.st0{fill:#FFFFFF;}

Manajemen SDM: Fungsi dan Peran SDM Dalam Organisasi 

 February 11, 2021

By  Coach Tom

Perusahaan yang baik tidak hanya dapat memberikan pelayanan baik terhadap konsumen, memiliki pertumbuhan bisnis yang stabil, tetapi juga memiliki manajemen SDM yang baik. Karyawan sebagai sumber daya manusia merupakan aset yang sangat berharga bagi perkembangan perusahaan. Dengan memiliki manajemen SDM yang baik, Anda akan lebih mudah membentuk tim kerja yang efektif dan mempermudah Anda dalam mendapatkan keuntungan.

Manajemen SDM bertanggung jawab dalam menangani berbagai hal mengenai sumber daya manusia, serta bekerja sama dengan pimpinan untuk mengembangkan usaha. Dengan memiliki manajemen SDM, Anda dapat menjaga keberlangsungan perusahaan dengan baik. Selain itu, SDM yang dimiliki pun dapat bekerja dengan nyaman dan maksimal. Lalu apa saja fungsi dan peran manajemen SDM dalam organisasi? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Tugas manajemen SDM

fungsi-manajemen-sdm

Manajemen SDM memiliki beragam tugas yang berhubungan dengan karyawan seperti berikut:

1. Merekrut dan menyeleksi calon karyawan

Cara membentuk tim kerja yang efektif harus dilakukan sejak awal proses perekrutan karyawan. Tugas manajemen SDM yang pertama yaitu menemukan orang yang tepat untuk mengisi peran di seluruh divisi perusahaan. Tim manajemen SDM dapat mendeskripsikan kebutuhan posisi atau peran, lalu melakukan proses rekrutmen.

Proses rekrutmen yang dijalankan berupa serangkaian tahap seleksi seperti screening cv, tes psikologi, tes kemampuan, wawancara, dan sebagainya. Tugas manajemen SDM tidaklah mudah, karena sebelum dilakukan pengelolaan, manajemen SDM harus dapat menemukan karyawan terbaik dan tepat untuk kebutuhan peran di tiap divisi. 

2. Memberikan pelatihan dan mengevaluasi kinerja karyawan

Tugas manajemen SDM selanjutnya yaitu memastikan kinerja karyawan berjalan dengan baik sesuai dengan peran yang ditentukan. Tim manajemen SDM juga akan memonitoring dan mengevaluasi hasil kerja yang dilakukan karyawan. Sehingga dapat diketahui tugas apa saja yang sudah bagus dilakukan dan masih perlu ditingkatkan.

Jika terdapat kemampuan yang perlu ditingkatkan, maka tim manajemen SDM akan memberikan pelatihan kepada karyawan agar dapat bekerja dengan lebih produktif. Pelatihan karyawan tidak hanya diberikan kepada karyawan yang baru, tetapi juga terdapat pelatihan yang secara rutin diberikan untuk karyawan yang sudah lama bergabung. Dengan memberikan pelatihan dan pengembangan, karyawan akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir dan terus meningkatkan kinerjanya di perusahaan.

3. Mengatur kompensasi dan benefit karyawan

Tugas manajemen SDM lainnya di samping mengembangkan dan mengevaluasi kinerja karyawan, juga berperan dalam mengelola gaji, tunjangan dan benefit lainnya yang akan didapatkan oleh karyawan. Tim manajemen SDM akan memastikan sistem kompensasi diberikan secara adil agar memberikan kepuasan dan kesejahteraan pada karyawan.

Peran SDM

Karyawan sebagai sumber daya manusia di dalam perusahaan memiliki beragam fungsi menurut pembagian bidangnya, seperti:

1. Tenaga kerja

Peran SDM dalam organisasi yang pertama yaitu sebagai tenaga kerja. Dengan menjadi tenaga kerja, sumber daya manusia dapat menghasilkan produk atau jasa di perusahaan. Peran sebagai tenaga kerja merupakan peran SDM dalam organisasi yang paling banyak dilakukan. 

2. Pemimpin

Tidak sedikit peran SDM dalam organisasi yang bertugas sebagai pemimpin. Pemimpin merupakan peran SDM dalam organisasi yang bertugas mengatur, mengarahkan dan membimbing jalannya suatu organisasi atau perusahaan. Dengan memiliki pemimpin, sebuah perusahaan akan memiliki pemandu agar karyawan dapat bekerja dengan baik.

3. Pengusaha

Peran SDM yang juga banyak dijumpai yaitu pengusaha. Pengusaha berarti sumber daya manusia yang juga dapat berperan sebagai karyawan untuk usaha yang dimiliki. Pengusaha harus memiliki kemampuan untuk menentukan modal, bahan baku, proses produksi produk atau jasa hingga tahap penjualan. 

Beragam tugas dan peran yang dimiliki baik oleh manajemen SDM maupun karyawan itu sendiri, tidak akan berjalan dengan baik, jika tidak ada kerjasama yang baik antara tim manajemen SDM maupun karyawan. Oleh karena itu, perlu adanya strategi untuk membangun produktivitas dan efektivitas kerja sama tim agar perusahaan dapat terus tumbuh dan berkembang. 

Setelah mengetahui beragam tugas dan peran masing-masing SDM, tugas selanjutnya adalah memastikan masing-masing tim bekerja dengan efektif dan memiliki strategi yang tepat untuk membangun kerja sama tim. Agar Anda dapat mengetahui strategi yang tepat untuk membangun kerja sama tim, master coach Tom MC Ifle memiliki beragam webinar, free course dan premium course yang dapat Anda ikuti.

Anda dapat berkonsultasi dan mengikuti pelatihan untuk membantu menemukan cara membangun strategi team building yang baik, menemukan sumber kandidat karyawan yang potensial dan mengelola sumber daya manusia. Anda akan mendapatkan pelatihan dengan durasi pelatihan yang cukup serta workbook sebagai panduan yang dapat Anda pelajari kembali. Coach Tom MC Ifle merupakan coach berpengalaman yang memiliki banyak prestasi, salah satunya adalah pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Jadi tunggu apa lagi? Segera daftar di Premium Course coach Tom MC Ifle untuk dapat meningkatkan produktivitas SDM di perusahaan Anda!

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

Leave a Reply

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts