Kiat Menjadi Pengusaha Kuliner yang Maju

Tubuh memerlukan asupan makanan untuk menjaga kesehatan serta menjauhkan diri dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu setiap makhluk yang hidup memerlukan asupan makanan. Mengkonsumsi makanan merupakan hal yang tidak dapat ditunda-tunda karena makan ialah agenda wajib semua orang. Ada banyak macam menu makanan yang dapat disantap mulai dari makanan manis sampai makanan pedas pun tersedia. Indonesia merupakan Negara dengan kekayaan bumbu rempah yang sangat luar biasa sehingga dapat menghasilkan makanan yang lezat.

Makanan memiliki banyak jenis dan berbagai macam bahan dapat digunakan untuk dijadikan sebuah santapan. Hal ini tergantung bagaimana seseorang mengolahnya maka akan tercipta masakan yang dapat mengugah selera. Berbicara tentang makanan maka banyak pengusaha yang mulai merambah bisnis kuliner. Menjadi seorang pengusaha bukan perkara sulit, asalkan Anda memiliki tekad dan ide yang unik maka Anda dapat menjadi seorang pengusaha terutama pengusaha kuliner. Banyak pengusaha kuliner yang berlomba-lomba menjajakan dagangannya.

Related Article : Pengertian Bisnis Franchise yang Harus Diketahui

Bisnis kuliner memang terbukti tidak ada matinya karena semakin kesini semakin banyak inovasi baru dalam dunia kuliner. Banyak orang yang menjadi pengusaha kuliner dengan masing-masing ide dan keunggulannya masing-masing. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan akan banyak orang lagi yang akan berkecimpung di dunia kuliner ini nantinya. Pasalnya keuntungan dari bisnis kuliner ini sangat menguntungkan dan menjanjikan. Hal ini berbanding lurus dengan segala ide yang dituangkannya untuk menciptakan hal baru yang menarik perhatian para konsumen.

Jika Anda ingin terjun kedalam dunia bisnis kuliner maka Anda harus memiliki tekad kuat dan bertahan dalam segala kondisi apapun. Selain itu dibutuhkan ide-ide serta inovasi segar untuk menciptakan makanan atau menu baru yang dapat menarik hati konsumen. Kreativitas tinggi harus dimiliki oleh para pelaku bisnis kuliner pasalnya hal yang biasa-biasa saja kini kurang diminati. Oleh karena itu Anda harus menciptakan inovasi baru yang berbeda dengan yang lainnya.

Related Article : Langkah Tepat Merealisasikan Peluang Bisnis

Biasanya bisnis kuliner dimulai dari usaha kecil atau usaha rumahan lalu dilanjutkan sampai ketahap usaha besar.  Semua pasti berawal dari yang kecil dahulu dan denga adanya semangat juang serta ide-ide yang cemerlang usaha kecil tersebut dapat bermetamorfosis menjadi bisnis yang maju. Selain kreativitas dalam menciptakan ide-ide baru, sikap pantang menyerah pun harus dimliki oleh seorang pelaku bisnis.

Berikut ini adalah beberapa kiat-kiat yang dapat Anda lakukan jika ingin menjadi pengusaha kuliner yang maju :

Related Article : Pentingnya Melakukan Survey Bisnis

1. Inovasi

Kuliner merupakan hal yang sangat membutuhkan inovasi baru atau ide segar berbeda dari yang lainnya. Mulailah memikirkan makanan apa lagi yang dapat menjadi makanan kesukaan konsumen disemua kalangan selain itu ciptakan rasa yang tidak biasa, contohnya saja sekarang ini banyak bermunculan martabak dengan aneka macam topping seperti greentea dan lain sebagainya. Padahal dahulu kala martabak manis hanya bertopping mesis cokelat ataupun keju saja.

Hal inilah yang perlu Anda gali, ide yang unik dan mampu membuat semua orang penasaran menjadi tantangan terbesar untuk memajukan usaha bisnis kuliner Anda. Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru karena jika Anda tidak mencobanya, Anda tidak akan tahu hasilnya seperti apa.

2. Kualitas

Selain menciptakan hal berbeda maka Anda jangan pernah mengesampingan rasa makanan itu sendiri. Tampilan yang bagus tidak akan terselamatkan tanpa adanya rasa yang lezat. Semua usaha kuliner yang maju pastinya memiliki rasa yang luar biasa lezat dan didukung pula dengan penampilannya. Itulah yang harus Anda ingat, pastinya untuk membuat makanan selezat mungkin agar para konsumen merasa ketagihan dengan makanan yang Anda buat.

3. Menjaga Loyalitas

Menjaga loyalitas konsumen merupakan hal yang penting ketika Anda membuka usaha khususnya dibidang kuliner. Makanan yang Anda buat memang lezat dan menarik namun Anda atau para pegawai Anda tidak memiliki sopan santun atau keramahan maka akan berakibat fatal bagi bisnis Anda. Usahakan untuk bersikap ramah dengan memberikan jawaban atau senyuman kepada para konsumen agar mereka merasa nyaman ketika memilih apa yang nantinya akan mereka beli.

4. Promosi

Promosi yang paling akurat adalah melalui mulut ke mulut. Oleh karena itu pastikan untuk membuat hati para konsumen senang maka bukan tidak mungkin mereka akan melakukan promosi secara tidak langsung kepada orang yang mereka kenal. Selain itu, kini jamannya media sosial maka tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan media sosial sebagai media promosi Anda. Gunakan instagram untuk memposting foto-foto makanan Anda dan Anda dapat melakukan kerjasama dengan beberapa pihak seperti artis atau orang berpengaruh untuk mengendorse usaha Anda.

Salam Pencerahan!

 

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>