cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja

Cara Memotivasi Karyawan Untuk Meningkatkan Kinerja

Cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja sebenarnya sangat banyak. Hanya saja, karena kesibukan memikirkan strategi pengembangan bisnis yang ujungnya pada kenaikan omset, hal seperti ini terkadang dilupakan oleh para owner perusahaan. Padahal, tanpa disadari, motivasi karyawan merupakan hal vital yang tidak boleh dilupakan.

Sebab, pada saat karyawan tidak termotivasi untuk bekerja secara maksimal, cepat atau lambat akan langsung berpengaruh pada kemajuan bisnis.
Oleh karena itu, bagi Anda pemilik suatu usaha dengan banyak karyawan, ikuti cara-cara berikut ini agar motivasi karyawan Anda menjadi lebih meningkat yang pada akhirnya berimbas pada kinerja mereka secara maksimal.

Mendengarkan dan Menghargai Ide-Ide Karyawan

Pemimpin yang berwibawa bukanlah pemimpin yang dengan selalu tegas dalam menerapkan aturan perusahaan. Seorang pemimpin akan mempunyai wibawa saat ia mampu mendengarkan dan menghargai setiap ide yang dimiliki karyawannya.
Mendengarkan ide karyawan tidak hanya berdampak pada performa seorang pemimpin, namun juga dapat meningkatkan kinerja dari karyawan itu sendiri. Karyawan akan merasa dihargai dan dianggap berarti dalam perusahaan tersebut.
Tumbuhnya perasaan diperlukan oleh perusahaan inilah yang akan mendorongnya untuk bekerja lebih aktif untuk kemajuan perusahaan.

Memelihara Hubungan Sosial yang Baik

Pemimpin yang hanya mendengarkan laporan dari balik meja tidak akan bisa menyentuh hati karyawannya. Tidak akan ada ikatan batin antara pemimpin dan karyawan. Akibatnya bisa ditebak.
Karyawan bekerja hanya sebatas mencari uang, tanpa rasa memiliki karena tidak menggunakan hati. Berbeda halnya jika pemimpin mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan karyawannya secara langsung. Sikap peduli yang Anda tunjukkan kepada karyawan justru akan membuat Anda disegani karyawan Anda sendiri.

Ikut Membantu Merencanakan Karier Karyawan

Setiap karyawan pastinya ingin jenjang kariernya meningkat. Sebab, selain untuk eksistensi diri, karier yang terus meningkat sangat berhubungan erat dengan bertambahnya finansial. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus memahami hal ini.
Sebab, menurut PakarKinerja.com, membantu karyawan dalam meningkatkan karier akan berpengaruh terhadap semangat kerja mereka. Oleh karena itu, bantulah mereka untuk mendapatkan karier impiannya tersebut, namun tentu saja disesuaikan dengan keterampilan mereka.
Beri penilaian objektif pada kinerja karyawan tersebut, beri penghargaan, dan tawarkan jenjang karier di atasnya. Bahkan, tidak hanya meningkatkan kinerja, peningkatan karier juga menghindari karyawan merasa bosan dengan jabatannya saat ini, yang berimbas pada penurunan kinerja.

Sering Muncul saat Karyawan Bekerja

Hadirnya Anda sebagai pimpinan tertinggi perusahaan, pastinya akan memberikan semangat tersendiri di hati karyawan. Secara psikologi pun, seorang karyawan tidak mungkin akan malas-malasan jika seorang pimpinan ada di dekatnya.
Bahkan, akan lebih baik lagi jika Anda juga membantu karyawan saat mereka mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Uluran tangan Anda akan membuat kharisma Anda semakin meningkat. Tidak hanya itu, para karyawan pun semakin semangat untuk menjalankan tugas mereka masing-masing.

Memberikan Apresiasi Berupa Bonus, Insentif, Maupun Kenaikan Jabatan

Memberikan penghargaan kepada karyawan atas peningkatan kerja sekecil apa pun juga bisa menjadi pelecut semangat kerja karyawan. Penghargaan ini bisa berupa bonus tahunan, insentif bulanan, maupun kenaikan jabatan jika memang kinerjanya sangat bagus.
Namun begitu, pemberian apresiasi ini jangan sampai menimbulkan rasa iri pada karyawan yang lain. Dengan kata lain, sebagai pemimpin, Anda harus melakukan pengamatan dan penilaian yang adil pada semua karyawan.
Pemberian bonus harus benar-benar disesuaikan kinerja masing-masing karyawan. Dengan begitu, setiap karyawan secara otomatis akan memperbaiki kinerjanya sendiri.

Membangun Kepercayaan antara Anda dan Karyawan

Dalam hal apa pun, kepercayaan merupakan modal utama yang harus dipegang, termasuk hubungan antara pemimpin dan karyawan. Tanpa adanya kepercayaan, masing-masing pihak akan saling mencurigai. Pimpinan curiga karyawannya tidak bekerja secara maksimal, bahkan melakukan kecurangan-kecurangan.
Sebaliknya, karyawan juga tidak percaya bahwa sang pimpinan benar-benar menilai kinerja mereka dengan baik. Terlebih jika pemberian apresiasi tidak dilakukan secara terbuka, bisa menjadi sumber salah paham. Akan banyak karyawan yang justru menjadi apatis karena menganggap pimpinan mereka pilih kasih; hanya orang-orang tertentu saja yang akan menerima insentif.
Cara terbaik untuk membangun rasa saling percaya ini adalah dengan mendengarkan; pimpinan mau mendengarkan keluhan karyawan, begitu juga sebaliknya karyawan mendengarkan nasihat pimpinan.

Membuat Suasana Perusahaan yang Nyaman dan Menyenangkan

Suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan pastinya akan membuat setiap penghuni perusahaan tersebut merasa betah tinggal di dalamnya. Bahkan, bisa jadi perusahaan akan menjadi “keluarga” kedua selain di rumah. Rasa keterikatan dan saling memiliki membuat setiap karyawan ingin memberikan kinerja yang maksimal.
Mereka bahu-membahu ingin memajukan perusahaan dengan satu visi dan misi. Oleh karena itu, sebagai seorang pemimpin, Anda harus bisa menciptakan suasana seperti ini, sekaligus menjaganya agar tidak terpengaruh meskipun banyak karyawan baru yang masuk.
Salah satu cara agar suasana perusahaan selalu positif dan menyenangkan adalah memberi rasa nyaman pada diri karyawan. Selalu tanamkan di benak setiap karyawan bahwa segala sesuatu itu pasti ada jalan keluarnya.
Anda bisa memancing mereka untuk menemukan jalan keluar tersebut, bahkan bisa juga langsung memberikan solusi praktis hingga mereka tidak merasa terbebani dengan pekerjaan mereka.
Itulah beberapa cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja. Ingat, meningkatkan omset tidak hanya bisa diperoleh dengan selalu fokus pada strategi market.
Meningkatkan motivasi karyawan untuk terus meningkatkan kinerjanya juga sangat berperan penting dalam penambahan omset. Oleh karena tiu, cobalah untuk mempraktikkan semua cara di atas di lingkungan kerja Anda. Selamat mencoba!
Sumber:

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>