.st0{fill:#FFFFFF;}

Pentingnya Pengembangan Diri Untuk Perkembangan Bisnis 

 November 7, 2018

By  Coach Tom

Apa itu pengembangan diri – Lao Tzu yang merupakan seorang tokoh filosofi di Cina yang terkenal dengan ajaran Taoismenya menyatakan bahwa memahami orang lain merupakan bentuk dari kecerdasan seseorang, memahami diri sendiri merupakan sebuah kebijakan, menguasai tentang diri orang lain adalah kekuatan, namun menguasai diri sendiri adalah keperkasaan. Artinya, ada potensi yang begitu besar dalam diri Anda yang menunggu untuk dibuka agar bisa ditunjukan pada orang lain yang kemudian akan membantu Anda berada di tempat yang Anda inginkan. Ingin naik jabatan? Maka Anda harus bisa membuka kunci potensi diri agar bisa menjadi diri yang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk menempati posisi tersebut. Pengembangan diri adalah kunci untuk meraih dan memaksimalkan potensi yang ada pada diri Anda sendiri.

Apa itu pengembangan diri?

Pengembangan diri atau personal development adalah proses refleksi dan juga perencanaan untuk diri sendiri yang berfungsi juga untuk menetapkan tujuan atau goal berdasarkan dengan target akademik, bisnis, maupun kebutuhan kehidupan pribadi lainnya. Perencanaan pengembangan diri dituangkan dalam bentuk tertulis yang biasanya terdiri dari target-target apa saja yang ingin dicapai, mengenali kelemahan dan kekuatan yang dimiliki diri sendiri, dan mengidentifikasikan bagian mana dari karakter diri Anda yang membutuhkan pengembangan.

Dalam prosesnya, pengembangan diri biasanya tidak dilakukan sendirian. Misalnya jika Anda ingin mendapatkan nilai ujian rata-rata 8 untuk masa ujian akhir maka Anda membutuhkan tutor untuk membantu Anda dalam belajar. Dalam konteks apa itu pengembangan diri untuk bisnis, target-target untuk jangka pendek bisa diraih dengan cara mengikuti kegiatan pelatihan yang diadakn oleh trainer atau pelatih bisnis yang mumpuni, mengambil kelas-kelas kursus yang berhubungan dengan bidang kerja Anda, melakukan networking untuk menambah jaringan sumber daya manusia yang bisa memberikan simbiosis mutualisme untuk bisnis Anda, dan lainnya. Dengan demikian tujuan jangka panjang pengembangan diri yaitu naik jabatan bisa Anda raih setelah target-target jangka pendeknya terpenuhi.

Pentingnya pengembangan diri dalam lingkungan perusahaan

Untuk memahami makna dari apa itu pengembangan diri, cobalah tanyakan kepada diri Anda sendiri: Apa bedanya bisnis Anda yang sekarang dengan Anda 5 tahun lalu? Anda mungkin masih ingat dulu ketika melamar pekerjaan di kantor Anda sekarang, apa saja yang disyaratkan oleh perusahaan sebagai kualifikasi calon pelamar. Untuk bisa menempati posisi tertentu tentunya perusahaan mensyaratkan kemampuan, keahlian, atau keterampilan yang harus dimiliki oleh calon pelamar. Setelah sekarang Anda berhasil menempati posisi dalam perusahaan, apakah itu artinya perusahaan sudah cukup puas dengan kemampuan yang Anda miliki?

Pada kenyataannya perusahaan akan menuntut sumber daya manusianya untuk berkembang dan menambah keterampilan atau keahlian sesuai dengan bidang kerjanya yang berguna bagi produktivitas. Jika sebelumnya saat masih menjadi karyawan baru level keahlian yang Anda miliki berada di level 2, maka beberapa tahun bekerja Anda diharapkan untuk sudah menguasai level-level di atasnya.

Di jaman sekarang, para personil diharapkan untuk bisa secara aktif berpartisipasi dalam urusan departemen lainnya. Mungkin tidak dalam hal teknis namun agar operasional perusahaan bisa berjalan dengan terintegrasi, masing-masing personel diharapkan bisa bekerja secara berkesinambungan di mana untuk mencapai hal tersebut maka dibutuhkan pengembangan sumber daya manusia secara kontinyu. Pengembangan diri secara profesional bisa Anda lakukan sendiri sebagai individu bisa juga dengan berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan yang diadakan oleh perusahaan baik secara internal maupun workshop eksternal. Mempraktekkan nilai dari pemahaman apa itu pengembangan diri, maka manfaat yang bisa Anda dapatkan secara profesional antara lain adalah:

  1. Mengikuti berbagai macam pelatihan atau workshop yang berkaitan dengan karir Anda bisa membantu Anda untuk menyusun rencana pengembangan diri yang lebih solid. Anda akan menemukan hal-hal yang menjadi kekuatan atau kelemahan Anda, dan Anda akan menemukan bidang yang menjadi ketertarikan Anda, bisa jadi Anda menemukan passion baru.
  2. Dengan rencana pengembangan diri yang solid maka Anda pun bisa menentukan target jangka pendek terutama jangka panjang yang lebih jelas
  3. Target yang lebih jelas akan memberikan motivasi agar Anda bisa memenuhi satu per satu target jangka pendek yang sudah ditentukan. Seiring dengan berjalannya waktu Anda pun akan mulai merasakan perkembangan karir yang lebih baik karena produktivitas Anda yang makin tinggi.
  4. Memperbesar peluang Anda untuk menambah pencapaian dalam riwayat hidup Anda. Memiliki pengalaman pelatihan, memiliki keterampilan yang tersertifikasi, wawasan yang luas, akan sangat bagus terlihat dalam riwayat hidup Anda yang bisa berpengaruh positif terhadap perkembangan karir.

Bagaimana caranya untuk memulai proses pengembangan diri?

Setelah tahu pentingnya apa itu pengembangan diri pada perkembangan karir pribadi Anda, saatnya untuk memulai proses perencanaan pengembangan diri profesional yang bisa Anda lakukan sekarang untuk manfaat di masa depan. Pada dasarnya, proses pengembangan diri bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut

Mengumpulkan berbagai macam pengetahuan dari berbagai macam sumber

Belajar secara mandiri yang disertai dengan pencapaian-pencapaian misalnya dalam bentuk sertifikasi
Buat perencanaan pengembangan diri secara tertulis yang bisa diterapkan untuk kehidupan pribadi, pendidikan, ataupun karir Anda (target jangka pendek biasanya untuk 1 hingga 4 tahun ke depan, sedangkan target jangka panjang untuk masa 10 tahun mendatang)

Catat apa saja yang sudah Anda lakukan untuk mencapai target dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.
Seperti yang dikatakan oleh Lao Tzu pada bagian awal, menguasai diri sendiri adalah bentuk dari keperkasaan. Pernyataan tersebut merupakan inti dari tujuan memahami apa itu pengembangan diri. Mengikuti pelatihan adalah cara yang bisa Anda gunakan untuk menguasai diri sendiri sehingga Anda bisa makin bisa mengembangkan kekuatan dan membuat kelemahan diri menjadi sesuatu yang tidak menghambat produktivitas Anda. Pelatihan bisnis adalah salah satu tangga yang bisa membawa Anda semakin dekat dengan target pengembangan diri yang sudah Anda buat.

referensi:
https://www.reed.co.uk/career-advice/personal-development-planning-what-you-need-to-know/
https://www.reed.co.uk/career-advice/five-benefits-of-personal-development/
https://www.educba.com/how-to-write-a-personal-development-plan/

Coach Tom


Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Your Signature

Leave a Reply

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Related Posts

Berbagai Hal Menarik Di Balik Pekerjaan Sales
4 Fokus Menjadi Bisnis Kelas Dunia
Cara Menemukan Business Coach Yang Tepat Untuk Bisnis Anda
Bisnis Owner, Hindari 3 Sifat Ini Jika Tidak Mau Bisnis Hancur!