Kiat Bisnis Dropship yang Jarang Diketahui Orang

Drop Shipping atau lebih dikenal dengan istilah Dropship merupakan model bisnis berbasis online yang hanya bermodalkan toko online untuk berjualan. Pelaku bisnis dropship tidak memiliki stok barang dan hanya menjual produk milik supplier. Model bisnis ini nyaris tidak membutuhkan modal sama sekali, karena pelaku bisnis dropship tidak perlu memiliki stok barang.

Walaupun nyaris tanpa modal, menjalankan bisnis ini tergolong tidak mudah. Banyak tantangan yang bisa menjadi halangan Anda untuk sukses. Berikut ini kiat-kita yang bisa Anda lakukan sebagai dropshipper (pelaku bisnis dropship) agar Anda sebagai pemula bisa menjadi sukses dalam bidang bisnis ini.

Related Article : Membangun Jaringan Bisnis Online

Pikirkan Tentang Branding

Brand sebuah produk biasanya menjadi pertimbangan bagi pembeli sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Biasanya produk yang sudah memiliki brand lebih dipilih oleh pembeli dibandingkan produk yang belum memiliki brand. Brand yang Anda miliki dalam menjalankan sebuah bisnis akan meningkatkan kepercayaan pembeli karena menganggap Anda adalah penjual yang sudah professional.

Lakukan Produk Penetrasi

Ketika akan memulai bisnis dropship, Anda biasanya ingin menjual berbagai produk yang ditawarkan supplier, padahal hal itu bisa membuat Anda tidak fokus. Oleh sebab itu, pilihlah salah satu produk yang menarik minat Anda, lalu fokuslah pada produk tersebut, pikirkan juga brand nya, maka konsumen akan percaya pada Anda sebagai penjual.

Gunakan Strategi Cross Selling

Strategi cross selling merupakan teknik untuk menjual dua barang dalam satu waktu. Strategi ini bisa Anda terapkan jika Anda pandai memasarkan produk. Contohnya, jika Anda menjual baju gamis untuk Muslimah, Anda menerapkan strategi cross selling dengan menawarkan jilbab dan aksesoris jilbab kepada pembeli. Ada kemungkinan, konsumen Anda akan membeli produk yang Anda tawarkan tersebut sebab produk tersebut berkaitan dengan produk utama yang telah dia beli.

Minimalkan Resiko Rugi Waktu dengan Toko Online

Toko online berfungsi sebagai wadah bagi Anda dalam menuliskan deskripsi produk yang Anda jual. Namun, tuliskanlah deskripsi produk Anda secara lengkap agar Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk menjawab pertanyaan yang berulang dari konsumen Anda.

Related Article : 10 Statistik Perilaku Penjualan yang Mencengangkan

Melayani Konsumen dengan Cepat

Salah satu kunci sukses untuk memenangkan persaingan usaha adalah pelayanan konsumen. Pelayanan pada konsumen haruslah cepat dan juga harus prima, sehingga pelanggan Anda bisa puas dengan pelayanan dan produk dari Anda. Jika suatu saat Anda tidak bisa menangani keluhan, kritikan, dan masukan dari pelanggan, maka sewalah Customer Service untuk menanganinya.

Sampaikan ke Supplier Tentang Hak Anda sebagai Dropshipper

Sebagai seorang dropshipper Anda memiliki hak yang harus dipenuhi oleh supplier. Hak tersebut mencakup pencantuman nama brand Anda pada nama pengirim dan hak untuk meminta personal garansi.

Temukan Supplier yang Tepat

Pilihlah supplier yang terpercaya dan sudah memiliki nama serta reputasi yang baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Jika pengiriman produk Anda tidak sesuai dengan pesanan maka tentu saja nama Anda yang akan dipertaruhkan. Oleh sebab itu, carilah supplier yang tepat dan terpercaya.

Related Article : Langkah Tepat Merealisasikan Peluang Bisnis

Test Supplier dengan Menjadi User

Untuk mengetahui apakah supplier yang Anda pilih merupakan supplier yang tepat cobalah mengujinya dengan Anda berpura-pura menjadi user/pembeli. Test seperti ini akan membantu Anda mengetahui kualitas produk yang dijual oleh supplier.

Tingkatkan Diri Menjadi Reseller

Reseller dan dropshipper tidaklah sama. Peran seorang reseller lebih besar dari seorang dropshipper. Reseller memiliki stok barang di gudang sedangkan dropshipper tidak. Untuk itu, agar menjadi seorang dropshipper yang sukses, cobalah untuk meningkatkan diri Anda menjadi seorang reseller.

Hindari Mental Mudah Pasrah

Untuk menjadi seorang dropshipper yang sukses, Anda tidak boleh memiliki mental mudah pasrah. Sebab dengan mental seperti itu, Anda akan susah maju dan berkembang. Anda harus memiliki target yang ingin dicapai dan usaha untuk mencapai target tersebut. Jangan mudah menyerah dan pasrah pada keadaan.

Demikianlah berbagai kiat atau tips untuk bisnis dropship yang jarang diketahui oleh orang. Ketidaktauan mereka justru membuat bisnis sangat rapuh dan mudah bubar di tahun pertama berdiri.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>