.st0{fill:#FFFFFF;}

Cara Mengembangkan Channel Youtube Dengan Memahami Youtube Marketing 

 September 10, 2021

By  Coach Tom

Youtube marketing seringkali diabaikan oleh para marketer media sosial. Sebagian orang berpikir bahwa Youtube dianggap sebagai jaringan media sosial. Sementara yang lainnya menganggapnya lebih sebagai platform video online. Padahal Youtube marketing adalah salah satu cara mengembangkan channel Youtube sekaligus sebagai media promosi paling ideal.

Anda harus tahu bahwa peluang pemasaran yang tak terhitung jumlahnya justru ada di Youtube. Terhitung ada 2 miliar pengguna bulanan di Youtube yang ada di seluruh dunia. Tentu saja dengan Youtube marketing bisa menjadi cara mengembangkan channel Youtube secara optimal.

Pilihan Tool Youtube Marketing Untuk Optimalkan Channel Youtube

Sebenarnya Anda tak perlu repot memaksimalkan penggunaan Youtube Marketing, karena ada beberapa tool Youtube marketing yang dapat Anda manfaatkan, baik yang gratis maupun yang berbayar. Ini dia cara mengembangkan channel Youtube dengan media pemasaran Youtube :

1. Filmora

Source : https://filmora.wondershare.com/

Filmora adalah tool video editing dan software pembuat video canggih yang didesain untuk membuat video luar biasa. Dengan sistem UI yang luar biasa dan tutorial yang mudah dipelajari untuk membantu Anda membuat video menarik, pastinya filmora sangat ideal sebagai tools untuk membuat konten Youtube dalam waktu singkat.

Filmora juga telah dilengkapi oleh beberapa fitur seperti pembuatan animasi secara khusus, fitur motion tracking, mengimport teks, teknologi green screen dan banyak fitur canggih lainnya. Tentu saja aplikasi ini sangat efektif untuk membantu aktivitas Youtube marketing sebagai cara mengembangkan channel Youtube Anda.

2. VidiQ

Source : https://vidiq.com/

VidiQ adalah tools yang dapat digunakan dalam cara mengembangkan channel Youtube, yang memungkinkan pengguna dapat mengontrol channel Youtube. VidiQ sangat ideal bagi siapa saja yang ingin meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja channel Youtube. Aplikasi ini menyediakan sistem statistik terkini untuk tampilan dan retensi channel serta penemuan keyword yang menunjukkan tren, kata kunci teratas, pencarian terkait dan alat yang menampilkan video teratas berdasarkan kata kunci. Sehingga aplikasi ini sangat pas untuk membantu cara mengembangkan channel Youtube Anda.

3. Tube Buddy

Source : https://www.tubebuddy.com/

Tools untuk Youtube marketing sebagai aplikasi seluler yang membantu mengelola konten video Youtube dengan keseluruhan. Fitur menarik lainnya ialah Tube Buddy merupakan alat otomatisasi pemasaran yang mempercepat proses kerja Anda saat mengelola video sekaligus sebagai cara mengembangkan channel Youtube. Anda bisa menemukan video yang paling banyak dilihat secara langsung, atau dengan mudah mengidentifikasi video apa yang harus dipromosikan di media sosial.

Tube Buddy sebagai tools Youtube marketing juga menawarkan fitur SEO untuk mengoptimalkan kata kunci, judul, tag dan lainnya. Anda dapat melihat daftar lengkap fitur SEO di aplikasi ini.

4. Tubics

Source : https://www.tubics.com/

Cara mengembangkan channel Youtube yang bisa Anda lakukan bisa dengan memanfaatkan Tubics. Tubics ini dapat membantu Anda menemukan, mengembangkan dan memasarkan video Youtube dengan membuat SEO Youtube yang lebih gampang dipahami. Tools ini berisi seperangkat alat SEO Youtube, yang memungkinkan Anda melihat tag paling populer, saran keyword tak terbatas dan analitik konten lainnya. Sehingga membantu Anda menemukan ide kreatif untuk video berikutnya.

Aplikasi ini juga dapat memberikan akses ke statistik download video dan daftar periksa SEO untuk channel Youtube Anda. Akan tetapi tools  ini harganya cukup mahal, sehingga cocok bagi perusahaan yang benar-benar ingin meningkatkan strategi Youtube marketing mereka.

5. Keyword Tool Pro for Youtube

Source : https://keywordtool.io/youtube

Anda juga bisa melakukan cara mengembangkan channel Youtube dengan tool yang satu ini. Merupakan pilihan hemat biaya bagi yang menginginkan saran optimasi SEO. Keyword Tool Pro adalah alat riset kata kunci yang menggunakan fitur perlengkapan otomatis untuk menemukan kata kunci tersembunyi secara otomatis dengan menampilkan data volume pencarian. Di samping itu, Anda bisa melihat data persaingan dan tawaran Google Ads.

Lalu, Apakah Youtube Marketing adalah Solusi Ideal Untuk Bisnis?

Youtube merupakan salah satu situs web terbesar. Lebih spesifiknya, Youtube merupakan situs web terpopuler kedua di dunia. Selain sebagai situs web terpopuler, Youtube juga menjadi mesin pencari paling populer kedua setelah Google. Ini artinya Youtube Marketing menyajikan potensi besar untuk menjangkau bisnis Anda.

Jika Anda ingin sukses dalam cara mengembangkan channel Youtube dengan Youtube marketing ini, maka Anda harus memastikan memiliki waktu san sumber daya memadai untuk mempublikasikan konten berkualitas secara konsisten. Ini artinya, Anda membutuhkan rencana pemasaran Youtube yang baik.

Alasan lainnya kenapa cara mengembangkan channel Youtube sangat penting dilakukan ialah karena ini adalah cara ideal untuk mempromosikan bisnis Anda. Mengingat semuanya tentang video, dan pemasaran dengan media video sendir sedang populer saat ini. Video secara konsisten telah membuktikan dirinya sebagai salah satu konten yang memiliki performa terbaik dalam hal keterlibatan.

Mengembangkan Strategi Pemasaran Youtube

Pemasaran di Youtube sama halnya dengan strategi marketing di platform media sosial lainnya. Langkah yang harus Anda lakukan adalah membuat strategi Anda. Jika Anda ingin membuat strategi pemasaran sebagai cara mengembangkan channel Youtube adalah dengan menentukan tujuan Anda terlebih dahulu.

Tuliskan target spesifik yang akan Anda capai dalam cara mengembangkan channel Youtube ini, diantaranya :

1. Klik/traffic
2. Engagement
3. Jangkauan atau nomor pelanggan
4. Menggunakan model SMART untuk membantu Anda menyusun tujuan dengan baik, yaitu Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time Bound. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa tujuan Anda spesifik, memiliki tenggat waktu dan dapat dilakukan.

Selain itu, Anda juga harus mampu mengukur kemajuan secara akurat. Dalam tahap penyusunan strategi marketing Youtube ini, tentukan apa indikator kinerja untuk membantu Anda mengukur hasilnya.

Komitmen Pada Jadwal

Konsistensi penting sekali dalam cara mengembangkan channel Youtube. Sama halnya dengan blogging, semakin banyak Anda membuat konten, maka akan semakin baik pula peluang untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Sebagian besar Youtuber sukses mempunyai jadwal penayangan yang sangat ketat dan mereka akan terus mentaatinya. Youtuber tersebut juga mempromosikan video baru ke audiens mereka lewat platform sosmed lainnya, sehingga yang belum berlangganan channel Youtube mereka masih bisa mengetahui kapan video baru akan keluar.

Ketika Anda mempersiapkan strategi pemasaran Youtube untuk bisnis Anda ke dalam cara mengembangkan channel youtube, pertimbangkan seberapa sering waktu Anda bisa berkomitmen secara realistis untuk memposting konten yang baru dan memastikan Anda bisa mematuhinya. Jika Anda sudah menentukan seberapa sering Anda bisa memposting video, Anda juga harus mempertimbangkan kapan waktu merilis video Anda.

Jenis Video Marketing

Cara mengembangkan channel Youtube berikutnya ialah penting sekali untuk menciptakan video yang bervariasi supaya audiens Anda tetap terhibur. Di samping itu, ada baiknya jika Anda bereksperimen dengan menampilkan berbagai jenis video, sehingga Anda bisa mengetahui mana video yang banyak disukai dan mana yang tidak.

Ada beberapa tips penting yang harus Anda perhatikan dalam cara mengembangkan channel Youtube terkait konten video ini, diantaranya :

1. Listicle

Listicle adalah format konten yang sangat populer, baik itu sebagai posting blog maupun sebagai media, baik berbentuk gambar, video infografis dan lainnya. Anda bisa membuat daftar artikel yang menyoroti produk atau layanan Anda. Contoh “10 Cara Paling Inovatif yang Dapat Anda Gunakan (Produk Anda)”, atau daftar tersebut bisa bersifat informatif, menghibur atau mendidik. Namun pastikan daftar yang dibuat harus relevan dengan minat audiens dan bisnis Anda.

2. How to Video

How to video adalah konten video petunjuk dalam cara mengembangkan channel Youtube. Ini memiliki kinerja yang sangat baik karena memberikan banyak manfaat bagi pemirsa. Misalnya, jika Anda menawarkan perangkat media sosial, Anda bisa membuat video petunjuk tentang cara memulai pemasaran di Twitter atau cara meningkatkan pengikut Facebook Anda.

3. Video Behind the Scene

Cara mengembangkan channel Youtube berikutnya ialah dengan menampilkan konten video behind the scene. Youtube adalah platform media sosial. Jadi, salah satu cara memanusiakan merek Anda dan menunjukkan bahwa Anda lebih dari sekedar produk atau layanan adalah dengan membagikan beberapa video dibalik layar.

Itulah panduan cara mengembangkan channel Youtube dengan memanfaatkan pemasaran Youtube secara maksimal untuk meningkatkan promosi Anda. 

Jika Anda seorang markerter dan ingin melakukan transformasi digital terhadap bisnis Anda. Saya memiliki courses yang tepat. Klik link berikut untuk mengetahui informasi mengenai courses digital transformation. 

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Ketahui Perbedaan Tugas & Kerja Sales dan Marketing
Perbedaan CEO dan Founder, Tugas Serta Pengaruh Dalam Operasional Perusahaan
Cara Mengembangkan Channel Youtube Dengan Memahami Youtube Marketing
Kenali Tugas Manajer Pemasaran & Tanggung Jawab Dalam Perusahaan