MARKETING ADALAH KUNCI POKOK KEBERHASILAN BISNIS

Apakah Anda memiliki suatu bisnis? Atau mungkin Anda merupakan bagian dari suatu bisnis? Istilah marketing pasti sudah tidak asing bagi Anda. Marketing dalam bahasa indonesia biasa dikenal dengan istilah pemasaran. Jadi marketing adalah suatu usaha yang digunakan untuk memasarkan produk, atau mengenalkan produk kepada masyarakat dengan berbagai cara, agar produk tersebut menjadi banyak diminati oleh masyarakat luas.

Banyak orang menghindari profesi marketing. Padahal profesi ini adalah bagian penting perusahaan. Marketing dibentuk dengan tujuan untuk menyusun strategi agar barang dapat sampai ke tangan konsumen. Oleh karena itu, diperlukan orang-orang terpilih untuk dapat menduduki posisi tersebut. Staf marketing dibentuk dan dilatih sedemikian rupa agar menghasilkan tenaga berkualitas, yang dapat menyusun strategi pemasaran dengan baik. Sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Related Article : Cara Marketing Membuat Produknya Laris Dalam Waktu Sekejap

Setelah mengetahui tujuan pembentukan marketing, kita juga harus tahu tugas bagian marketing. Tugas marketing adalah merencanakan produk, menetapkan harga, menditribusikan barang, dan membuat konsumen puas terhadap pelayanan perusahaan. Bagian marketing dalam menjalankan tugasnya, selalu berorientasi pada perencanaan laba. Bukan hanya menghasilkan penjualan, namun harus ada stretegi seefisien mungkin agar tercapai keuntungan bisnis.

strategi-marketing

Selain itu proses pemasaran juga berorientasi pada strategi pemikiran jangka panjang. Strategi marketing harus dijalankan dan direncanakan sebaik mungkin, agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi keadaan bisnis ke depannya. Seseorang yang mendapat tugas di bidang marketing harus berhati-hati dalam mengambil keputusan. Keputusan yang dia ambil sebelumnya harus dipikirkan dulu dampaknya bagi bisnis yang dijalankan.

Related Article : Langkah Kerja Marketing untuk Memaksimalkan Hasil

Pikirkan dulu apakah keputusan yang diambil akan mendatangkan ancaman bagi bisnis. Pikirkan juga kesempatan yang diperoleh di masa depan dengan mengambil kesempatan itu. Staf marketing harus pandai mengambil peluang yang ada. Keputusan yang ia ambil harus memberikan peluang yang baik untuk kehidupan bisnis ke depannya.

Marketing adalah ujung tombak suatu bisnis. Untung ruginya bisnis dapat dilihat dari proses marketingnya. Oleh karena itu orang yang berkedudukan sebagai staf marketing harus pandai dalam menyusun strategi. Jangan sampai salah dalam mengambil strategi, karena dampaknya terhadap kehidupan bisnis sangat tinggi.

Leader Efektif

Marketing harus memiliki strategi yang baik dalam menangani masalah di pasar. Lakukan perencanaan dan pengamatan yang baik terhadap kondisi pasar pada saat itu. Kenali apa yang sedang dibutuhkan masyarakat pada saat itu. Hal ini perlu dilakukan agar produk yang dihasilkan nanti dapat diterima masyarakat. Perhatikan juga harga barang di pasaran. Jangan sampai produk yang dipasarkan nantinya menjadi kalah saing dengan perusahaan lain.

Related Article : Pentingnya Membentuk Marketing dalam Bisnis Baru

Orientasi kerja marketing yang utama terletak pada pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama proses ini. Lebih baik mempertahankan image produk di depan pelanggan daripada mencari konsumen baru. Lebih baik meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, daripada mencari konsumen baru. Proses ini bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Mencari pelanggan yang loyal lebih susah dibandingkan mencari konsumen baru.

pelanggan1

Pelanggan sebagai raja, berhak memperoleh pelayanan yang baik. Keuntungan suatu bisnis diperoleh dari pelanggannya. Bagian pemasaran harus tau cara mencari dan mempertahankan pelanggan, agar tetap loyal menggunakan produk Anda. Jangan membuat pelanggan Anda kecewa. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya masalah pada bisnis Anda. Pelanggan yang kecewa, memiliki kemungkinan besar akan enggan menggunakan produk Anda lagi. Hal itu akan mengurangi penjualan Anda.

Related Article : 5 Tugas Sales Marketing yang Wajib Dikuasai

Orientasi kerja marketing yang utama terletak pada pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama proses ini. Lebih baik mempertahankan image produk di depan pelanggan daripada mencari konsumen baru. Lebih baik meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, daripada mencari konsumen baru. Proses ini bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Mencari pelanggan yang loyal lebih susah dibandingkan mencari konsumen baru.

Melihat kompleksnya tugas marketing, menunjukkan bahwa marketing adalah kunci utama dari suatu bisnis. Keuntungan yang diperoleh suatu bisnis bergantung pada kerja staf marketingnya. Oleh karena itu,staf marketing harus bekerja sebaik mungkin agar dapat memberikan keuntungan yang besar pada bisnis yang sedang diikuti. Strategi yang diambil juga harus tepat, agar bisnis tidak mengalami kerugian.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>