CARA MEMULAI BISNIS HANYA BERMODALKAN JARINGAN

Input sebuah kegiatan usaha yang paling penting ialah minat. Faktor dana modal dan pengetahuan bisa dicari setelah ada kemauan kuat dari dalam diri seseorang. Perencanaan matang memang diperlukan untuk memulai bisnis agar menghasilkan keuntungan. Keterbatasan dana dan ilmu bukan penghalang bagi Anda yang mau bekerja keras. Kemodernan jaman mempermudah segalanya, jaringan internet kini sudah banyak yang digratiskan.

Related Article : Pentingnya Mengatur Manajemen Bisnis dengan Baik

Temukan lokasi yang menyediakan fasilitas wifi agar biaya pulsa internet tidak membebani. Maksimalkan keberadaan Anda disana, sebelumnya siapkan apa saja yang dibutuhkan untuk menyusun langkah dimulainya bisnis. Catat poin-poin penting di selembar kertas agar tidak lupa. Gunakan kesempatan itu dengan baik untuk merintis usaha, dengan memposisikan diri Anda secara tepat.

1. Pemasar

Hanya bermodalkan jaringan, maka tidak ada pilihan lain kecuali membuka usaha dibidang online. Jangan remehkan kemampuan dunia maya untuk kemajuan bisnis. Hal ini terbukti dengan banyaknya pebisnis yang sukses melalui bisnis dengan sistem tersebut. Jadilah jembatan yang menghubungkan antara penjual dan pembeli. Komisi dari penjual itulah yang menjadi perolehan keuntungan Anda.

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah menjadi agen dari berbagai produk. Tentukan produk apa saja yang akan di pasarkan, selanjutnya hubungi produsen untuk bekerjasama. Sebaiknya fokus pada satu bidang saja untuk memudahkan penyusunan konsep iklan. Setelah tercapai kesepakatan terkait bagi hasil, maka mulailah berpromosi.

Tuangkan pikiran kreatif Anda di sebuah poster yang nantinya akan disebarkan melalui media sosial. Tampilkan produk yang Anda jual dengan gambar paling menarik. Sertakan harga dan nomor ponsel agar pelanggan bisa menghubungi ketika berminat membelinya. Atur intensitas mengunggah iklan, jangn terlalu sering supaya tidak membosankan. Triknya yaitu selalu perbarui informasi dan tampilan poster agar pelanggan penasaran dan membacanya.

Related Article : Langkah Membangun Bisnis yang Harus Anda Lewati

2. Pemilik

Masih membahas mengenai hal yang sama, yakni memulai bisnis dengan modal utama jaringan. Cara kedua ini lebih spesifik, bukalah toko online. Perbedaan dengan cara pertama ialah peran Anda bukan sebagai pemasar, melainkan pemilik dan pengelola toko. Toko tersebut merupakan wadah berkumpulnya produsen. Langkah yang harus dilakukan ialah bagaimana caranya agar banyak pelanggan yang mengunjungi toko Anda.

Tampilan website wajib diusung dengan konsep yang brilian, mengingat banyaknya toko online yang telah hadir sebelum Anda. Nama web juga harus mudah diingat dan unik, semua strategi ini tak lain untuk menyedot perhatian banyak pasang mata. Media sosial tetap tempat terbaik untuk promosi, tidak perlu dengan poster tetapi cukup menggunakan satu kalimat padat. Jenis kalimat iklan itu ialah persuasif yang initinya mengarahkan pelanggan untuk berkunjung ke web toko tersebut.

Online shopping

Jumlah pelanggan yang mengunjungi web ialah prestasi pertama dalam memulai bisnis online. Jangan puas sampai tahapan tersebut karena ini baru permulaan. Percuma jika mereka hanya sekedar melihat produk yang ditawarkan untuk perbendingan harga. Pembeli tentu tidak mau dirugikan dan pasti akan memilih harga yang paling rendah dengan produk kualitas sama. Jawabannya sudah jelas, yakni permainan faktor harga mempengaruhi minat pembeli.

Meski bisnis ini tidak mengharuskan Anda bertatap muka secara langsung dengan pelanggan, tetap utamakan kualitas prima. Sediakan chat atau alamat email agar dapat dilakukan tanya jawab antara Anda dengan calon pembeli. Respon dengan cepat dan berikan jawaban terbaik kepada mereka. Kesan positif bisa berpengaruh terhadap psikologis seseorang. Kepuasan terjawabnya semua pertanyaan dengan cepat dan tepat, berimbas baik pada usaha Anda. Tanpa berpikir panjang lagi, pelanggan akan memutuskan membeli produk yang diinginkan.

Related Article : Rahasia Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Sebagai apa pun Anda, baik pemasar atau pemilik sama saja. Semua mempunyai konsekuensi yang berbeda tetapi intinya ialah segera memulai bisnis dengan kemantapan hati. Pilihlah peran sebagai pemasar ketika bisnis online Anda jadikan sebagai sumber penghasilan tambahan. Sebab, tidak begitu menyita waktu dibanding saat memilih jalur toko online.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>