Kiat Sukses Membangun Network Bisnis

Jaringan atau biasa disebut networking dalam dunia usaha merupakan salah satu hal yang tidak bisa disepelekan. Di dalam suatu dunia bisnis, tidak sedikit dari pakar bisnis yang beranggapan bahwa kesuksesan yang terjadi pada suatu usaha diakibatkan karena adanya jaringan yang cukup baik. Oleh karena itu, networking atau sering dikenal dengan nama jaringan tidak bisa dipandang sebelah mata akan pengaruhnya dengan bisnis yang  dijalani.

Related Article : Langkah Membangun Bisnis yang Harus Anda Lewati

Untuk mengembangkan suatu bisnis, maka mau tidak mau Anda harus memiliki jaringan yang sangat luas. Tetapi pada kenyataan dilapangan cukup berbeda, tidak semua pebisnis dapat dengan mudah mengembangkan jaringan, ada beberapa dari mereka mengalami kesulitan dalam mengembangkan jaringan bisnisnya. Supaya lebih mudah dalam memperluas jaringan atau bisnis network Anda, berikut beberapa kiat sukses membangun network antara lain :

Fokus pada mitra kerja

Pada saat Anda sedang berbicara dengan mitra kerja, maka usahakan pandangan mata sepenuhnya tertuju pada mitra kerja tersebut secara wajar dan tidak terlalu berlebihan serta tunjukan keseriusan Anda kepadanya. Selain itu tidak perlu merasa malu atau merasa aneh dengan cara memberikan perhatian kepadanya karena yang namanya perhatian pada mitra kerja merupakan suatu hal yang wajar saja, asalkan masih dalam taraf normal tetunya. Hal tersebut untuk menunjukan tentang keseriusan Anda bekerjasama menjalin bisnis dengannya.

Membicarakan hal yang relevan

Pada saat sedang berbicara dengan mitra kerja, maka pastikan bahwa Anda tidak berbicara sembarangan seenaknya sendiri. Biasanya ketika seseorang yang sedang mengobrol dengan mitra bisnisnya akan membicarakan beberapa hal yang sesuai dengan tema, sehingga akan dianggap selalu mengamati dan fokus pada topik pembicaraan. Dengan cara itu mitra kerja akan merasa lebih dihargai dan jaringan bisnis yang Anda bangun akan tetap terjaga serta berjalan dengan baik.

Berkenalan dengan mitra

Jangan lupa untuk menanyakan nama mitra kerja, apabila memang kurang jelas tanyakan dahulu sampai Anda dapat mendengarnya dengan jelas, serta mengingat selalu nama mitra kerja tersebut. Hal itu merupakan hal yang sangat mendasar, karena tidak satu orang yang tentunya mau apabila namanya salah disebut. Sehingga dengan selalu mengingat nama nitra networking dengan jelas, maka secara tidak langsung Anda akan selalu dipandang sebagai orang yang dapat dipercaya karena dianggap bisa menghargai, perhatian dan serius dalam membangun suatu mitra bisnis.

Related Article : 5 Hal Penting Saat Menjalankan Bisnis dengan Teman

Disiplin dan bertanggungjawab

Apabila Anda memang orang yang cukup serius untuk membangun sebuah jaringan atau network bisnis, maka sebaiknya benar – benar bisa menunjukan hal tersebut kepada calon mitra kerja. Biasanya calon mitra kerja akan mencari seorang mitra kerja yang dapat mereka percayai dan kebanyakan dari definisi orang yang dipercayai tersebut adalah orang yang ulet dalan bekerja, disiplin, dan juga bertanggungjawab.

Tersenyum

Usahakan Anda untuk tidak lupa selalu tersenyum kepada mitra bisnis baik itu pada saat pertama kali bertemu atau saat mau berpisah. Selain itu jangan lupa untuk selalu berjabat tangan. Biasakan Anda selalu tersenyum secara normal dan juga wajar, karena hal itu merupakan senjata yang cukup sederhana dan dapat untuk membangun mitra bisnis supaya berjalan dengan baik dan membangun kepercayaan bisnis.

Cepat dan tanggap

Pada saat Anda telah bertemu dengan mitra bisnis dan telah menemui sebuah kesepakatan, maka hal selanjutnya yang harus dikerjakan adalah dengan cara merealisasikan pembahasan tersebut. Biasanya orang atau mitra bisnis akan merasa senang apabila kesepakatan yang telah diakukannya terdapat suatu tindak lanjut sebagai kelanjutan dari hal tersebut. Realisasikan kesepakatan itu dengan cara yang cepat dan tanggap.

Itulah beberapa kiat sukses dalam membangun network bisnis. Apabila Anda melakukan hal diatas, maka dapat dipastikan mitra bisnis akan merasa senang dan dapat mpercayakan bisnis mereka selanjutnya. Membangun mitra bisnis sukses bukan suatu hal yang mudah, asalkan Anda dapat memberikan rasa nyaman dan percaya kepada mitra kerja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua orang yang ingin membangun jaringan bisnis yang sukses dan terpercaya.

Related Article : Langkah Tepat Merealisasikan Peluang Bisnis

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>