.st0{fill:#FFFFFF;}

Cara Mudah Membuat Iklan Efektif Dalam 8 Tahap 

 August 5, 2021

By  Coach Tom

Bagaimana sih membuat iklan yang efektif? Iklan adalah media yang bertujuan untuk mempublikasikan produk kepada orang banyak, baik itu calon konsumen maupun konsumen. Ada banyak media iklan yang dapat Anda gunakan, diantaranya seperti koran, majalah, banner internet, papan reklame, radio televisi dan media lainnya. Meskipun banyak media yang digunakan, tapi tak sedikit orang kesulitan dengan cara membuat iklan yang menarik. Lantas bagaimana cara membuat iklan untuk mendatangkan sales? Simak ulasan dibawah ini.

Cara Membuat Iklan yang Menarik

Para pelaku bisnis memang dituntut untuk lebih kreatif dalam membuat iklan, agar penawaran produk dan jasa yang mereka sediakan lebih dilirik banyak orang. Namun pada kenyataannya memang banyak masyarakat yang seringkali melewatkan atau menghindari iklan. Inilah yang menjadi tantangan bagi pemilik bisnis untuk menerapkan cara membuat iklan yang menarik dengan lebih kreatif lagi.

1. Tonjolkan Karakter Produk Untuk Lebih Dikenali Konsumen

Untuk setiap bisnis tentu memiliki karakteristik yang berbeda dalam pengenalan branding atau merek dagang mereka. Entah itu melalui logo, penggunaan maskot, warna dan lainnya dengan sekreatif mungkin. Dengan membuat iklan sekreatif mungkin lewat logo bisnis atau produk Anda, tentu bisa mempermudah calon konsumen atau konsumen untuk mengenali produk yang Anda jual lebih jauh.

Setelah menciptakan desain konten iklan yang menarik dan kreatif, pastikan untuk tetap mempertahankan konsistensi elemen tersebut. Hal ini berperan penting guna menjamin kesuksesan cara membuat iklan yang menarik.

Salah satu contoh produk yang berhasil menerapkan poin pertama ini adalah Indomie dan Aqua. Keduanya sama-sama telah menciptakan karakter tersendiri hingga akhirnya masyarakat maupun pelanggan sudah sangat mengenali kedua produk tersebut sampai sekarang.

2. Cara Membuat Iklan Menarik Selanjutnya Yaitu Riset Pasar

Cara membuat iklan yang efektif untuk pemasaran lainnya ialah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Sebenarnya berhasil membuat iklan saja belum cukup untuk membuat pembeli tetap bertahan dalam produk bisnis yang Anda jual. Konsistensi karakteristik produk yang kreatif tanpa pembaruan bisa membuat pembeli justru merasa bosan dengan iklan yang ditampilkan.

Inilah pentingnya riset pasar dalam cara membuat iklan yang menarik. Riset pasar ini harus dilakukan secara berkala walaupun iklan yang Anda buat telah memenuhi jumlah konversi sesuai yang ditargetkan. Luangkan sedikit waktu untuk lebih mengetahui dan memahami siapakah konsumen yang membeli produk berkali-kali? Serta dari mana mereka berasal?

Riset produk sangat membantu Anda mewujudkan bagaimana tips membuat iklan menarik dan dapat menghasilkan penjualan. Jika Anda mengenal profil konsumen, tentu saja Anda bisa tahu apa saja yang mesti dilakukan dalam cara membuat iklan yang menarik berikutnya.

Baca juga : Teknik Membuat Copywriting Yang Jitu Untuk Jualan 

3. Pastikan Iklan Ditampilan Pada Platform yang Tepat

Jika sudah meriset pasar serta mengetahui profil konsumen, kini saatnya memilih platform yang tepat dalam cara membuat iklan. Pilih platform yang tepat sasaran menyesuaikan konsumen Anda. Mungkin beberapa platform iklan dapat bekerja dengan sangat baik bagi suatu usaha, tapi tentu saja tidak untuk usaha yang Anda jalankan. Maka dalam membuat iklan yang tepat, Anda harus bijak memilih platform iklan agar terlihat oleh pembeli yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Dalam membuat iklan yang baik, Anda bisa memilih Google Adwords sebagai salah satu platform periklanan yang banyak digunakan. Platform ini bisa digunakan jika ada permintaan produk yang jelas serta Anda akan menargetkan orang dalam menelusuri produk secara online. Hanya saja, jika bisnis yang Anda miliki adalah startup dengan produk inovatif atau produk baru, sebaiknya hindari cara membuat iklan yang menarik dengan memajang iklan baris pada mesin pencari.

Baca juga : Temukan Strategi Viral Marketing Naikan Brand Anda

4. Memberikan Penawaran yang Menarik

Kita tahu bahwa pembeli sangat menyukai pemberian penawaran menarik yang diberikan. Oleh karena itu, Anda bisa membuat iklan menarik dengan menawarkan sesuatu dengan cara menarik agar mereka kembali lagi melakukan pembelian produk Anda. Anda juga bisa menambahkan trik membuat iklan ini dengan memberikan potongan harga menarik, pengiriman gratis, percobaan gratis, paket pembelian dan lainnya yang bisa menghasilkan penjualan berjumlah besar. Ketika bisnis Anda hadir lewat penawaran menarik, maka konsumen pun jadi sulit menolaknya.

5. Berbicara Mengenai Manfaat Produk yang Didapatkan

Dalam membuat iklan yang menarik sebaiknya jelaskan manfaat produk yang akan didapatkan kepada konsumen. Ini adalah cara yang paling efektif untuk menarik minat pembeli untuk membeli produk Anda. Logikanya, konsumen akan lebih tertarik dengan apa yang mereka dapatkan dari produk Anda dan bukan kelebihan dari produk tersebut.

Cara membuat iklan ini cukup mudah. Anda bisa membuat lift produk apapun yang ditawarkan dengan lengkap berikut kelebihan dari tiap-tiap produk itu sendiri. Namun sebelumnya pastikan untuk mengenalkan apa saja manfaat yang didapat oleh konsumen jika membeli produk Anda dan bukan membahas keunggulan produk. Contoh aplikasi cara membuat iklan yang menarik, misalnya Anda menawarkan jasa pembuatan website. Maka Anda bisa memberikan penjelasan tentang manfaat jasa Anda, seperti membuat website yang menarik dan user friendly, memberikan pelayanan dan konsultasi 24 jam via online dan lainnya.

Jika Anda sudah tidak sabar untuk mendapatkan ilmu lebih dalam tentang cara membuat iklan yang menarik, Saya memiliki courses online yang mengupas strategi iklan. Anda akan mempelajari tentang teknis copywriting, bagaimana cara memenuhi kebutuhan konsumen, membuat caption instagram yang tepat bahkan sampai dengan membuat landing page. Ikuti kelasnya dengan menekan link berikut : Courses Online Strategi Membuat Iklan

6. Pastikan Agar Konsumen Langsung Membuat Keputusan

Anda bisa membuat iklan yang meyakinkan kepada konsumen, agar mereka langsung membuat keputusan untuk membeli produk atau jasa Anda sekarang juga. Ketika pembeli melihat iklan lalu berpikir membeli produk nanti, mereka mungkin tertarik untuk membelinya. Tapi bisa saja mereka akan melupakan penawaran produk Anda lewat iklan tersebut. Maka dari itu, selain memikirkan cara membuat iklan yang menarik, Anda harus memastikan konsumen agar membeli produk sekarang juga.

Dalam cara membuat iklan yang menarik ini,Anda harus bisa menciptakan urgensi tersebut melalui berbagai cara. Sehingga mereka tidak akan menunda waktu untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Contohnya, membuat tawarkan berbentuk diskon cukup besar pada hari itu juga. Dengan trik membuat iklan menarik ini, mereka akan mempertimbangkan untuk membeli produk sekarang juga!

7. Bangun Ketertarikan Dengan Testimoni

Cara membuat iklan yang menarik dan terpenting ialah membangun ketertarikan dan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Dalam hal ini,Anda harus ingat jika konsumen kerap mengkhawatirkan beberapa hal, terutama ketika mereka berbelanja online. Inilah pentingnya, para pelaku usaha harus membuat iklan yang benar-benar meyakinkan serta profesional.

Adapun cara membuat iklan yang menarik di sini maksudnya ialah dengan membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda. Trik membuat iklan untuk membangun kepercayaan pembeli adalah dengan menunjukkan ulasan bahwa pembeli yang sudah menggunakan produk Anda merasa puas memakai atau membeli produk Anda.

7. Melengkapi Iklan Dengan Alamat Bisnis yang Jelas

Dalam membuat iklan, selain memainkan kreativitas kata-kata dan desain logo yang menarik juga harus melengkapi iklan dengan alamat bisnis atau tempat usaha dengan jelas. Ini juga bisa membangun kepercayaan konsumen terhadap produk dan bisnis yang Anda jalani.

Dengan memahami 8 tahapan membuat iklan yang menarik di atas, Anda bisa mempraktekkannya sekarang juga dan lihat perubahannya pada bisnis Anda!

Trik membuat iklan untuk membangun kepercayaan pembeli adalah dengan menunjukkan ulasan bahwa pembeli yang sudah menggunakan produk Anda merasa puas memakai atau membeli produk Anda.

8. Melengkapi Iklan Dengan Alamat Bisnis yang Jelas

Dalam membuat iklan, selain memainkan kreativitas kata-kata dan desain logo yang menarik juga harus melengkapi iklan dengan alamat bisnis atau tempat usaha dengan jelas. Ini juga bisa membangun kepercayaan konsumen terhadap produk dan bisnis yang Anda jalani.

Dengan memahami 8 tahapan membuat iklan yang menarik di atas, Anda bisa mempraktekkannya sekarang juga dan lihat perubahannya pada bisnis Anda! 

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Uang Menghilang dari Muka Bumi, Apa Jadinya?
Peluang Usaha Milenial di Masa Pandemi
Strategi Membuat Konten Instagram Reels yang Oke
5 Alasan Kenapa Harus Jadi Content Creator