.st0{fill:#FFFFFF;}

Cari Tahu Cara Membuat Landing Page Untuk Perusahaan Anda 

 January 24, 2021

By  Coach Tom

Cari Tahu Cara Membuat Landing Page Untuk Perusahaan Anda

Bagi Anda yang bergelut dalam dunia pemasaran online, pasti Anda akan sering bertemu dengan istilah landing page! Namun apa sebenarnya yang dimaksud landing page? Apa manfaat dari pembuatan landing page! Apa saja contoh landing page serta bagaimana cara membuat landing page yang menarik?

Bagi Anda yang sedang mulai membangun usaha dan mengembangkan website, banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang landing page. Di sini, kita akan membahas lebih dalam perihal landing page, hal-hal apa saja yang perlu dimasukkan dalam sebuah landing page yang efektif,  serta berbagai tips dan alat yang dapat Anda pergunakan untuk membuat landing page.

Pengertian Landing Page

Landing page adalah sebuah page atau halaman khusus di sebuah website yang dipergunakan khusus untuk tujuan digital marketing, atau lebih spesifik lagi, untuk meningkatkan jumlah konversi demi kemajuan bisnis tersebut.

Landing page berbeda dengan homepage. Homepage merupakan halaman utama dari sebuah website yang merupakan pusat informasi umum untuk membantu sistem navigasi para pengunjung menuju halaman yang lebih spesifik. Sementara itu, landing page adalah halaman yang umumnya ditemukan melalui proses pencarian di mesin pencari. Para pengunjung yang mengklik sebuah link akan dibawa menuju landing page tersebut. 

Sebuah homepage bisa saja merangkap sebagai landing page, sesuai dengan keinginan dari sang pemilik website. Apabila homepage tersebut diatur untuk membantu meningkatkan konversi, maka homepage tersebut berfungsi ganda sebagai landing page juga. Berikut ini adalah sebuah contoh landing page yang juga berfungsi sebagai homepage:

Manfaat Landing Page

Tujuan atau manfaat dari landing page adalah konversi, konversi, dan konversi. Selain, landing page yang efektif juga dapat membantu dalam beberapa hal lain yaitu:

1. Sebagai ajang promosi produk

Landing page adalah salah satu cara efektif untuk menonjolkan promosi produk tertentu sehingga tidak tenggelam di antara ragam produk/jasa lainnya. Dengan memiliki landing page, Anda akan mendapatkan konversi yang lebih tinggi ketika menjalankan iklan melalui facebook, instagram, maupun google. Lebih dari itu, landing page juga berguna untuk memfilter audience atau calon pembeli, sehingga leads yang akan Anda dapatkan bisa lebih berkualitas. 

3. Mempermudah proses transaksi

contoh-landing-page

Untuk produk tunggal, landing page adalah sarana yang mampu mempermudah proses transaksi. Para pengunjung tidak perlu lagi memilih produk karena apa yang dicari sudah tersedia di landing page. Lebih dari itu, dengan menggunakan landing page, calon pembeli bisa terhubung langsung dengan sales melalui fitur live chat maupun whatsapp untuk melakukan pembelian produk. 

3. Menawarkan user experience yang lebih baik

Setiap pengunjung maupun calon konsumen membutuhkan sesuatu yang berbeda. Mereka ingin mendapatkan hal terbaik dari setiap website yang mereka kunjungi. Sebuah website yang menawarkan user experience yang menawan tentunya akan membuat pengunjung menjadi betah dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk membeli produk yang ditawarkan. Landing page yang Anda miliki seperti brosur digital, sehingga penting sekali Anda memperhatikan setiap warna dan bentuk dari landing page yang akan Anda buat. 

Cara Membuat Landing Page

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, Anda perlu mengetahui cara membuat landing page yang benar-benar efektif. Bagaimana caranya? Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengikuti tahapan dan aturan dari cara membuat landing page yang efektif seperti berikut ini:

1. Menentukan tujuan utama pembuatan landing page

Langkah pertama dalam cara membuat landing page adalah menentukan tujuan dari page tersebut. Dalam hal ini, tentukan tujuan secara spesifik dan jelas. Sangat disarankan untuk membuat satu tujuan spesifik untuk membantu Anda dalam membuat landing page yang benar-benar efektif. Contoh tujuan pembuatan landing page adalah untuk mengisi survey, pendaftaran anggota baru, memesan sebuah produk, mendaftar acara webinar, atau mendownload catalog/ebook, dan sebagainya.

2. Menentukan target kata kunci

Cara membuat landing page yang efektif melibatkan penggunaan kata kunci yang tepat dan spesifik. Dalam hal ini, penggunaan kata kunci yang panjang atau sering disebut long tail keyword akan lebih efektif. Contoh landing page dengan long tail keyword untuk usaha suppllier  batu alam adalah “supplier batu alam granit dan marmer Indonesia” akan jauh lebih efektif dibandingkan kata kunci “supplier granit”. Namun yang paling penting adalah dengan memastikan bahwa produk Anda memiliki kata kunci di google, maka ada calon klien yang membutuhkan produk Anda.

3. Membuat headline yang super fun dan catchy

headline-landing-page

Headline landing page yang menarik (Sumber: spotify.com)

Headline atau judul yang fun, catchy, dan tepat sasaran menjadi salah satu kunci utama dalam cara membuat landing page yang efektif. Para pengunjung akan langsung mengetahui dengan pasti apa inti penawaran yang diberikan serta bagaimana cara mendapatkannya. Dibawah headline berikan penjelasan singkat mengenai headline serta penawaran tersebut. Intinya adalah membuat sesuatu yang singkat, jelas, dan super menarik serta membuat orang tertarik untuk menggali informasi lebih lanjut atau langsung bergabung di dalamnya.

4. Menyusun CTA (Call to Action ) yang sulit ditolak

Jangan lupakan CTA atau call to action dalam tahapan cara membuat landing page. CTA adalah tombol kecil yang mengajak para pengunjung untuk melakukan aksi sekarang juga sesuai dengan tujuan awal pembuatan landing page tersebut. Buatlah CTA semenarik mungkin untuk membuat pengunjung tertarik untuk bergabung di dalamnya.

Beberapa contoh  landing page pada bagian CTA adalah sebagai berikut:

Don’t miss it!

“Dapatkan sekarang juga”

“Daftar gratis selama 30 hari”

“Mulai bereksplorasi sekarang juga”

“Dapatkan ebook gratis untuk membangun usaha Anda”, dan lain sebagainya

5. Memanfaatkan konten visual

Konten visual yang menarik merupakan bagian penting dalam cara membuat landing page yang efektif. Dukung dan pertegas isi dari landing page Anda dengan konten visual berupa gambar atau video yang sama menariknya. Bila jenis usaha Anda adalah penyediaan jasa produk makanan sehat, sertakan gambar produk tersebut semenarik mungkin. Bila landing page tersebut menawarkan pengunjung untuk bergabung dan mendapatkan informasi terbaru mengenai kelas aerobic, maka jangan lupa untuk memajang foto kegiatan aerobic yang ada.

6. Testimoni

Jawab kebimbangan para pengunjung dalam memilih produk/jasa yang tepat dengan menghadirkan testimony dalam landing page.  Tampilkan testimoni dengan singkat dan jelas, namun mampu menonjolkan kelebihan dari produk/jasa yang ditawarkan. 

7. Menambahkan analytics tracking

contoh-landing-page

Analytic tracker (Sumber: analytics-toolkit.com)

Analytic tracking dalam cara membuat landing page ini bertujuan agar Anda mampu menganalisa efektifitas landing page itu sendiri. Hasil dan laporan analisa dapat Anda manfaatkan untuk membuat rencana pemasaran serta pengembangan landing page yang lebih baik di masa yang akan datang.

8. Memilih landing page builder terbaik

Bila Anda baru memulai proses pembuatan landing page, maka Anda dapat menggunakan landing page builder yang tersedia luas di pasaran saat ini. Mulailah dengan landing page yang dilengkapi dengan templates dan fitur drag and drop. Hal-hal tersebut akan membantu Anda dalam merancang landing page yang efektif, serta sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

Landing page adalah bagian krusial dari upaya Anda menarik perhatian pengunjung dan mengembangkan bisnis Anda. Oleh karena itu, fokuslah pada cara membuat landing page yang efektif. Terapkan 8 cara membuat landing page di atas untuk menarik perhatian semua orang dan meningkatkan tingkat konversi usaha Anda.

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

Leave a Reply

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts