Pentingnya Menjaga Nama Baik Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki nama yang menciptakan citra di kalangan masyarakat maupun para pelanggan bisnisnya. Untuk itu sangat penting bagi setiap pelaku bisnis agar menjaga nama baik perusahaan dengan tepat. Nama baik inilah yang akan menciptakan kepercayaan di kalangan pelanggan dan partner bisnis lainnya.

Dalam sebuah perusahaan, para karyawan dan semua elemen di dalamnya yang bertanggung jawab untuk menjaga reputasi perusahaan agar selalu baik di mata publik. Caranya yaitu dengan melaksanakan tugasnya secara sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap orang yang berhubungan dengan perusahaan tempat mereka bekerja.

Setidaknya terdapat 6 langkah yang perlu Anda lakukan sebagai pemilik atau karyawan perusahaan untuk menjaga nama baik perusahaan. Berikut ini berbagai langkah untuk menjaga nama baik perusahaan yang bisa Anda lakukan sejak saat ini :

1. Jangan Berpura-pura Tidak Ada Krisis

Masalah atau krisis yang tidak segera diselesaikan pada akhirnya akan membuat masalah atau krisis tersebut menjadi semakin besar. Selain itu, Robert Defillippo, Chief Communications Officer Prudential Finance mengatakan bahwa respon yang berlebihan sama bahayanya dengan respon yang terlambat.

2. Jangan Membuat Gesture Kosong

Tunjukkan bahwa diri Anda dan juga perusahaan Anda memiliki jiwa yang besar. Seperti misalnya saat Anda melakukan permohonan maaf, lakukanlah dengan sungguh-sungguh dan jangan jadikan hal itu sebagai formalitas belaka. Jika Anda bisa melakukannya dengan benar maka Anda dan karyawan telah bisa menjaga nama baik perusahaan dengan tepat.

3. Jangan Anti Memperbaiki Diri

Jika Anda atau perusahaan Anda melakukan kesalahan, akuilah kesalahan tersebut di hadapan pelanggan Anda. Beritahukan kepada pelanggan Anda bahwa Anda akan mengambil tindakan untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

4. Bangun Jaringan Komunikasi

Buatlah blog atau akun sosial media lainnya untuk membangun jaringan dan menjalin komunikasi dengan pelanggan atau karyawan perusahaan Anda.

5. Siapkan Crisis Communication Respons Team

Selain menyebarluaskan informasi penting kepada masyarakat, perusahaan Anda juga perlu memberikan respon yang baik. Anda bisa melakukan kedua hal tersebut dengan membentuk sebuah tim agar pelaksanaannya dapat berjalan secara maksimal.

6. Menjadi yang Berpengaruh

Milikilah interaksi yang baik dengan masyarakat agar Anda atau perusahaan Anda dapat menjadi pihak yang berpengaruh. Sebagai perusahaan yang berpengaruh maka bisnis Anda pun akan memiliki bergaining position yang baik di kancah market yang sedang Anda geluti.

Itulah 6 langkah yang perlu dilakukan oleh para pemilik atau karyawan perusahaan untuk menjaga nama baik perusahaan. Dengan melakukan dan menerapkan langkah-langkah tersebut, perusahaan akan dapat mempertahankan reputasi baik yang telah dimiliki selama ini. Status reputasi baik tersebut juga akan meningkatkan kepercayaan orang-orang yang berhubungan dengan perusahaan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>