Cara Kreatif Meningkatkan Profit Perusahaan

Pertumbuhan dari bisnis merupakan tujuan utama untuk sebagian besar pemilik bisnis dan pengusaha. Tantangan ekonomi pada saat ini banyak menawarkan peluang yang unik untuk memperluas bisnis mereka yang telah memiliki kemampuan khusus. Mengembangkan bisnis dan meningkatkan profit adalah suatu tantangan yang berkelanjutan, apabila Anda telah menggunakan cara perkembangan bisnis yang sama selama beberapa waktu, padahal masih banyak cara untuk memperluas bisnis Anda pada era pertumbuhan ekonomi sekarang ini. Berikut beberapa ide yang dapat dilakukan antara lain :

1. Merencanakan strategi perluasan bisnis

Perencanaan merupakan salah satu kunci untuk memulai perluasan bisnis dan meningkatkan profit usaha Anda. Pikirkan setiap mode perluasan dan sesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan. Mulai membuat daftar perencanaan serta lakukanlah sedikit riset pasar untuk mempelajari kesempatan dan juga masalah yang dihadapi untuk perluasan bisnis.

2. Menambahkan produk dan layanan baru

Strategi ini terdengar relatif lebih sederhana, tetapi untuk melaksanakan strategi ini secara serius bukanlah hal yang mudah. Anda perlu mencari tahu produk mana dan layanan yang pelanggan inginkan serta berapa banyak dari mereka yang bersedia untuk membayar produk Anda. Setelah itu, menentukan mampu atau tidak menjual produk dan layanan sampai dapat menghasilkan keuntungan. Cara terbaik dalam melakukannya yaitu dengan melakukan riset pasar secara menyeluruh sebelum melakukan pencarian sumber daya untuk produk baru dan perluasan layanan.

3. Membentangkan pasar ke wilayah baru

Inti dari strategi kali ini adalah untuk memasarkan dan juga menjual produk atau jasa pada pelanggan baru. Para pelanggan baru bisa berasal dari segmen yang berbeda atau lokasi yang berbeda juga dari tempat Anda beroperasi. Apabila jenis bisnis yang Anda lakukan adalah ritel atau toko, maka jenis ekspansi kemungkinan dapat berupa pembukaan lokasi baru di daerah yang berbeda baik di kota ataupun di provinsi yang berbeda.

Itulah beberapa cara kreatif dalam meningkatkan profit perusahaan Anda. Membuka cabang yang ke 2 jauh lebih murah daripada memulai bisnis baru Anda dari nol. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan baru. Perluasan bisnis secara geografis sering memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan dari skala ekonomi yang sebelumnya tidak bisa didapatkan. Hal itu juga dapat memberikan peningkatan pada keuntungan tambahan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin memperluas bisnis dan keuntungan pada bisnis yang dijalankan.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>