PENTINGNYA MARKETING PLAN AGAR PRODUK ANDA LAKU KERAS

Marketing memiliki peran penting dari suatu bisnis. Setiap kegiatan pemasaran, akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis. Oleh sebab itu, sebelum dilakukan pemasaran perlu dibuat adanya rencana pemasaran atau bisa disebut marketing plan. Rencana harus dibuat sebaik mungkin, karena memiliki pengaruh terhadap proses pemasaran. Kegiatan ini penting untuk dilakukan, sebagai rambu-rambu dalam melaksanakan kegiatan marketing.

Related Article : Marketing adalah Kunci Pokok Keberhasilan Bisnis

Cara membuat marketing plan yaitu, awalnya Anda harus memahami kondisi pasar dan pesaing Anda. Lakukan pengamatan di pasar terlebih dahulu. Amati bagaimana kondisi pasar saat ini, apakah memungkinkan untuk Anda menjual produk atau tidak. Selain keadaan pasar, Anda juga perlu mengamati kondisi pesaing Anda.

inovatif-dan-kreatif

Anda harus mampu menghasilkan produk yang unik, yang berbeda dengan pesaing Anda. Tetapkan target penjualan yang berbeda dengan pesaing Anda. Jika perlu lakukan juga cara pemasaran yang berbeda dengan pesaing Anda pada umumnya. Hal ini diharapkan dapat membuat konsumen tertarik, karena Anda memiliki sesuatu yang beda, dan yang lebih baik dari perusahaan pada umumnya.

Related Article : Pentingnya Bisnis Anda Menjadi Bisnis Unik

Langkah selanjutnya, pahami kondisi pelanggan Anda. Pada saat membuat suatu rencana, pahami dulu sasaran yang akan dicapai, dimana sasaran utama proses marketing adalah pelanggan. Rencanakan sesuatu yang bisa membuat pelanggan Anda tetap loyal dengan produk Anda. Bila perlu, minta masukkan dari pelanggan tentang cara pemasaran yang sudah Anda lakukan selama ini.

Pelanggan adalah salah satu referensi yang terbaik. Jangan pernah mengabaikan keluhan pelanggan. Jika pelanggan pergi akibat sikap buruk kita, hal itu akan mempengaruhi kondisi bisnis. Berikan tanggapan yang baik terhadap setiap keluhan pelanggan. Sehingga pelanggan merasa nyaman dan tetap bersedia menggunakan produk Anda.

Meningkatkan Loyalitas2

Related Article : 10 Strategi Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Adanya pelanggan juga dapat Anda gunakan untuk memperluas daerah pemasaran. Ajak pelanggan untuk menjadi mitra bisnis Anda. Setiap kegiatan marketing pasti diajarkan cara berinteraksi dengan pelanggan. Jadikan hal tersebut untuk memperluas jaringan komunikasi Anda, sehingga mampu untuk menambah pelanggan.

Jika Anda sudah bisa memahami pelanggan, ingatlah kembali bagaimana dulu pelanggan bisa percaya menggunakan produk Anda. Jadikan hal itu sebagai pedoman untuk merencanakan strategi baru. Hal ini dilakukan dengan maksud agar dapat menarik konsumen baru untuk bersedia bergabung.

pelanggan1

Kemudian, rencanakan tempat yang tepat untuk melakukan pemasaran. Pilih tempat yang memiliki kemungkinan besar akan didatangi konsumen sasaran Anda. Misalnya, jika Anda menjual barang elektronik, datanglah ke pusat perbelanjaan atau tempat yang banyak didatangi ibu rumah tangga. Hal ini tentunya akan memperbesar peluang terjualnya produk Anda.

Related Article : Mengapa Kepuasan Pelanggan adalah Strategi Terbaik

Marketing plan yang tidak kalah pentingnya adalah dalam menentukan media pemasaran. Media yang digunakan saat pemasaran dapat berupa poster, brosur, baliho, pembukaan stand di pameran atau tempat-tempat tertentu, pemasangan iklan di media sosial, dan masih banyak lagi.

Satu hal yang paling penting dalam membuat rencana kegiatan adalah menentukan anggaran. Besarnya anggaran sebaiknya tidak terlalu tinggi. Anggaran yang besar belum tentu mampu memberikan hasil yang besar juga. Hal ini tergantung pada cara Anda menyikapinya. Anggaran yang kecil juga akan mampu memberikan keuntungan besar, jika Anda cerdas dalam mengaturnya.

Pemasaran

Rencana berikutnya adalah menentukan tujuan pemasaran. Apabila tujuan pemasaran jelas, maka akan membuat Anda fokus untuk mencapainya. Sehingga kegiatan pemasaran pun tidak melenceng dari yang sudah direncanakan. Menentukan tujuan dalam bekerja sangat penting. Hal ini akan memacu semangat Anda untuk bekerja mencapai tujuan yang diinginkan. Jika tidak memiliki tujuan, tentunya tidak memiliki arahan dalam bekerja. Sehingga tidak akan mampu mencapai hasil.

Related Article : Pentingnya Strategi Marketing Mix Dalam Pemasaran

Membuat rencana sebelum bekerja sangat penting untuk dilakukan. Adanya marketing plan membuat kegiatan pemasaran menjadi terarah. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kerugian perusahaan. Oleh sebab itu, lakukan perencanaan yang jelas sebelum melaksanakan kegiatan.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>