PENTINGNYA STRATEGI MARKETING MIX DALAM PEMASARAN

Setiap perusahaan pasti melakukan proses marketing. Proses inilah yang menjadikan barang dari produsen bisa sampai ke tangan konsumen. Perlu adanya strategi khusus dalam menjalankan proses ini. Fokus kegiatan ini adalah konsumen. Pelayanan konsumen diperhatikan sebaik mungkin demi mencapai keberhasilan marketing. Strategi yang biasa digunakan adalah marketing mix.

Strategi marketing mix biasa disebut dengan bauran pemasaran. Strategi ini merupakan perpaduan dari faktor-faktor penting yang ada di dalam pasar itu sendiri. Faktor-faktor tersebut terbagi menjadi 7, yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), people (orang), process (proses), dan physical evidence (fasilitas fisik). Ketujuh faktor ini wajib diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran.

Related Article : Langkah Kerja Marketing untuk Memaksimalkan Hasil

Produk merupakan objek dalam pemasaran. Terjualnya produk inilah yang akan memberikan penghasilan dan selanjutnya menentukan keuntungan perusahaan. Produk sendiri dapat berupa barang maupun jasa. Kualitas produk harus sangat diperhatikan dalam proses pemasaran ini. Kualitas produk akan mempengaruhi daya tarik konsumen, sehingga besar pengaruhnya di dalam marketing.

Price atau harga juga harus sangat diperhatikan. Jangan sampai harga yang ditawarkan melebihi harga pasaran pada umumnya. Hal ini tentunya akan membuat konsumen enggan menggunakan produk kita. Penawaran harga yang terlalu rendah juga bukan merupakan strategi yang baik. Hal ini disebabkan dapat memberikan kerugian bagi perusahaan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengamatan harga terlebih dahulu sebelum produk masuk ke pasar

Related Article : Marketing adalah Kunci Pokok Keberhasilan Bisnis

Promosi adalah salah satu bentuk pengenalan produk kepada konsumen. Proses promosi ini dapat berupa publikasi, atau dapat juga berupa bonus yang diberikan kepada konsumen. Publikasi dapat melalui media elektronik (televisi, radio, internet), poster, pamflet, baliho, dan masih banyak lagi. Bonus sendiri dapat berupa diskon, voucher, garansi produk, dan lain sebagainya.

yang diinginkan Pelanggan

Konsumen biasanya akan lebih tertarik dengan adanya penawaran bonus. Pemberian bonus sebaiknya diikuti syarat-syarat tertentu. Hal ini untuk menghindari kerugian perusahaan. Syarat dapat berupa batas waktu pemberian bonus, atau mungkin bonus bisa diperoleh jika konsumen melakukan pembelian dalam jumlah yang ditentukan perusahaan.

Related Article : Cara Marketing Membuat Produknya Laris Dalam Waktu Sekejap

Place atau tempat, tentukan lokasi yang tepat untuk dilakukan pemasaran. Strategi ini meliputi cara mengirimkan atau menyalurkan produk kepada konsumen. Mengingat tujuan utama pemasaran adalah sampainya produk ke tangan konsumen, jadi faktor ini sangat perlu untuk diperhatikan dalam marketing mix. Produk harus sampai di tangan konsumen dalam waktu dan tempat yang tepat. Sehingga place juga dapat diartikan sebagai saluran distribusi.

training1

People atau orang ini terdiri dari konsumen dan karyawan perusahaan yang ikut terlibat. Perlu diperhatikan karyawan mana saja yang akan dilibatkan dalam proses ini. Karyawan harus diberikan bekal ilmu demi keberhasilan marketing. Tentukan sasaran konsumen yang akan ditawarkan produk. Jangan sampai melakukan penawaran kepada konsumen yang sudah jelas tidak mungkin menggunakan produk tersebut.

Related Article : Bisnis adalah Soal Proses dan Strategi

Customer satisfaction survey on a sky background

Proses, dalam hal ini dikhususkan pada proses manajemen. Strategi dalam manajemen perlu untuk diperhatikan. Keputusan dalam manajemen inilah yang akan menentukan keberhasilan marketing. Manajemen harus diperhatikan sedemikian rupa agar tiap-tiap elemen dapat bekerja sesuai manajemen operasinya. Tingkatkan manajemen terhadap layanan konsumen. Hal ini akan besar pengaruhnya terhadap hasil pemasaran.

Physical Evidence atau fasilitas fisik. Fasilitas yang digunakan untuk melayani konsumen sangat perlu untuk diperhatikan. Tidak hanya fasilitas yang terlihat, namun juga yang tidak terlihat. Fasilitas inilah yang akan mendukung bagaimana produk bisa sampai ke tangan konsumen dengan tepat.

Related Article : Mengapa Kepuasan Pelanggan adalah Strategi Terbaik

Setelah mengetahui ketujuh faktor tersebut, hendaknya dapat menjadi pertimbangan saat membuat strategi marketing. Penggunaan strategi marketing mix ini sering digunakan dalam proses marketing, karena ketujuh faktor dalam strategi tersebut saling berhubungan dan mewakili faktor-faktor yang ada di pasar. Oleh sebab itu, banyak perusahaan menggunakan strategi ini untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.

Salam Pencerahan!

About the Author Tom MC Ifle

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

  • […] PENTINGNYA STRATEGI MARKETING MIX DALAM PEMASARAN […]

  • […] PENTINGNYA STRATEGI MARKETING MIX DALAM PEMASARAN […]

  • […] PENTINGNYA STRATEGI MARKETING MIX DALAM PEMASARAN […]

  • […] PENTINGNYA STRATEGI MARKETING MIX DALAM PEMASARAN […]

  • >