Mengatur Tugas Sales untuk Mencapai Target Maksimal

Target perusahaan dapat dimaksimalkan dengan cara pengaturan tugas sales dengan benar. Temukan sesuatu yang dapat mendongkrak penjualan agar perusahaan kian berkembang pesat. Asah kreativitas guna menciptakan penyegaran produk dan tingkat pelayanan.

Related Article : Kemampuan Penting yang Wajib Dimiliki Sales Marketing

1. Bekali dengan Pengetahuan yang Cukup

Pengetahuan mengenai spesifikasi produk wajib dikuasai sales sebelum terjun ke lapangan. Hal ini agar mereka mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan calon pelanggan dengan cepat dan tepat. Jawaban yang memuaskan dapat membuat si penanya yakin dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk.

 

Penyampaian materi bisa secara langsung, yakni dengan membuka kelas kecil yang berisi semua anggota sales dalam satu tim. Pembekalan ini dilakukan secara bergantian untuk menekan biaya mentor. Selain itu, tim yang lainnya tetap bisa beroperasi sesuai lokasi pasar yang telah ditentukan.

Berikan modul agar dapat dipelajari di rumah, poin yang belum jelas bisa secara mendalam diulas kembali. Sajikan modul dengan bahasa yang mudah dimengerti dan singkat saja. Paparan yang terlalu panjang tidak efisien dan menurunkan minat membaca. Tuliskan garis besar pokok materi sehingga sales dapat mengembangkannya sendiri terkait apa yang dimaksud.

Related Article : Cara Menciptakan Strategi Marketing Paling Jitu

2. Bagi Pengalaman Sales Profesional

Keberhasilan sales profesional menunjukkan bahwa mereka mampu menaklukan pasar. Kendala sudah pasti menghalangi setiap langkah, namun strategi jitu membuatnya tetap berjalan maju. Berbagi pengalaman kepada sales pemula tentang cara menyelesaikan masalah di lapangan ialah tugas sales profesional tersebut.

 

Jam terbang dan kerja keras merupakan peralihan dari pemula ke tenaga handal. Semakin lama Anda menyandang status sales, maka semakin mahir ketika harus berhadapan dengan banyak orang. Karakteristik tiap individu berbeda-beda, inilah yang harus dikuasai satu per satu. Sesuaikan strategi promosi berdasarkan karakater masing-masing.

Kerja keras mempersingkat peralihan proses menuju ke gelar profesional. Selalu mencoba dan bangkit dari kegagalan ialah kuncinya. Jangan mudah menyerah ketika Anda belum bisa menembus target. Lakukan segala cara sampai apa yang diinginkan berhasil digenggam. Pertahankan sesuatu yang membuahkan hasil dan tinggalkan penyebab kegagalan terjadi.

Related Article : Pentingnya Membangun Sistem Marketing Dalam Bisnis

3. Bangun Tim yang Solid

Kekompakan sebuah tim menghasilkan peningkatan penjualan secara menyeluruh. Saling bahu mebahu menemukan strategi ampuh untuk memperoleh lebih banyak pelanggan merupakan tugas sales yang wajib dikoordinasikan. Satu dengan yang lainnya harus saling berkomukasi agar terbentuk sebuah sistem.

Tim ialah faktor internal penentu keberhasilan pencapaian target. Jika telah terbangun solid, maka langkah selanjutnya dapat diputuskan bersama. Tampung ide anggota, diskusikan dalam forum hingga terpilih satu solusi terbaik. Sampaikan saran atau kritikan dengan bahasa sopan dan perilaku santun supaya penerimaan sesuai apa yang dimaksud.

4. Evaluasi

manajemen-bisnis

Cara mengetahui target tercapai atau tidak ialah dengan melakukan evaluasi. Perusahaan memonitoring kinerja sales setiap satu bulan sekali. Penilaian ketepatan pemilihan strategi terlihat jelas saat presentasi hasil dilakukan. Kemungkinan kegagalan disebabkan oleh dua faktor, yakni internal dan eksternal.

Internal berarti dalam lingkup perusahaan, bisa karena ketidaksesuaian produk dengan selera masyarakat. Belum terlaksananya semua tugas sales dengan tepat juga dapat menjadi penyebabnya. Sedang faktor eksternal yang dimaksud berupa kondisi pasar yang lesu atau rendah terhadap permintaan.

Perekonomian negara sangat mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap suatu produk. Pahami selera pelanggan yang menginginkan produk berkualitas tetapi patokan harga jual rendah. Tekan biaya produksi dan distribusi agar produk sesuai keinginan mereka.

Related Article : Bagian Terpenting Tentang Sales adalah Ini

Target penjualan memang harus meningkat seiring perkembangan perusahaan. Pacu semangat sales agar dapat menyalurkan produk secara besar-besaran di waktu yang singkat. Semakin cepat gerak mereka, maka kian dekat perusahaan ke gerbang kejayaan. Pertahankan prestasi yang telah berhasil diraih dan terus lakukan peningkatan. Perusahaan domestik banyak yang sudah menembus pasar manca negara. Persaingan dengan negara ialah tantangan yang harus Anda coba.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>