.st0{fill:#FFFFFF;}

Kenali Cara Menjadi Data Analyst & Tugas Data Analyst 

 December 27, 2021

By  Coach Tom

Di era seba digital dan teknologi yang semakin canggih saat ini, industri serta perusahaan sangat membutuhkan banyak pekerja yang dapat membaca dan menganalisis data-data perusahaan atau disebut sebagai data analyst. Simak artikel berikut ini tentang cara menjadi data analyst yang kompeten.

Apa Itu Data Analyst?

Sebelum membahas cara untuk menjadi seorang data analyst yang kompeten dan dicari banyak perusahaan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dan tugas seorang data analyst.

Data analyst merupakan seseorang yang bertugas untuk meneliti setiap informasi menggunakan peralatan analisis data. Hasil dari analisis data yang diperoleh dapat digunakan oleh perusahaan maupun klien dapat mengidentifikasi berbagai fakta dan tren maupun dalam mengambil keputusan yang penting. Seorang data analyst dapat mengolah dan membantu menerjemahkan berbagai data di dalam suatu laporan agar lebih mudah untuk dipahami oleh para manajer perusahaan. Data yang telah dikelola tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman untuk mengambil keputusan besar di suatu perusahaan.

Jika Anda memiliki ketertarikan terhadap fungsi aljabar, angka, dan mampu bekerja dalam tim, maka Anda cocok untuk bekerja sebagai seorang data analyst.

Tugas Seorang Data Analyst

Peran dan tugas data analyst telah kami rangkum seperti dalam uraian di bawah ini:

  • Merancang dan membantu memelihara database atau sistem data
  • Menggunakan peralatan statistik untuk dapat menganalisis dan menafsirkan data
  • Mengumpulkan data dari berbagai sumber baik sumber primer maupun sumber sekunder yang kemudian diatur ulang dengan format yang lebih sederhana sehingga mudah untuk dipahami
  • Menyiapkan laporan kepada manajer atau direktur perusahaan secara efektif dengan mempresentasikan pola, prediksi, dan tren dengan data yang relevan.
  • Bekerja sama dengan engineer, programmer, dan pemimpin organisasi
  • Membuat dokumentasi dalam setiap proses analisis data untuk berbagai kepentingan perusahaan di masa mendatang

10 Cara Menjadi Seorang Data Analyst Dengan Penghasilan Besar

Jika Anda ingin mendaftar atau mencari lowongan pekerjaan di bidang data analyst, berikut ini beberapa kemampuan yang harus Anda miliki sebagai dasar cara menjadi data analyst yang kompeten dengan penghasilan besar:

1. Tidak semua jurusan dapat menjadi seorang data analyst

Anda perlu tahu bahwa tidak semua jurusan perkuliahan dapat cocok menjadi seorang data analyst, hanya jurusan tertentu saja yang dapat masuk dan bekerja sebagai data analyst. Seorang data analyst sebaiknya memiliki gelar sarjana yang berasal dari jurusan keuangan, ilmu komputer, matematika, ekonomi, statistic, dan pemasaran. Hal tersebut dikarenakan pengetahuan dan dasar-dasar analisa data dan perhitungan dipelajari oleh jurusan-jurusan tersebut.

2. Memiliki kemampuan analisis

Seorang data analyst harus memiliki kemampuan dalam melakukan analisis dan mempelajari persoalan menggunakan teknik dan acuan kerja yang sistemis. Langkah kerja tersebut dapat mempermudah seorang data analyst dalam melakukan setiap analisis data dari perusahaan.

3. Memiliki kemampuan dalam menilai bisnis

Selain dapat melakukan analisis data, seorang data analyst juga perlu memiliki keterampilan dalam menilai suatu bisnis atau perusahaan. Sehingga hasil analisis yang diberikan dapat sejalan dengan visi misi dari perusahaan tersebut.

4. Memiliki kemampuan berkomunikasi dan melakukan presentasi

Meskipun tugas utama dari data analyst adalah mengelola dan menganalisa data, namun seorang data analyst juga perlu memiliki kemampuan dalam berkomunikasi yang baik dan lancar. Sebab pekerjaan data analyst juga melakukan presentasi untuk menyampaikan kepada klien maupun pihak yang bersangkutan terhadap hasil dari analisa data yang dilakukan.

5. Paham tentang machine learning

Machine learning atau bagaimana mesin dapat belajar adalah suatu yang perlu dipelajari dengan baik oleh calon data analyst. Sebab tugasnya termasuk membuat komputer agar dapat memprediksi atau mengambil keputusan penting dengan data-data yang diberikan.

6. Paham tentang statistik

Konsep statistik yang perlu dipelajari untuk menjadi seorang data analyst yaitu mode, standar, median, dan mean. Sebab Anda perlu menafsirkan data dan mampu memahami dasar-dasar statistik untuk melakukan pekerjaan.

7. Paham dengan Bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman dibutuhkan untuk membantu pekerjaan seorang data analyst sehingga Anda perlu mempelajarinya dengan baik. Bahasa pemrograman yang perlu dipelajari yaitu pemrograman SQL.

8. Terbiasa menggunakan Microsoft Excel

Pekerjaan data analyst berhubungan dengan angka dan laporan, umumnya laporan dibuat menggunakan Microsoft Excel. Sehingga penting untuk membiasakan diri menggunakan MS. Excel untuk membantu pekerjaan sebagai seorang data analyst.

9. Ikuti kursus data analyst

Jika Anda masih belum memahami dan memiliki kemampuan untuk menjadi data analyst, Anda dapat mengikuti kursus yang banyak tersedia baik secara online maupun tatap muka. Ikut dalam kelas data analyst juga akan memberikan sertifikat yang berguna saat melamar pekerjaan.

Demikianlah beberapa tips dan cara menjadi data analyst dengan penghasilan yang baik. Dapatkan informasi lain yang lebih menarik hanya di situs kami.

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Manajemen Piutang: Pengertian Manajemen Piutang, Tujuan & Fungsinya
Ciptakan Annual Meeting yang Berkesan
20 Pertanyaan Performance Appraisal Tahunan
Kenali Cara Menjadi Data Analyst & Tugas Data Analyst