.st0{fill:#FFFFFF;}

Pentingnya Metode DISC Sebagai Salah Satu Cara Membentuk Tim Kerja Yang Efektif 

 January 13, 2021

By  admin

Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat penting dalam menjalankan suatu bidang usaha. Dengan adanya sumber daya yang cukup dan efektif, suatu perusahaan dapat mengelola usaha dengan baik. Ada beragam cara membentuk tim kerja yang efektif di perusahaan. Dari mulai banyak melakukan diskusi bersama, pelatihan karyawan, melakukan bonding karyawan, rutin menilai performa kerja karyawan hingga melakukan tes kepribadian untuk karyawan. Bagi suatu perusahaan, penting untuk mengetahui kepribadian yang dimiliki oleh karyawan perusahaan tersebut. Kepribadian yang dimiliki oleh karyawan sangat berpengaruh terhadap hasil kinerja karyawan dan juga pada hasil bisnis. Hal tersebut membuat setiap perusahaan menggunakan beragam tes kepribadian sebagai salah satu tes untuk menerima calon karyawan. Cara ini digunakan sebagai salah satu cara membentuk tim kerja yang efektif di perusahaan.

Tes personality yang digunakan oleh perusahaan sangatlah beragam. DISC adalah salah satu tes personality yang umum digunakan. Metode DISC tidak menilai karakter seseorang dari tingkat intelegensi seseorang. DISC adalah singkatan dari empat jenis kepribadian yang ditonjolkan oleh seseorang yaitu Dominance (D), Influence (I), Steadiness (S) dan Conscientiousness (C). Fokus dari DISC adalah menampilkan bagaimana masing-masing individu dapat berkomunikasi dengan individu lainnya. Berikut adalah penjelasan masing-masing kepribadiannya:

Dominance (D)

Karakter pertama pada DISC adalah Dominance. Karakter dominan merupakan karakter yang suka memimpin karena berkemauan keras dan selalu termotivasi untuk mencapai tujuan. Karakter dominan juga menyukai tantangan dan berorientasi pada aksi-aksi besar dalam meraih hasil. Dari keunggulan ini, karakter dominan dapat diartikan sebagai pemimpin yang berkemauan keras. 

Karakter dominan memiliki keunggulan yang dapat digunakan sebagai pemimpin. Baik sebagai pemimpin dalam tim maupun menjadi pemimpin untuk perusahaan. Di sisi lain, karakter dominan harus banyak mengeluarkan energi saat harus menempatkan kesabaran dalam melakukan suatu pekerjaan, saat melakukan hal yang bersifat mikro atau detail dan saat harus lebih peka terhadap keadaan sekitar.

Influence (I)

Karakter kedua pada DISC adalah Influence atau memengaruhi. Karakter ini senang bersosialisasi, berkumpul dengan banyak orang, baik dengan orang baru maupun yang sudah dikenal, mampu menunjukkan antusiasme saat berbicara dengan orang lain dan dapat mencairkan suasana. Kemampuan karakter Influence dalam mempengaruhi orang lain menjadikan karakter ini sering ditempatkan dalam posisi koordinasi, promosi, hubungan masyarakat dan pemasaran.

Keunggulan yang dimiliki oleh karakter Influence juga dibarengi dengan hal-hal yang perlu mengeluarkan energi lebih untuk mereka, seperti saat mengorganisir hal yang ingin disampaikan agar energi yang dipakai untuk bersosialisasi menjadi lebih efektif dan saat harus menjadi pendengar yang baik.

Steadiness (S)

Karakter ketiga pada DISC adalah Steadiness. Dari arti katanya, steady berarti stabil atau teratur. Kepribadian karakter ini yaitu tenang, sangat berhati-hati, sabar dan teratur. Orang-orang dengan karakter steady biasanya banyak berperan sebagai kolaborator yang senang menjadi support dalam tim, mereka sangat loyal terhadap pekerjaannya dan senang membantu anggota tim yang kesulitan dengan senang hati. 

Di sisi lain, ada beberapa hal yang harus mereka lakukan dengan banyak mengeluarkan energi yang lebih. Hal-hal yang perlu perlu banyak energi untuk dilakukan oleh orang-orang dengan karakter steadiness yaitu saat mencoba mengambil langkah besar, saat harus beradaptasi terhadap perubahan, juga jika harus melakukan konfrontasi terhadap lawan bicara.

Conscientiousness (C)

Karakter keempat pada DISC adalah Conscientiousness. Karakter ini lebih banyak berfokus pada akurasi, ketepatan, kualitas dan kompetensi. Orang-orang dengan karakter ini biasanya cocok menjadi orang yang berurusan dengan hal detail seperti akuntan, keuangan, quality control, administrasi dan pekerjaan yang menuntut hal detail lainnya. Menjadi orang yang detail, sangat menjunjung tinggi kesempurnaan. Mereka sangat berhati-hati untuk melakukan pekerjaan agar tidak terjadi kesalahan. Sebaliknya, mereka perlu banyak energi untuk dapat mendelegasikan pekerjaan kepada anggota tim lain dan mengambil keputusan dengan cepat. Bagi orang-orang dengan karakter conscientiousness, segala hal harus diperhitungkan dengan baik agar pekerjaan berjalan dengan sempurna.

Agar perusahaan memperoleh kinerja yang maksimal, biasanya perusahaan mengatur cara membentuk tim kerja yang efektif dengan menggunakan metode DISC. Orang-orang dengan kepribadian Dominance dan Influence biasanya dikelompokkan dengan orang-orang dengan kepribadian Steadiness dan Conscientiousness agar membentuk tim yang unggul dalam memenuhi hasil target perusahaan.

Tes personality DISC adalah salah satu tes personality yang mudah dilakukan. Kita tidak perlu banyak menjawab pertanyaan untuk mengetahui hasil dari tes dengan metode DISC. Metode DISC yaitu membaca perilaku yang kita lakukan sehari-hari, bagaimana setiap individu berkomunikasi dan bagaimana kita bereaksi menghadapi suatu kejadian. Dari sini perusahaan dapat mengetahui cara membentuk tim kerja yang efektif sehingga tidak terjadi pemborosan sumber daya manusia yang digunakan. Berikut adalah manfaat yang didapat dari penggunaan metode DISC sebagai tes kepribadian untuk karyawan:

1. Mengetahui tipe komunikasi karyawan

Kualitas kerjasama tidak luput dari kualitas komunikasi antar anggota tim. Salah satu cara membentuk tim kerja yang efektif adalah dengan meningkatkan komunikasi agar terjadi kerjasama yang baik. Salah satu fungsi dari tes DISC adalah untuk mengetahui bahasa yang umum digunakan di masing-masing kepribadiannya. Dengan metode DISC, perusahaan akan mengetahui bagaimana karyawan dapat berkomunikasi satu sama lain. Kepribadian yang cenderung lebih senang berkumpul dan berbicara dengan orang lain, pasti lebih mudah diajak berkonsultasi dibanding orang dengan kepribadian yang pendiam. Jika perusahaan sudah mengetahui pengelompokkan kepribadian dari masing-masing karyawannya, hal ini sangat membantu perusahaan dalam memotivasi karyawan, mengelola konflik yang terjadi dan membantu memecahkan masalah yang ada.

2. Dapat mengatur posisi karyawan dalam tim

Mengatur posisi karyawan dalam tim merupakan salah satu cara membentuk tim kerja yang efektif untuk dilakukan perusahaan. Fungsi lain dari tes DISC adalah mengetahui keunggulan dari masing-masing kepribadian. Setelah melakukan tes kepribadian menggunaan metode DISC, tentunya terdapat beragam karyawan dengan beragam kepribadian yang menunjang kinerjanya di dalam tim. Hal ini sangat diperlukan adanya cara membentuk tim kerja yang efektif agar performa perusahaan semakin meningkat. Dengan metode DISC, posisi karyawan dalam tim akan semakin mudah ditentukan karena keunggulan dari kepribadian setiap anggota tim dapat ditempatkan di posisi yang tepat agar menunjang kinerja dan performa perusahaan. 

3. Memastikan pelatihan tepat sasaran

Cara membentuk tim kerja yang efektif lainnya adalah melakukan pelatihan untuk karyawan. Pelatihan karyawan sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia di perusahaan umumnya diadakan berdasarkan kebutuhan pada divisi tertentu. Dengan dibantu metode DISC, perusahaan tidak hanya dapat menentukan pelatihan yang cocok bagi suatu divisi, tetapi juga dapat menentukan cara pengembangan diri dari masing-masing karyawan. Sehingga, perusahaan dapat membentuk tim kerja yang efektif dengan sumber daya manusia yang berkualitas.

Metode DISC bukanlah satu-satunya cara membentuk tim kerja yang efektif yang dapat Anda lakukan. Agar Anda dapat mengetahui cara membentuk tim kerja yang efektif lainnya, master coach Tom MC Ifle memiliki beragam webinar, free course dan premium course yang dapat Anda ikuti dan tersedia di course.tommcifle.com. Anda dapat berkonsultasi dan mengikuti pelatihan untuk menunjang produktivitas dan membantu karyawan meningkatkan kualitas kerja dalam tim dengan ikut dalam kelas strategi team building webinar. Anda akan mendapatkan cara membentuk tim kerja yang efektif, durasi pelatihan yang cukup serta workbook sebagai panduan yang dapat Anda pelajari kembali. Coach Tom MC Ifle merupakan coach berpengalaman yang memiliki banyak prestasi, salah satunya adalah pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Jadi tunggu apa lagi? Segera daftar di Premium Course coach Tom MC Ifle untuk dapat mengetahui cara membentuk tim kerja yang efektif untuk usaha Anda!

admin


Your Signature

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

>