Langkah Kerja Marketing untuk Memaksimalkan Hasil

Marketing merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu perusahaan. Semua proses dari kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan pasar, disebut marketing. Perlu adanya strategi dalam marketing, untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Langkah kerja marketing harus tepat, agar dapat memberikan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan.

Tugas dari marketing adalah memuaskan konsumen. Sehingga marketing bertanggung jawab terhadap perencanaan produk yang akan dipasarkan, penetapan harga, promosi produk, perencanaan sasaran konsumen, dan pendistribusian produk. Ada 7 strategi yang harus dikuasai marketing, yaitu mengenai produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, dan bukti fisik.

Related Article : Pentingnya Membentuk Marketing dalam Bisnis Baru

Keberhasilan suatu marketing dapat dicapai dengan memaksimalkan strateginya. Hal yang perlu dilakukan adalah memilih langkah yang cerdas dalam prosesnya. Marketing tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk memperoleh keuntungan maksimal. Biaya dapat diminimalisir jika marketing memiliki strategi yang cerdas.

Jangkauan kerja marketing harus luas, menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Produk yang dihasilkan sebaiknya tidak dirancang khusus untuk digunakan oleh jenis konsumen tertentu. Produk akan cepat terjual habis jika sasaran konsumennya adalah seluruh lapisan masyarakat. Hal ini akan mampu meningkatkan hasil penjualan.

Memiliki strategi unik dalam pemasaran juga harus dimiliki. Setiap staf pemasaran memiliki pemikiran yang berbeda-beda dalam membuat strategi. Usahakan strategi yang pada akhirnya dipilih nanti sebaiknya bukan strategi yang sudah umum dilakukan. Pilihlah sesuatu yang berbeda dan unik, dimana tidak semua orang mampu menduga dan melakukan langkah ini.

Related Article : 5 Tugas Sales Marketing yang Wajib Dikuasai

Pemilihan sarana atau teknologi yang tepat dalam pemasaran sangat diperlukan. Mengingat pentingnya teknologi dalam pemasaran, membuat Anda harus memilih teknologi yang sesuai dengan sasaran konsumen. Jika sasarannya adalah anak muda, Anda dapat menggunakan media sosial sebagai sarananya. Media sosial yang dipilih juga harus tepat, jangan asal memilih. Pilihlah media sosial yang banyak digunakan atau dibuka anak muda jaman sekarang.

Staf pemasaran harus bersikap komunikatif kepada pelanggan. Hal ini nantinya akan memunculkan kesan akrab terhadap pelanggan. Jika Anda sudah dapat menarik perhatian pelanggan, maka akan lebih mudah Anda dalam mengenalkan produk. Pelanggan akan lebih terbuka terhadap orang yang sudah dikenalnya dan mampu membuat dirinya merasa nyaman.

Jangan mudah puas dengan adanya pelanggan yang lama. Setelah mampu mendekatkan diri dengan beberapa pelanggan, cobalah untuk mencari konsumen baru lagi. Hal ini dapat memperluas jaringan Anda. Yakinkan konsumen untuk mau menggunakan produk Anda. Hal ini membuat jangkauan pemasaran menjadi luas, sehingga produk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Setelah produk dikenal masyarakat, diharapkan mampu memaksimalkan hasil penjualan.

Related Article : Fakta Mengejutkan Tentang Penjualan

Kerja marketing harus konsisten, hal inilah yang penting untuk diingat. Produk yang sejak awal sudah didesain bagus dan sudah mampu menarik pelanggan, sebaiknya tetap dipertahankan kualitasnya. Jangan mengurangi kualitas produk karena merasa sudah memiliki banyak pelanggan. Sering kali kualitas produk yang menurun akan membuat pelanggan berpaling dari penggunaan produk tersebut.

Berikanlah informasi yang bermanfaat konsumen. Hal ini merupakan bagian dari bentuk pelayanan terhadap konsumen. Informasi ini dapat berupa pengenalan kelebihan dan manfaat produk, serta cara memperoleh atau membelinya. Hal ini dapat menjadikan Anda seakan-akan seperti konsultan mereka.

Related Article : Inspirasi Bisnis yang Besar Karena Membagikan Produk GRATIS

Selanjutnya, cobalah untuk mencari tahu tentang respon konsumen terhadap produk yang dikeluarkan selama ini. Perhatikan apakah konsumen memberikan respon yang baik. Jika respon dari konsumen baik, maka memungkinkan untuk dilanjutkan proses pemasarannya. Cari tahu juga tentang komentar pelanggan setelah menggunakan produk. Hal ini merupakan salah satu bentuk pelayanan konsumen.

Kerja marketing dianggap berhasil jika ia sudah mampu menguasai daerah pemasaran. Selanjutnya keberhasilan itu harus diikuti oleh pencapaian hasil pemasaran yang maksimal. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan pelayanan terhadap konsumen. Hal ini merupakan tujuan utama dari marketing.

Salam Pencerahan!

 

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>