Pentingnya Membentuk Marketing dalam Bisnis Baru

Definisi marketing ialah sebuah tim yang dibentuk secara khusus untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan. Transaksi antara penjual dan pembeli berawal dari peran tim ini. Penguasaan materi terkait semua yang berhubungan degan produk wajib dimiliki. Hal tersebut guna menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh calon pembeli. Komunikasi yang baik sangat diperlukan agar masyarakat yakin bahwa produk yang ditawarkan bermanfaat bagi mereka. Keberhasilan tim ditunjukkan dari jumlah produk yang berhasil terjual dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Related Article : 5 Tugas Sales Marketing yang Wajib Dikuasai

Bisnis yang masih tergolong baru wajib membentuk tim marketing guna menjalankan perannya dengan tepat. Tanggungjawab yang harus diemban relatif besar karena nasib akhir perusahaan ada di tangan tim pemasar.

1. Pengenalan Produk

Bisnis baru menghadirkan sesuatu yang belum diketahui masyarakat luas. Bagaimana mereka dapat membeli jika tidak mengenal produk yang Anda keluarkan. Kerja tenaga pemasar dimulai jauh-jauh hari sebelum secara resmi produk dapat ditransaksikan. Langkah ini bertujuan sebagai proses pengenalan sehingga ketika produksi rampung digarap, pasar telah siap menerimanya.

Umumnya, pelanggan lebih memilih produk yang sudah lebih dulu lahir daripada keluaran dari perusahaan teranyar. Alasannya jelas karena kualitas telah teruji oleh waktu. Singkirkan keraguan-raguan mereka dengan penyampaian informasi yang tertata. Susun poin penting apa saja yang menjadi keunggulan produk sebelum penyampaian.

5 hal

Bidik pangsa pasar sesuai sasaran produk, inilah bentuk efisiensi saat promosi berlangsung. Ketepatan pemilihan target pembeli mempengaruhi kecepatan target penjualan. Semakin banyak orang yang berhasil Anda gaet sebagai pelanggan, maka produk terjual semakin berpeluang besar. Cara menemukan lokasi semacam ini dengan cara melihat gaya hidup dan profesi. Kehidupan masyarakat desa pasti berbeda dengan perkotaan.

Related Article : Membuka Lowongan Sales untuk Perkembangan Bisnis

2. Penyalur Aspirasi Pelanggan

Komukasi intens yang terjadi antara pelanggan dengan marketing secara tidak langsung ialah bentuk wawancara. Sembari memperkenalkan produk, tanya jawab terkait apa yang diinginkan pelanggan bisa dilakukan. Jika masukan bersifat negatif, benahi produk Anda sesuai dengan apa yang pelanggan harapkan. Sebaliknya, pertahankan apa yang telah menjadi daya pikat sebuah produk.

Kemampuan pebisnis untuk membaca selera pelanggan secara umum menghadirkan produk yang pasti laris manis. Sebab, sesuatu yang selama ini belum pernah ada, ternyata berhasil Anda ciptakan. Tambah ketertarikan mereka dengan suguhan harga yang terjangkau. Sifat konsumtif kalangan menengah menjadi kuncinya.

Keinginan untuk mendapatkan produk baru sebenarnya ada tetapi tidak akan terwujud bila patokan harga terlalu tinggi. Pembeli menginginkan produk berharga rendah tapi dengan kualitas unggul. Hadirkan semua ini agar produk Anda laku keras di pasaran. Cara efektif meningkatkan minat pembeli ialah potongan harga ketika promo berlangsung. Ulangi cara yang sama saat kondisi pasar mulai lesu terhadap produk Anda.

Related Article : Fakta Mengejutkan Tentang Penjualan

3. Pemantau Kompetitor

Kompetitor akan selalu membuntuti kemana pun Anda melangkah. Peran ganda marketing ialah untuk melakukan sejauh mana pergerakan pesaing mengambil peluang. Strategi yang Anda gunakan jangan sampai sama dengan apa yang dilakukan kebanyakan perusahaan lain. Gunakan cara-cara yang unik dan tidak terkesan memaksa. Kegagalan merayu calon pembeli biasanya karena mereka tidak berminat membeli tetapi terus diberikan informasi tentang produk.

Jika target Anda telah didahului oleh pesaing, jangan langsung menghampiri dalam waktu dekat. Hal yang pasti dilakukan ialah penolakan karena produk sejenis telah ditawarkan sebelumnya. Tunggu sampai tiba waktu yang tepat, usahakan tanggal promosi Anda tidak jauh setelah gajian. Uang hasil jerih payah selama satu bulan masih digenggam, maka peluang terjualnya produk terbuka lebar.

Bersainglah secara sehat dengan kompetitor, jadikan semangat untuk menuju ke arah yang lebih baik. Asah kreativitas guna sebuah inovasi sistem dan manajemen perusahaan. Berusahalah memberikan informasi baru di setiap aksi marketing pada periode tertentu. Hindari kejenuhan masyarakat karena selalu mendengar penawaran yang seragam.

Related Article : Fakta Mengejutkan Tentang Penjualan

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>