apa itu manajemen sumber daya manusia

Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Tujuannya

Apa itu manajemen sumber daya manusia – Saat ini Anda mungkin bertanya-tanya apakah yang harus saya lakukan untuk bisa membuat perusahaan saya makin berkembang dan memiliki pencapaian yang lebih dari sekarang dan juga pesaing-pesaing bisnis saya.

Haruskah menambah dana investasi untuk kegiatan promosi dan pemasaran? Apakah harus mengganti sarana yang digunakan untuk operasional dengan teknologi yang lebih baru? Atau haruskah saya menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan terkait untuk ekspansi? Anda bisa melakukan berbagai macam hal untuk mengembangkan perusahaan, namun satu hal yang menjadi sangat penting berkaitan dengan kemajuan bisnis adalah sumber daya manusia yang Anda miliki.

Banyak perusahaan-perusahaan bahkan perusahaan rintisan sekalipun menggelontorkan banyak dana untuk mengadakan proses rekrutmen untuk mendapatkan sumber daya manusia terbaik yang bisa berkontribusi untuk perusahaan. Jika Anda sudah memiliki SDM yang mumpuni langkah selanjutnya adalah mengembangkan SDM yang sudah ada agar menjadi aset yang lebih berharga untuk perusahaan. Seperti yang dikatakan oleh Elbert Hubbard, “Satu mesin bisa melakukan pekerjaan 50 orang biasa, namun tidak ada mesin yang bisa menggantikan kerja satu orang yang luar biasa”. Karena itu untuk mencetak aset-aset SDM yang luar biasa, diperlukan manajemen sumber daya manusia di perusahaan Anda. Apa itu manajemen sumber daya manusia?

Mengenal manajemen sumber daya manusia

Sebelum membahas mengenai apa itu manajemen sumber daya manusia, sebelumnya Anda harus paham tentang pentingnya kualitas SDM dalam organisasi. Sumber daya manusia atau SDM disebut-sebut sebagai aset paling berharga yang bisa Anda miliki dalam organisasi, atau dalam hal ini adalah organisasi perusahaan. Bagaimana tidak? Setiap SDM yang dimiliki perusahaan memiliki pengetahuan, keahlian dan keterampilan, pengalaman, kemampuan berpikir dan moral motivasi untuk berkembang, yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai target dari perusahaan. Perlengkapan komputer yang canggih, jaringan koneksi internet tercepat, ruangan kantor yang nyaman, atau peralatan manufaktur yang bekerja dengan efisien hanya merupakan sarana yang tanpa adanya SDM berkualitas tentu hanya menjadi alat yang mahal saja.

Karena peran pentingnya dalam sebuah perusahaan diperlukan sebuah ilmu yang bisa mengatur sumber daya manusia yang disebut sebagai manajemen sumber daya manusia. Menurut Melayu SP Hasibuan, manajemen SDM adalah ilmu dan seni yang mengatur peran hubungan antara yang terlibat dalam dunia kerja agar SDM bisa bekerja secara efektif dan efisien dalam rangka untuk mencapai tujuan perusahaan dan pekerja secara khusus serta masyarakat secara umumnya. Sedangkan menurut Gary Dessler, manajemen SDM adalah kebijakan dan juga latihan yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan pekerja misalnya seperti rekrutmen, seleksi, pelatihan, kompensasi, dan aspek SDM lainnya.

Masih banyak lagi pendapat ahli lainnya tentang apa itu manajemen sumber daya manusia. Pada intinya manajemen sumber daya manusia merupakan sebuah fungsi yang terdapat di dalam sebuah perusahaan yang terkonsentrasi pada proses perekrutan karyawan, mengelola, dan mengarahkan sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Jika dijalankan secara efektif, manajemen SDM bisa memberikan kontribusi yang sangat penting bagi operasional perusahaan terutama dalam tujuannya untuk mencapai target tujuan perusahaan. Anda ingin perusahaan bisa mencapai target yang lebih efektif dan efisien? Maka mulailah memperkuat manajemen sumber daya manusia yang ada di perusahaan Anda.

Baca Juga : Langkah Membangun Bisnis Yang Harus Anda Lewati

Tujuan memiliki manajemen sumber daya manusia pada sebuah perusahaan

Kini Anda sudah tahu mengenai sumber daya manusia yang tidak hanya sekedar merekrut personil atau karyawan dengan latar belakang yang baik serta karakter yang positif. Ada banyak aspek yang termasuk dalam manajemen sumber daya manusia terutama setelah personel-personel tersebut sudah menjadi bagian dari organisasi Anda ini. Mengenai pentingnya memahami apa itu  manajemen sumber daya manusia yang lebih komprehensif, sebenarnya apa sih tujuannya secara khusus? Menurut Barry Cushway, seorang konsultan di bidang sumber daya manusia, tujuan manajemen SDM pada sebuah perusahaan adalah untuk:

  1. Membuat kebijakan dan juga pertimbangan

    Manajemen SDM memiliki tujuan untuk memberikan motivasi kepada para personel, sehingga bagian perusahaan yang mengatur mengenai manajemen SDM harus memiliki kebijakan yang berhubungan dengan meningkatkan motivasi serta moral para pekerja agar selalu tetap produktif.

  2. Membantu perusahaan untuk mencapai tujuan

    Perusahaan membuat berbagai macam kebijakan untuk mencapai targetnya, Anda pun  juga pastinya menerapkan berbagai macam kebijakan maupun aturan dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Manajemen SDM berfungsi untuk menerapkan kebijakan tersebut kepada karyawan namun juga memperhatikan dampak yang terjadi dari kebijakan tersebut terhadap personel.

  3. Memberikan dukungan pada perusahaan

    Perusahaan perlu didukung dengan aset yang bisa memiliki produktivitas tinggi, serta lingkungan kerja yang kondusif. Maka dari itu tujuan manajemen sumber daya manusia adalah untuk memastikan perusahaan memiliki dukungan dari kualitas sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki etos kerja yang tinggi, loyal dengan perusahaan, dan memiliki motivasi untuk bekerja keras serta berinovasi dalam mengembangkan produk perusahaan.

  4. Penyedia solusi masalah

    Beberapa masalah yang bisa terjadi di kalangan personel perusahaan misalnya merasa jenuh dengan pekerjaan, merasa tidak berkembang, bermasalah dengan atasan maupun rekan kerja, dan sebagainya. Manajemen sumber daya manusia yang diterapkan secara efektif bisa membantu perusahaan untuk menyelesaikan masalah di kalangan SDM.

Salah satu bentuk implementasi dari tujuan manajemen sumber daya manusia sebagai penyelesaian masalah adalah dengan memberikan pelatihan bisnis kepada personel karyawan. Pelatihan bisnis tidak hanya meliputi mengasah keterampilan serta keahlian teknis namun juga bisa bermanfaat untuk membangun loyalitas, trik-trik untuk lebih mudah mengajak rekan kerja bekerja sama dan kompak, bagaimana caranya menghadapi atasan dengan berbagai macam karakter, serta bagaimana caranya mengatur pola pikir yang sehat jika ingin berkembang dalam karirnya. Pelatihan bisnis yang dilakukan oleh profesional merupakan bentuk dari manajemen sumber daya manusia yang nyata. Demikian adalah pembahasan mengenai apa itu manajemen sumber daya manusia.

Salam Pencerahan

referensi:

https://www.griffith.ie/blog/importance-human-resource-management
https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/manajemen-sumber-daya-manusia.html

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>