CARA MENEMUKAN KARYAWAN TERBAIK SAAT WAWANCARA

Sebagai pemilik perusahaan Anda tentu ingin memberikan pelayanan yang terbaik pada orang-orang yang berhubungan dengan perusahaan Anda. Karena itulah Anda perlu menemukan karyawan terbaik dan bertanggung jawab penuh terhadap tugas dan kewajiban mereka masing-masing.

Untuk menemukan karyawan terbaik, Anda harus memberikan tes wawancara kerja kepada calon karyawan tersebut. Selain itu, pastinya Anda memiliki beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan. Tujuan diberikannya tes wawancara kerja adalah agar Anda bisa mengetahui kemampuan, kecocokan, dan potensi yang dimiliki calon karyawan dalam waktu yang sebentar.

Terdapat 8 pernyataan yang bisa membantu Anda untuk menemukan karyawan terbaik. Pertanyaan-pertanyaan tersebut menjelaskan secara lengkap mengenai pengalaman para calon karyawan dan bagaimana cara mereka menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1 . Ceritakan pencapaian tertinggi Anda di perusahaan.

Tujuan: Anda akan mengetahui bagaimana peran calon karyawan di perusahaan lama sekaligus menjelaskan apa arti pencapaian menurut calon karyawan tersebut.

2. Gambarkan lingkungan kerja yang Anda suka.

Tujuan: Anda akan mengetahui apakah calon karyawan cocok bekerja di perusahaan Anda atau tidak dan apakah calon karyawan tersebut cocok dengan budaya yang diterapkan di perusahaan Anda.

3. Perlakuan dan interaksi seperti apa yang Anda harapkan dari atasan Anda?

Tujuan: Anda akan mengetahui apakah calon karyawan yang Anda wawancarai sangat mendiri atau tidak mandiri sama sekali.

4. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah dan strategi apa yang Anda gunakan?

Tujuan: Anda akan mengetahui bagaimana perfoma calon karyawan di perusahaan lama dan gaya pemecahan masalah yang diterapkan oleh calon karyawan tersebut.

5. Apa yang membuat Anda tertarik melamar bekerja disini? Apa juga yang membuat Anda melamar posisi ini?

Tujuan: Anda akan mengetahui motivasi calon karyawan melamar pekerjaan tersebut dan seberapa penting pekerjaan tersebut bagi dirinya.

6. Mengapa Anda ingin mengundurkan diri dari kantor Anda sekarang? (Jika calon karyawan masih bekerja)

Tujuan: Anda akan mengetahui apa yang sebenarnya calon karyawan butuhkan dari perusahaan Anda dan alasan utama dirinya mencari pekerjaan baru.

7. Apa tiga kemampuan yang paling menonjol yang bermanfaat bagi perusahaan jika Anda diterima?

Tujuan: Anda akan mengetahui bagaimana calon karyawan mengenali kemampuan dirinya dan bagaimana cara calon karyawan menilai posisi pekerjaan yang dilamar.

8. Apa tiga hal yang Anda lakukan jika Anda diterima?

Tujuan: Anda akan mengetahui sejauh mana calon karyawan memahami posisi pekerjaan yang dilamar.

Itulah 8 pertanyaan yang dapat membantu Anda menemukan karyawan terbaik. Dengan memiliki karyawan terbaik, perusahaan Anda juga akan menjadi sebuah perusahaan yang bisa memberikan pelayanan terbaik bagi orang-orang yang berhubungan dengan perusahaan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>