.st0{fill:#FFFFFF;}

Fungsi Sales Promotion untuk Meningkatkan Penjualan 

 April 23, 2021

By  Coach Tom

Pernahkah Anda mendengar apa itu promosi penjualan? Promosi penjualan atau biasa disebut sales promotion merupakan program penawaran yang dirancang untuk menumbuhkan daya tarik konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Kegiatan atau program ini berlangsung sementara, karena seperti tujuan awalnya yaitu memikat hati konsumen, sehingga biasanya hanya dilakukan pada awal pengenalan produk.

sales promotion

Kenali Apa Itu Sales Promotion

Sales Promotion adalah strategi marketing yang dilakukan perusahaan untuk mendorong suatu produk agar terjual dengan lebih cepat. Sales Promotion adalah bagian dari marketing plan yang telah tersusun dan dikerjakan pada periode tertentu. Sales Promotion kerap dilakukan saat awal tahun bertajuk “Promo Tahu Baru” atau pada akhir tahun dengan tema “Clearance Sale” atau cuci gudang untuk menghabiskan stok yang tersedia di gudang.

Pada proses sales promotion ini diperlukan peralatan yang memadai. Alat- alat yang dimaksudkan dapat berupa contoh produk (sample), voucher, jaminan uang kembali, undian, dan masih banyak lagi. Melihat perlunya alat-alat tersebut, tidak jarang kegiatan ini akan menghabiskan banyak biaya. Banyak biaya yg dikeluarkan tersebut tidak akan terasa setelah tahu dengan adanya kegiatan ini akan mampu menumbuhkan ketertarikan orang terhadap produk yang ditawarkan. Sebagai seorang sales & marketing, Anda bisa membaca artikel cara membuat strategi marketing viral disini!

Kenali Tugas Marketer atau Sales Untuk Menjalankan Sales Promotion

Seorang yang memiliki tugas untuk melakukan promosi penjualan seharusnya memiliki sifat komunikatif. Sifat ini dimaksudkan untuk menarik perhatian konsumen dan memberikan penjelasan atau pengetahuan mengenai produk, sehingga konsumen mengerti jenis produk yang ditawarkan ini. Pada saat melakukan promosi penjualan ini harus mampu mengajak konsumen untuk ikut bergabung atau membeli produk pada saat itu juga. Proses kegiatan ini harus mampu memberikan kesan menarik di hati konsumen, sehingga menimbulkan rasa keinginan konsumen untuk ikut begabung.

Selain bersikap komunikatif, seorang yang melakukan promosi juga harus percaya diri. Sikap ini harus ditunjukkan agar tidak terlihat ragu-ragu dalam menawarkan produk. Melalui sikap percaya diri dalam menawarkan dan memberikan informasi mengenai produk ini diharapkan mampu membuat konsumen percaya terhadap manfaat produk. Selanjutnya timbul keinginan konsumen untuk membeli produk tersebut. Sebagai seorang marketer atau sales yang akan menjalankan sales promotion, pastikan Anda memiliki perencanaan yang matang, pastikan omset yang Anda dapatkan, dapat menutupi beban biaya marketing selama menjalankan sales promotion.

Tujuan Sales Promotion

Tujuan dilakukannya sales promotion adalah untuk mendorong keinginan pelanggan melakukan pembelian dalam jangka pendek. Maksud dari kalimat jangka pendek ini adalah konsumen memiliki keinginan membeli pada waktu itu juga, atau melakukan pembelian dalam waktu terdekat setelah diadakannya promosi tersebut. Meskipun pembelian dilakukan dalam jangka pendek, namun diharapkan dapat menciptakan hubungan pelanggan dalam jangka panjang.

Sebelum melakukan promosi, sebaiknya dirancang terlebih dahulu program apa saja yang akan digunakan. Perencanaan program ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan program ini antara lain, menetapkan jumlah insentif yang diberikan. Besarnya insentif sebaiknya diberikan batas minimal, ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerugian.

Ketahui Apa Itu Sales Promotion & Tujuan Sales Promotion

Selain itu perlu ditetapkan syarat-syarat pemberian insentif, hal ini dilakukan agar tidak sembarang konsumen yang memperoleh insentif. Hal lain yang harus diperhatikan adalah cara promosi dan distribusi. Pemilihan cara promosi dan distribusi harus lah tepat, agar tidak mengewakan konsumen. Waktu promosi dan distribusi juga harus diperhatikan, karena biasanya konsumen akan sangat kecewa jika pendistribusian sangat lambat, sehingga membuat konsumen menunggu lama.

Anggaran dana untuk promosi juga harus sangat diperhatikan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerugian perusahaan. Penetapan anggaran dana promosi dilakukan secara matang, jauh sebelum dilakukannya promosi. Penetapan anggaran ini sangat penting adanya. Hal ini dilakukan untuk mencegah jangan sampai dana yang dikeluarkan untuk promosi melebihi kapasitas dari hasil yang diperoleh nantinya, sehingga berakibat timbulnya kerugian.

Kegiatan promosi penjualan ini penting untuk dilakukan, karena sesuai dengan tujuannya, yaitu menumbuhkan daya tarik konsumen terhadap produk. Oleh karena itu dalam hal ini akan memunculkan pendapat bahwa fungsi kegiatan promosi ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk. Ketertarikan konsumen terhadap produk akan diikuti oleh daya beli konsumen. Sehingga pada akhirnya akan memunculkan terjadinya peningkatan penjualan produk.

Lantas! secara garis besar, apa tujuan dari sales promotion?

Ada beberapa tujuan dilakukannya sales promotion, yaitu

  • Mengeluarkan Stok Di Gudang
    Produk yang berada di gudang tentu menjadi beban pajak perusahaan, terlebih jika produk tersebut adalah produk elektronik yang harganya sewaktu-waktu bisa berubah mengikuti kurs dollar. Sales Promotion dilakukan salah satunya untuk menstabilkan stok di gudang, agar alur gudang tetap berjalan dengan tepat.
  • Branding
    Dengan menjalankan kegiatan sales promotion, tanpa Anda sadari bahwasannya Anda telah melakukan kegiatan branding. Pemasaran dan kegiatan promosi yang Anda lakukan mampu membawa citra yang baik untuk perusahaan. Terlebih jika program sales promotion yang Anda kerjakan selalu sama, bisa jadi konsumen Anda yang akan menunggu!
  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
    Program Sales Promotion sebaiknya ditujukan kepada new customer dan existing customer. Dengan memberikan berbagai promo menarik atau bonus untuk pelanggan loyal, maka Anda berhasil meningkatkan kepuasaan pelanggan. Terlebih saat Anda berhasil membuat konsumen betah untuk membeli kebutuhannya di Toko Anda

Setelah melihat uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sales promotion adalah proses promosi atau penawaran produk kepada konsumen yang dirancang untuk memikat hati konsumen, sehingga mampu menimbulkan keinginian pembelian dalam jangka pendek. Pembelian jangka pendek ini kemudian diikuti dengan meningkatnya jumlah pelanggan dalam jangka panjang.

Contoh Sales Promotion

Ada beberapa contoh sales promotion yang dapat Anda lakukan sebagai seorang sales marketing, diantaranya :

  • Buy 1 Get One
    Beli satu gratis satu menjadi salah satu kegiatan sales promotion yang sering dilakukan guna menaikkan animo pembelian. Anda bisa membundling produk A dan B dengan psikologi marketing buy 1 get one.
  • Free Product
    Beli produk apapun, gratis pilih produk lainnya. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan stok produk lama yang kualitasnya sudah termakan usia.
  • Giveaway
    Pada momen tertentu, Anda bisa melakukan giveaway untuk meningkatkan ketertarikan orang terhadap produk yang Anda jual. Giveaway bisa saja dalam bentuk produk atau hadiah yang diincar oleh konsumen.
  • Disc %
    Disc menjadi salah satu strategi sales promotion yang kerap dilakukan oleh sales marketing setiap bulannya. Dengan memberikan disc bisa jadi Anda mengurangi profit atau margin Anda dari produk tertentu. Pastikan strategi disc % ini Anda rancang dengan hitungan yang tepat.

Terdapat berbagai contoh sales promotion lainnya yang bisa Anda terapkan pada strategi marketing Anda. Sebut saja, voucher, sample gratis, hingga psikologi disc harga. Pemilihan sales promotion bisa Anda tentukan setelah melakukan analisa target pasar.

Jika Anda ingin memahami lebih banyak mengenai sales marketing, Saya memiliki courses online yang bisa Anda ikuti. Silahkan klik disini! untuk melihat courses online sales & marketing yang tersedia.

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Ketahui Perbedaan Tugas & Kerja Sales dan Marketing
Perbedaan CEO dan Founder, Tugas Serta Pengaruh Dalam Operasional Perusahaan
Cara Mengembangkan Channel Youtube Dengan Memahami Youtube Marketing
Kenali Tugas Manajer Pemasaran & Tanggung Jawab Dalam Perusahaan