CARA MENCIPTAKAN STRATEGI MARKETING PALING JITU

Akhir-akhir ini banyak bermunculan perusahaan yang bersaing ketat dalam bidang pemasaran. Marketing atau pemasaran ini dilakukan untuk menciptakan kepuasan konsumen. Perlu dirancang strategi marketing, untuk tercapainya keberhasilan pemasaran.

Penyusunan strategi marketing sebaiknya didasarkan pada empat faktor, yaitu produk, harga, saluran distribusi, dan promosi. Strategi harus dirancang sebaik mungkin, agar dapat meminimalkan terjadinya kerugian. Perancangan strategi harus difokuskan kepada konsumen, artinya produk yang dihasilkan ditujukan untuk mencapai kepuasan konsumen.

Related Article : Pentingnya Strategi Marketing Mix dalam Pemasaran

Strategi yang pertama terletak pada produk yang merupakan objek pemasaran. Produk dapat berupa barang maupun jasa. Perusahaan menghasilkan produk untuk melakukan penawaran di pasar. Produk harus disesuaikan dengan permintaan konsumen. Adanya produk tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Saat menyusun strategi produk ini, Anda dapat melakukan observasi langsung di pasar. Cari tahu produk apa yang sedang menjadi minat konsumen. Rancang pembuatan produk sedemikian rupa. Usahakan produk yang dihasilkan kualitas yang lebih baik daripada produk yang sudah ada di pasaran.

pricing

Strategi yang kedua terletak pada harga. Lakukan analisis harga pada sebuah produk. Harga merupakan banyaknya uang yang harus dikeluarkan konsumen untuk memperoleh produk yang diinginkan. Penentuan harga dapat dilakukan dengan memperhatikan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk menghasilkan produk. Semakin besar biaya yang dikeluarkan, maka semakin tinggi pula harga produk.

Penentuan harga sebaiknya dilakukan dengan cerdas. Jangan memberikan harga yang terlalu mahal dari harga pasarannya. Hal ini akan membuat konsumen enggan membelinya. Harga juga jangan terlalu rendah. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerugian perusahaan.

Related Article : Pentingnya Melakukan Survey Bisnis

jasa-pengiriman-barang

Strategi marketing yang ketiga terletak pada saluran distribusinya. Distribusi merupakan proses penyaluran barang dari produsen ke tangan konsumen. Saluran distribusi harus diatur sebaik mungkin. Proses distribusi sebaiknya membantu konsumen dalam memperoleh barang. Oleh karena itu penyediaan saluran distribusi harus berada di tempat yang mudah diakses oleh konsumen. Saluran distribusi ini dapat berupa konter-konter atau tempat konsumen dapat membeli produk. Bagi penyaluran barang melalui sistem pengiriman, harus diatur dengan baik. Harus direncanakan sarana untuk mengirim dan juga waktu pengiriman. Jangan sampai terjadi kecacatan atau keterlambatan barang pada saat sampai ke tangan konsumen.

Keempat, perhatikan juga strategi promosi. Kegiatan promosi biasanya digunakan sebagai kegiatan prioritas dalam pemasaran. Melalui kegiatan ini, masyarakat dapat mengenal produk. Tujuan dari promosi sendiri adalah untuk mengenalkan produk kepada masyarakat dan menarik perhatian konsumen.

Related Article : Mengenal Strategi Marketing Mix

Promosi dibedakan menjadi empat macam, program periklanan, promosi penjualan, promosi perorangan, dan hubungan masyarakat. Program periklanan dijalankan untuk menarik perhatian konsumen agar mau membeli produk yang diiklankan. Periklanan dapat melalui media cetak maupun media elektronik, atau melalui internet yang saat ini sering digunakan.

Kepuasan Pelanggan1

Promosi penjualan dapat berupa pemberian bonus. Promosi jenis ini bersifat sementara, karena jika dilakukan dalam waktu lama akan memungkinkan terjadinya kerugian perusahaan. Contoh promosi dapat berupa pemberian diskon, voucher, doorprize, dan lain sebagainya.

Strategi promosi perorangan dilakukan dengan cara mendatangi konsumen. Bertatap muka langsung dengan satu atau lebih konsumen. Promosi dilakukan dengan menjelaskan secara detail mengenai manfaat produk. Staf bagian ini harus komunikatif, agar dapat menarik perhatian konsumen.

Related Article : Fungsi Sales Promotion untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi promosi yang keempat adalah meningkatkan hubungan dengan masyarakat. Promosi semacam ini dilakukan untuk menanamkan image yang baik tentang perusahaan di mata konsumen. Promosi juga bisa dilakukan dengan memberikan keunikan tersendiri terhadap produk, yang tidak sama karakteristiknya dengan produk perusahaan lain.

Keempat faktor yang telah dijelaskan di atas merupakan faktor penting dalam pemasaran. Penyusunan strategi marketing harus memperhatikan keempat faktor tersebut, agar diperoleh hasil yang lebih baik. Strategi yang baik akan memberikan dampak yang baik bagi kelangsungan perusahaan.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>