PENTINGNYA SISTEM BISNIS UNTUK MENGEMBANGKAN PERUSAHAAN

Kunci pokok dalam menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan adalah menciptakan sistem. Sistem inilah yang sendirinya akan menjadikan perusahaan memiliki siklus bisnis yang tepat sehingga bisa menjadi sebuah bangunan bisnis yang kokoh. Sistem bisnis bisa juga disebut sebagai sekelompok komponen atau elemen yang disatukan menjadi satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan bisnis yaitu mendapatkan keuntungan atau profit.

Jika Anda seorang pengusaha baru atau tengah bersiap membangun kerajaan bisnis, berikut ini berbagai alasan kenapa sistem bisnis sangat penting untuk mengembangkan perusahaan :

1. Sistem bisnis menciptakan culture

Sebagai tonggak penting dalam membangun perusahaan, sistem bisnis akan menciptakan budaya atau culture kerja yang efektif. Menyisihkan hal-hal yang tidak penting dan menjalankan kegiatan berdasarkan skala prioritas. Sehingga bisnis ini akan berjalan lebih efektif dan efisien.

2. Sistem yang benar membuat bisnis berjalan baik dengan atau tanpa Anda

Membangun kerajaan bisnis memang tidak mudah, pertama kali mungkin Anda harus terjun di dalamnya dengan jam kerja yang lebih tinggi dibandingkan yang lain. Namun dengan adanya sistem, Anda bisa meninggalkan kerajaan bisnis ini tanpa takut akan runtuh. Hal ini yang menjadi salah satu pertanda bisnis Anda telah matang atau belum.

3. Menghasilkan produk yang semakin lebih baik

Perjalanan bisnis adalah proses pembelajaran untuk menjadi lebih baik. Terlebih jika Anda telah menerapkan pembentukan sistem bisnis. Sehingga selama perkembangannya akan penuh dengan pemebelajaran di dalam sistem ini dan akan membuat produk dan jalannya bisnis menjadi semakin lebih baik dan lebih matang.

4. Bisnis siap bersaing dalam jangka panjang

Persaingan bisnis tidak bisa dipungkiri harus dihadapi kapanpun dan dimanapun Anda membangun bisnis. Meski Anda memiliki produk berkualitas dan harga yang murah, belum tentu akan bertahan lama jika sistem di dalamnya tidak dibentuk dengan benar. Apalagi jika Anda tidak bisa menjaga profesionalitas di dalam bisnis Anda sendiri.

5. Membangun tim dan loyalitas karyawan

Sistem bisnis bukan semata-mata hanya Anda seorang dan bisnis Anda saja, melainkan tentang karyawan, partner, pekerja lepas dan client Anda. Semua saling bersinergi untuk membentuk roda bisnis yang akan berputar dengan baik dan lancar. Anda juga diwajibkan membentuk tim di dalam perusahaan agar mereka mampu menjalankan bisnis sesuai arahan Anda. Hal ini juga akan menjadikan karyawan lebih loyal dan lebih matang dalam bisnis Anda jangka panjang.

Demikianlah berbagai hal yang menjadi alasan kenapa sistem bisnis sangat penting peranannya dalam mengembangkan perusahaan. Semoga tulisan ini menginspirasi Anda untuk membangun bisnis dengan sistem yang baik mulai sedini mungkin. Selamat berjuang dan semoga sukses.

Salam Pencerahan!

Related Articles :

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

>