudah meraja lela dimana-mana. Bisnis offline contohnya toko baju, rumah makan, supermarket. Bisnis seperti itu membutuhkan tempat dan modal yang tinggi. Pemasarannya pun terbatas karena biasanya akan hanya dikunjungi oleh masyarakat sekitar situ.

Berbeda dengan bisnis online, bisnis ini menawarkan berbagai kemudahan untuk ditekuni. Status sebagai sarjana pun akan mendukung bisnis online. Sebagai sarjana Anda pasti sangat kenal dengan laptop dan internet. Kedua hal itulah yang hanya dibutuhkan dalam bisnis online. Anda tidak memerlukan tempat pertemuan dengan pelanggan cukup menggunakan internet, rupiah sudah bisa dikantongi.

Ditambah lagi dengan Anda belajar ilmu internet marketing. Peluang wirausaha sukses pun semakin terbuka lebar. Tak perlu khawatir soal modal, bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal. Anda bisa memulai bisnis online dengan menjadi reseller atau dropshipper. Artinya Anda menjual kembali produk orang yang dibeli. Keuntungan pun Anda sendiri yang menentukan.

Berusahalah untuk tidak hanya mengharapkan pekerjaan offline saja dengan ijazah yang sudah dipegang. Manfaatkan waktu luang Anda sekarang juga. Mulailah berbisnis dari kecil-kecilan setelah Anda menikmati dengan sendirinya jiwa wirausaha akan bergerak sendiri. Jangan sampai Anda menyesal karena sudah banyak yang merasakannya.

Mereka yang keras kepala tidak memanfaatkan waktu dengan baik kini hanya bisa menyesal dan menjadi pekerja yang tidak sesuai dengan ijazah mereka dahulu. Rata-rata mereka bekerja sebagai petani, tambal ban, dan lainnya. Apakah Anda ingin seperti mereka? Pikirkanlah baik-baik jangan hanya mengandalkan gengsi semata.

Tak usah menunggu pemerintah turun tangan, itu hanya akan mempersulit hidup Anda. Mulailah berpikir kreatif dengan keberanian yang kuat untuk melangkah ke dunia bisnis. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan internet untuk menjadi penghasilan. Contoh bisnis tanpa modal yang bisa Anda jalankan adalah blog produk dan blog adsense. Anda bisa memasarkan produk milik orang lain atau produk sendiri.

Dunia online benar-benar memiliki jangkauan yang luas. Setiap orang di dunia ini berpeluang menjadi pelanggan Anda. Pilihlah menjual produk yang memang dibutuhkan atau yang tengah trend di dalam masyarakat. Peluang wirausaha sangatlah terbuka lebar bagi mereka yang ingin berusaha. Anda pun harus membuat para pelanggan tertarik dengan blog. Mulailah dengan menampilkan blog yang unik, menjual produk yang dibutuhkan, serta memberikan kemudahan dalam bertransaksi.

Bagaimana sudah tergugah memasuki dunia bisnis online? Mulailah sekarang juga! Karena semakin Anda mengulur waktu bisa jadi ada orang yang memiliki ide yang sama kemudian langsung memulainya. Anda pun bisa menyesal. Karena dunia online juga akan semakin sesak dengan para pesaing yang juga tidak kalah kreatif. Semangat dan selamat berjuang.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>