.st0{fill:#FFFFFF;}

Pentingnya Customer Satisfaction Sebagai Pemicu Word of Mouth Untuk Bisnis Anda 

 Agustus 5, 2021

By  Coach Tom

Tahukah Anda bahwa customer satisfaction atau kepuasan pelanggan dapat memicu strategi word of mouth untuk bisnis Anda? Ya, strategi marketing word of mouth dari dulu memang banyak diterapkan untuk menambah jumlah pembeli di Indonesia. Dimana strategi marketing tersebut bisa memberikan dampak signifikan sebab biasanya masyarakat yang ada di Indonesia gemar berkumpul dan bersosialisasi, baik bersama tetangga maupun teman-temannya.

Metode marketing melalui word of mouth sebenarnya tak hanya membuat para pelanggan membicarakan produk Anda saja, tetapi juga dapat mengubah pelanggan menjadi penggemar atau pelanggan tetap. Sehingga mereka inilah yang nantinya selalu memberitahukan tentang brand Anda berkat customer satisfaction. Pasalnya metode pemasaran dari mulut ke mulut karena customer satisfaction ini tak pernah mati, belum lagi dengan adanya platform media sosial untuk membuat segalanya lebih muda.

Strategi word of mouth bagi bisnis ini penting, karena para pelanggan yang merasa puas terhadap produk Anda bisa mengarahkan peluang bagi pelanggan baru untuk mencoba bisnis dan brand Anda. Jadi, inilah maksud pentingnya customer satisfaction sebagai pemicu word of mouth.

Apa yang Dimaksud Dengan Word Of Mouth?

Metode marketing dengan sistem word of mouth ialah saat minat pelanggan terhadap layanan atau produk perusahaan tergambar lewat dialog merek sehari-hari. Sistem pemasaran ini didorong lewat berbagai kegiatan publisitas oleh perusahaan, maupun aktivitas yang berpeluang mendorong komunikasi antara konsumen ke pihak pemasar dan dari konsumen ke pihak konsumen lainnya.

Dalam strategi pemasaran word of mouth dengan memanfaatkan customer satisfaction ini, ada 2 jenis yang bisa Anda pahami :

  • Metode tradisional, yaitu metode pemasaran yang disebarkan oleh satu orang kepada orang lain menurut rekomendasi.
  • Metode pemasaran modern yang menggambarkan tentang upaya apa yang ditargetkan serta contoh apa saja yang terjadi dengan cara alami. Dalam hal ini, para pengguna saling berbagi customer satisfaction atau kepuasan pada satu merk.

Apa Pentingnya Customer Satisfaction Sebagai Pemicu Word of Mouth Dalam Bisnis?

Ada beberapa manfaat dan keuntungan customer satisfaction untuk memicu pemasaran dari mulut ke mulut dalam bisnis, sebagai berikut :

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Baru

Pentingnya customer satisfaction untuk memicu word of mouth ialah bisa membangun kepercayaan konsumen mengenai produk yang telah ditawarkan perusahaan. Jika produk ini diminati pembeli, lalu mereka merasa puas terhadap produk yang mereka beli atau gunakan. Maka melalui customer satisfaction ini bisa membuat pelanggan lebih percaya terhadap produk dari merek atau bisnis yang Anda tawarkan.

Berdasarkan customer satisfaction inilah, mereka nantinya merekomendasikan produk atau brand Anda ke teman-teman atau orang-orang disekitarnya. Hingga akhirnya membuat para calon pelanggan lain lebih mempercayai produk Anda.

2. Bisa Membangun Brand

Bagi pemilik usaha baru yang masih merintis, tentu sangat membutuhkan trik dalam membangun brand maupun bisnis agar bisa dikenal pelanggan dengan mudah. Di samping melakukan branding di media sosial maupun yang lainnya, customer satisfaction yang mendorong strategi word of mouth dapat menjadi alternatif untuk membangun bisnis Anda.

Dengan customer satisfaction yang melahirkan pemasaran dari mulut ke mulut pastinya bisa membantu Anda untuk membangun brand agar lebih kredibel. Saya memiliki kelas atau courses online untuk meningkatkan sales dengan berbagai cara salah satunya menggunakan kampanye untuk meningkatkan brand. Dapatkan penawaran menarik untuk ikut courses online Sales & Marketing disini.

3. Strategi Pemasaran yang Efektif

Bagaimanapun melahirkan metode pemasaran dari mulut ke mulut berdasarkan kepuasan pelanggan bisa memberikan pengaruh kuat terhadap calon konsumen. Hal ini dikarenakan biasanya konsumen mencari referensi atau rekomendasi langsung dari pelanggan yang sudah berpengalaman membeli sekaligus menggunakan produk Anda. Baik itu lewat kerabat, teman, maupun dari pelanggan produk itu sendiri.

Strategi ini dirasa cukup efektif sebab tak akan ada orang lain yang mengikuti sebuah ulasan atau perbincangan sebuah produk apabila mereka tak tertarik pada topik diskusi ini. Selain itu, metode ini juga bisa diaplikasikan sebagai sebuah media promosi secara halus karena langsung mengenai calon konsumen.

Menariknya lagi, strategi ini tidak dibatasi waktu, ikatan sosial, keluarga maupun batasan fisik lainnya.

Baca Juga : Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

4. Tidak Perlu Menghamburkan Banyak Biaya Untuk Promosi

Melalui customer satisfaction dengan pemasaran dari mulut ke mulut, membuat perusahaan tak perlu lagi harus mengeluarkan banyak biaya untuk memasarkan produknya. Karena dengan customer satisfaction ini secara tak langsung melahirkan metode promosi dari mulut ke mulut sehingga membantu sistem marketing secara gratis.

Hanya memanfaatkan customer satisfaction dari pembeli atau pelanggan Anda terhadap produk yang ditawarkan, mereka pun secara tak langsung dapat membantu Anda mempromosikan brand atau produk ke orang yang disekitarnya. Jadi Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya banyak saat mempromosikan produk. 

Baca Juga : Cara Membangun Brand Untuk Bisnis Anda

Kiat Menjalankan Strategi Pemasaran Word of Mouth

Ada Beberapa Kiat Menjalankan Strategi Pemasaran Dari Mulut Ke Mulut Dengan Memanfaatkan Customer Satisfaction Berikut Ini :

1. Dapatkan Review atau Testimoni Pelanggan

Untuk menciptakan strategi marketing dari mulut ke mulut yang positif, cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan meminta pembeli atau pelanggan yang sudah menggunakan produk untuk mengulas produk Anda. Selain itu, Anda bisa meminta customer satisfaction kepada pelanggan terhadap produk Anda. Minta pelanggan memberikan testimoni atau ulasan membuat video secara singkat.

Selain itu, berikan pula sedikit reward kepada pembeli yang akan memberikan testimoni, seperti mendapatkan diskon pembelian maupun yang lainnya. Jika Anda sudah mendapatkan customer satisfaction lewat testimoni, selanjutnya Anda bisa mengunggah testimoni atau ulasan tersebut via website, sosial media maupun akun sosmed yang lainnya.

Baca Juga : Prioritaskan Pada Kepuasaan Pelanggan

2. Melibatkan Pelanggan di Akun Sosmed

Sosial media adalah media yang banyak diminati saat ini dan sosial media tersebut juga menjadi peluang untuk para pengusaha lewat promosi bisnisnya. Dengan memanfaatkan sosial media, Anda bisa mencoba melibatkan pelanggan sebisa mungkin untuk memberikan ulasan customer satisfaction dengan cara memposting foto customer yang sedang memakai produk Anda.

Anda juga bisa melakukan tag dan mention pelanggan lalu ucapkan terima kasih kepada pelanggan atas kepercayaan yang mereka berikan karena sudah memakai produk Anda.

3. Persiapkan Media Komunikasi

Selain customer satisfaction, terkadang ada saja sebagian konsumen yang mungkin saja ingin mengatakan hal-hal terkait produk yang dijual. Selain itu, ingin memberikan kritik atau saran tentang produk Anda. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan promosi dari mulut ke mulut, maka anda perlu mempersiapkan media untuk dijadikan alat komunikasi yang terjadi antara perusahaan bersama pihak pelanggan.

Melalui media ini, para pelanggan dapat menceritakan semua hal yang diperlukan atau dapat menyampaikan saran dan kritik yang akan disampaikan. Jadi dengan adanya media komunikasi ini, Anda tentu bisa mengetahui kritik atau saran apa saja yang disampaikan pelanggan. Sekaligus bisa menyelesaikan masalah tanpa tanpa menghabiskan waktu banyak.

Itulah trik customer satisfaction untuk melahirkan promosi dari mulut ke mulut untuk mempermudah dan mempercepat proses penjualan produk Anda kepada calon pelanggan. 

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Manajemen Piutang: Pengertian Manajemen Piutang, Tujuan & Fungsinya
Ciptakan Annual Meeting yang Berkesan
20 Pertanyaan Performance Appraisal Tahunan
Kenali Cara Menjadi Data Analyst & Tugas Data Analyst