Berbagai Hal Menarik Di Balik Pekerjaan Sales

Masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah sales. Banyak orang menutup rapat pintu rumahnya untuk salesman. Masyarakat awam berpikir bahwa salesman hanya melakukan penipuan terhadap produk yang ditawarkan. Anggapan itu sebenarnya salah besar, karena tujuan salesman adalah melakukan penjualan, bukan penipuan. Hal ini menyebabkan banyak orang yang menghindari pekerjaan sales.

Related Article : Kesalahan Pengertian Sales yang Sering Terjadi

Sebenarnya sales merupakan bagian terpenting dari suatu usaha. Sales merupakan ujung tombak keberhasilan usaha. Setiap usaha pasti membutuhkan salesman untuk menjual produknya. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya lowongan kerja sales yang sering ditawarkan dibandingkan lowongan pekerjaan lainnya. Jika mereka mengerti benar tentang peranan sales dalam perusahaan, pasti akan dapat meminimalkan penolakan terhadap pekerjaan ini.

Pekerjaan sales sebenarnya menyenangkan, tergantung cara menyikapinya. Anda harus bisa mengubah cara pandang yang menganggap pekerjaan ini negatif karena sering melakukan penipuan, menjadi anggapan yang positif bahwa pekerjaan ini adalah menjual produk. Selain menjual produk, pekerjaan ini juga dapat melatih mental Anda. Pekerjaan ini akan mampu membentuk mental yang kuat bagi mereka yang tidak mudah berputus asa.

Related Article : Fungsi Sales Promotion untuk Meningkatkan Penjualan

Ada beberapa hal yang menarik diperoleh dari pekerjaan ini, yang mungkin tidak pernah terpikirkan karena Anda belum mencobanya. Pertama, pekerjaan ini akan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi pelakunya. Ilmu tersebut terdiri dari ilmu tentang produk, cara melakukan negosiasi, mengontrol emosi, mengatur waktu, dan cara memotivasi diri sendiri dan orang lain. Ilmu terakhir yang disebutkan tadi sangat penting untuk dimiliki, karena motivasi diri sendiri dan orang lain penting dilakukan pada saat penjualan, untuk memperoleh kepercayaan konsumen.

Hal menarik kedua adalah lowongan tentang pekerjaan ini tidak pernah habis. Seperti yang telah disebutkan di awal tadi, hal ini disebabkan karena setiap usaha akan membutuhkan tenaga penjualan. Jika Anda sudah masuk dan memahami dunia penjualan, maka akan terbuka lebar lapangan pekerjaan untuk Anda.

Jika Anda memilih pekerjaan ini, Anda akan menghadapi berbagai tantangan. Hal inilah yang akan membuat pekerjaan sales menjadi terlihat menarik. Tantangan dapat berupa penolakan dari konsumen. Selain itu tantangan juga akan dihadapi saat pencapaian target. Adanya tantangan inilah yang akan memperkuat mental, sehingga Anda akan tertarik untuk menguasai pekerjaan ini dan melewati tantangan yang ada.

Related Article : Bagian Terpenting Tentang Sales Adalah Ini

Hal menarik lainnya adalah Anda harus pandai mencari peluang agar dapat menutup target penjualan. Hal ini akan melatih kerja otak, sehingga otak akan menjadi lebih cerdas dalam berpikir. Pandai mencari peluang juga dapat diterapkan untuk memperoleh pelanggan. Jika Anda pandai dalam memperoleh pelanggan, maka akan mampu menambah jaringan pertemanan.

Luasnya jaringan pertemanan akan membuat Anda lebih mudah dalam menawarkan produk. Tidak semua profesi bisa bertemu orang-orang dengan kedudukan tinggi, namun pada pekerjaan inilah Anda dapat melakukan hal tersebut. Luasnya jaringan pertemanan juga akan menambah kontak, sehingga diharapkan dapat membantu Anda untuk meningkatkan karir. Alasan ini juga yang membuat pekerjaan terlihat menarik.

Related Article : Membuka Lowongan Sales untuk Perkembangan Bisnis

Prospek karir ke depan akan tampak cerah jika Anda serius menekuni pekerjaan ini. Kepribadian Anda akan berkembang, karena Anda akan sering berhadapan dengan orang. Hal ini akan menumbuhkan rasa percaya diri Anda. Sehingga Anda terbentuk menjadi pribadi yang kuat dan tangguh. Sering berinteraksi dengan orang akan membuat pikiran Anda terbuka luas, sehingga tidak mudah mengalami kejenuhan.

Intinya dunia sales tidak perlu lagi ditakuti. Seseorang bisa memahami suatu bisnis berawal dari sales. Hal ini disebabkan melalui sales, Anda dapat paham mengenai kebutuhan konsumen. Sehingga dapat mengetahui strategi yang tepat untuk memperoleh pelanggan, yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap penjualan. Melihat pentingnya posisi ini, pekerjaan sales pun bukan lagi menjadi pekerjaan yang harus dihindari seseorang.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>