Kemampuan Penting yang Wajib Dimiliki Sales Marketing

Manajemen akhir yang bertanggungjawab atas tersalurkannya produk ke konsumen ialah marketing. Pangsa pasar harus telah direncanakan bersamaan dengan penggodogan konsep sebelum bisnis secara riil dirintis. Keberhasilan ditunjukan apabila produk terjual dalam waktu tertentu sesuai target. Seorang Sales Marketing dituntut untuk memiliki minimal 5 kemampuan berikut :

1. Bekerja Atas Dasar Mau dan Mampu

Mencintai pekerjaan ialah kunci sukses seorang pekerja. Apa pun bidangnya, pasti akan menghasilkan prestasi jika dijalani dengan tulus. Keprofesionalan hadir karena adanya kemauan keras yang ada pada diri pekerja. Bakat akan tumbuh seiring berjalannya waktu dan pengalaman yang dimiliki. Pepatah mengatakan bahwa pengalaman ialah guru terbaik.

Meningkatkan ProduktivitasSelain tekat, tentu harus diimbangi dengan latar belakang pendidikan atau referensi kerja di masa lampau. Lebih mudah ketika Anda terjun yang sebelumnya pernah digeluti. Jadi, bayangan terhadap tugas, kendala dan jalan keluar sudah terprediksi. Fokuskan pada satu bidang ilmu agar hasil yang tercapai lebih maksimal.

Sales harus menguasai cara berinteraksi dan berkomukasi yang baik dengan masyarakat. Setiap individu pasti mempunyai karakter yang berbeda-beda. Kewajiban sales ialah menyesuaikan apa yang menjadi keinginan mereka. Cara penyampaian dan pemilihan bahasa merupakan hal penting yang menjadi tonggak awal proses promosi.

Related Article : Pentingnya Marketing Plan Agar Produk Anda Laku Keras

2. Percaya Diri

Tingkat percaya diri yang tinggi merupakan kepribadian pokok yang harus dimiliki seorang sales. Materi produk yang hendak ditawarkan harus dikuasai terlebih dahulu untuk meyakinkan calon pelanggan. Kupas tuntas poin-poin yang terdapat pada produk keluaran perusahaan. Pasti di lapangan akan ditemukan banyak pertanyaan oleh masyarakat. Kecepatan dan ketepatan jawaban mempengaruhi daya beli.

Related Article : Kepercayaan Diri Modal Paling Penting dalam Memulai Bisnis

Jika memang pertanyaan yang diajukan tidak dapat terjawab karena sesuatu hal, sanggahlah dengan cara yang tepat. Misalnya Anda menghubungi rekan sesama Sales Marketing guna mencari solusinya. Kepuasan pelanggan ialah jaminan yang berdampak positif pada peningkatan penjualan. Semakin banyak pelanggan yang merasa puas, maka produk pasti terekomendasi dengan sendirinya.

3. Psikologis Positif

Berhubungan secara langsung dan aktif kepada orang banyak membuat Anda sebagai sales harus berlatih agar dapat memelihara psikologis positif. Pembeli ialah raja dan keinginannya wajib terpenuhi. Bila sedang adu argumentasi dengan mereka, jangan sekali emosi sehingga menurunkan daya belinya. Tetap arahkan pembicaraan yang menunggulkan produk tetapi tidak terkesan memaksa.

pelanggan1

Jagalah sopan santun kepada siapa pun target pasar Anda. Bersikaplah adil tanpa membedakan status sosial, agama, ras, suku profesi dan lainnya. Selalu tersenyum dan ramah karena ini termasuk salah satu bentuk pelayanan yang prima. Terkadang pembeli sangat sensitif terhadap kualitas layanan yang diberikan suatu perusahaan tertentu.

Related Article : 4 Hal yang Wajib Anda Ketahui dari Pelanggan

4. Kemauan Belajar

Selalu menggali informasi terkait strategi pemasaran yang dapat menggaet banyak pelanggan. Pergantian jaman membuat Sales Marketing harus aktif mengikuti selera masyarakat kita. Sekarang ini contohnya, era digital masih sangat digandrungi berbagai kalangan. Pelajari seluk beluk digital marketing dan bidik pangsa pasar disana.

strategi-marketing

Konten yang diunggah harus bisa menarik perhatian pengguna. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menciptakan gambar atau video iklan yang berkualitas. Luasnya pasar digital membuat Anda harus agresif mencari celah agar iklan produk dapat diperhatikan. Pesaing juga pasti melirik cara ini dan tunjukkan bahwa Anda mampu mempromosikan dengan jalur yang berbeda dan unik.

Related Article : Pentingnya Terus Belajar dalam Bisnis

5. Ambisi

Definisi ambisi bagi seorang sales ialah emosi positif untuk pemenuhan target penjualan. Kobarkan semangat dan motivasi diri sendiri agar dapat memenuhi tanggungjawab yang telah dipercayakan kepada Anda. Ambisi akan menghilangkan rasa lelah dan keputus asaan karena strategi yang gagal dapat segera tergantikan.

Sigap dan berpikir cepat untuk mencari cara hingga target terpenuhi sebelum jatuh tempo. Jeli melihat peluang dan segera menangkapnya merupakan Sales Marketing yang aktif. Buatlah pelanggan yang berbalik mencari Anda karena tertarik atas penawaran produk.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>